Gempa Bumi Hancurkan Istana Bogor

Gempa besar di Kota Bogor sempat hancurkan Istana Buitenzorg alias Istana Bogor pada 10 Oktober 1834.

Istana Buitenzorg. Gempa besar pernah mengguncang Kota Bogor dan menghancurkan Istana Buitenzorg pada 10 Oktober 1834 akibat meletusnya Gunung Salak. Bangunan Istana Buitenzorg yang lama diruntuhkan lalu dibangun dengan gaya baru seperti yang terlihat hingga saat ini. Foto: Republika.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Istana Buitenzorg. Gempa besar pernah mengguncang Kota Bogor dan menghancurkan Istana Buitenzorg pada 10 Oktober 1834 akibat meletusnya Gunung Salak. Bangunan Istana Buitenzorg yang lama diruntuhkan lalu dibangun dengan gaya baru seperti yang terlihat hingga saat ini. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sebagian Istana Bogor hancur akibat gempa bumi dahsyat yang terjadi akibat meletusnya Gunung Salak. Tak hanya bangunan istana yang dahulu ditempati Gubernur Jenderal Hindia-Belanda saja yang rusak, gempa yang terjadi pada 10 Oktober 1834 itu juga meluluhlantakkan sebagian besar wilayah Bogor yang dahulu bernama Buitenzorg.

Gempa itu membuat sejumlah bangunan istana rusak dan harus diperbaiki. Upaya penyelesaian dan penyempurnaan Istana sudah dilakukan, seperti pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Albertus Yacob Duijmayer van Twist (1851-1856).

BACA JUGA: Timnas Indonesia Ternyata Pernah Lolos ke Putaran Final Piala Dunia

Gempa bumi itu akhirnya mengubah bentuk istana dengan hanya berlantai satu mengikuti gaya Paladio yang populer di Eropa pada abad ke-19. Saat itu bangunan lama yang terkena gempa, dirubuhkan dan dibangun kembali menjadi bangunan baru satu tingkat.

Bangunan istana yang baru itu mempertahankan konsep bangunan induk di tengah dengan masing-masing sebuah bangunan di sayap kanan dan kiri. Untuk menghubungkan satu bangunan dengan bangunan lainnya Van Twist membangun buah jembatan penghubung Gedung Induk dan Gedung Sayap Kanan serta Sayap Kiri yang dibuat dari kayu berbentuk lengkung.

BACA JUGA: Rusa Tutul, Dulu Diburu Bangsawan Inggris Kini Jadi Primadona Istana Bogor

Penyelesaian pemugaran bangunan Istana Bogor baru selesai di era kekuasaan Gubernur Jenderal Charles Ferdinand Pahud de Montager (1856-1861). Sembilan tahun kemudian, tepatnya pada 1870 Istana Buitenzorg ditetapkan sebagai kediaman resmi para Gubernur Jenderal Belanda.

Istana Buitenzorg yang pernah ditempati 44 gubernur jenderal itu terakhir kali dihuni seorang gubernur jenderal pasca-Belanda kalah di Perang Dunia II. Gubernur Jenderal Tjarda van Starckenborg Stachouwer sebagai penghuni terakhir terpaksa harus menyerahkan istana ini kepada Jenderal Imamura, pemerintah pendudukan Jepang.

BACA JUGA: Bogor Daerah Perbukitan, Mengapa Bisa Punya Dermaga?

Contoh Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang pernah menghuni Istana Buitenzorg adalah Dirk Fock (1921-1926). Ia dikenal sebagai gubernur jenderal yang sangat menyusahkan rakyat karena menaikkan berbagai macam pajak dengan seenak udelnya sendiri.

Ada juga Gubernur Jenderal BC De Jonge (1931-1936) yang hidup di era para pemimpin Indonesia sedang berjuang ke arah memerdekakan Indonesia. De Jonge dikenal sebagai gubernur jenderal bertangan besi. Sejumlah tokoh perjuangan seperti tiga serangkai Soekarno, Hatta, dan Sjahrir menjadi korban penangkapan dan pembuangan ke pengasingan.

BACA JUGA: Kenapa Belanda Banyak Membangun Istana dan Villa di Bogor?


Istana Butenzorg hancur karena gempa. Gempa besar di Kota Bogor sempat hancurkan Istana Buitenzorg alias Istana Bogor pada 10 Oktober 1834.

LUKISAN ISTANA BUITENZORG HANCUR KARENA GEMPA

Saat gempa terjadi, bagian istana rontok dan para petinggi Hindia Belanda yang sedang berada di dalam Istana panik lalu berhampuran ke luar istana untuk menyelamatkan diri. Peristiwa itu tidak pernah bisa hilang dari benak J.C. Baud, Gubernur Jenderal Belanda yang memimpin Batavia ketika gempa itu terjadi.

Setelah kembali ke Belanda, Baud meminta seorang pelukis handal, Willem Troost untuk melukiskan apa yang telah ia lihat dan rasakan. Namun Willem Troost tidak pernah datang ke Indonesia, Willem hanya mengandalkan sketsa-sketsa dan penjelasan Baud tentang bentuk Istana Buitenzorg.

BACA JUGA: Download Video TikTok Gampang dan Gratis Pakai SssTikTok: Hasil Bersih Bebas Watermark

Setelah itu Willem menggambarkan Istana Buitenzorg dengan cat minyak di atas kanvas dengan penggambaran bagian depan dan pintu utama istana terlihat roboh, sisi barat istana retak dan sedikit jebol. Lukisan permintaan Baud karya Willem itu kini tersimpan di Rijkmuseum di kota Amsterdam, Belanda.

Selain meminta Willem melukiskan Istana Buitenzorg, Baud juga minta dibuatkan lukisan Buitenzorg Palace sebelum gempa mengguncang Bogor. Buitenzorg Palace yang dibangun di pertengahan abad ke-18 dulunya diperuntukkan sebagai tempat beristirahat atau villa para Gubernur Jenderal Belanda, namun pada abad ke-19, kegunaannya berubah menjadi tempat tinggal gubernur jenderal dan sebagai simbol kemapanan kolonial.

BACA JUGA: Download GB WA/GB WhatsApp Gratis: Aman dan Mudah, Update Terbaru Banyak Fitur Keren

Istana Buitenzorg memang menjadi bangunan yang anggun dan berwibawa ketimbang bekas rumah saudagar di Rijswijk yang pada 1816 dijadikan kediaman Gubemur Jenderal di Batavia. Berdirinya Istana Buitenzorg membuat Pemerintah Hindia Belanda membatalkan rencana membangun istana bagi Gubernur Jenderal di Waterlooplein (Lapangan Banteng).

Bangunan yang sudah dimulai sejak masa Daendels itu kemudian diperuntukkan sebagai gedung kantor Pemerintahan. Salah satu bangunan yang belum selesai dibangun adalah gedung yang kini menjadi kantor Kementerian Keuangan.

BACA JUGA: Cuci Mata Nonton Cewek Blasteran Indo Belanda Main Basket di Lapangan Banteng

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Y2Mate: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Aman, Mudah, Cepat tanpa Buang Waktu

> YTMP3 Converter: Download MP3/Lagu dari YouTube, Gampang dan Gratis Pakai HP Juga Bisa

> Download Minecraft PE 1.19.11 Gratis Versi Terbaru di Sini: Banyak Update Fitur

> Download GB WhatsApp dari Google Chrome: Mudah, Aman Anti-banned, Gratis Banyak Fitur Menggoda Iman

> MP3 Juice: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Cepat tanpa Tunggu Lama

> Download Video TikTok Gampang dan Gratis Pakai SssTikTok: Hasil Bersih Bebas Watermark

> Download Lagu (MP3) dari YouTube, GratisTinggal Klik Pakai Savefrom.net, Aman dan Gampang

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler