Macam-macam Phobia Teknologi, Mana yang Kamu Banget?

Ada orang yang phobia gawainya akan terjatuh ke lubang toilet ketika mereka ke kamar mandi.

network /Vidita
.
Rep: Vidita Red: Partner

Unsplash/Melanie Wasser

Dalam kehidupan sehari-hari, pada umumnya kita memiliki ketakutan terhadap sesuatu atau phobia. Tak terkecuali di dunia teknologi, ada banyak phobia yang mungkin kita rasakan.

Berbagai phobia dalam dunia teknologi tersebut pun, ada berbagai rupa. Semuanya pun memiliki nama. Beberapa di antaranya:

1.Technophobia

Technophobia merupakan bentuk ketakutan yang berlebihan terhadap kemajuan serta efek dari teknologi. Apapun bentuk inovasi teknologi terbaru, orang yang memiliki technophobia akan merasa cemas dengan keberadaan teknologi dan menganggap hal tersebut bisa membahayakan hidupnya.

Selain itu, phobia ini adalah “induk” dari semua ketakutan terhadap teknologi.

2. Nomophobia

Era serba modern saat ini membuat banyak orang sangat ketergantungan dengan gadget, terutama dengan handphone. Nah, Nomophobia adalah perasaan takut atau khawatir untuk jauh-jauh dari handphone atau ponselnya. Hal tersebut bisa berupa panik saat handphone ketinggalan.

3. Loremophobia

Buat yang suka nongkrong di depan TV selama berjam-jam, mungkin Agan punya fobia ini nih. Loremophobia adalah ketakutan yang timbul saat remote miliknya hilang.

Orang-orang ini cenderung akan merasa panik, berkeringat, dan tak nyaman saat mereka tidak bisa menemukan remote mereka dengan segera.


Unsplash/Cristina Zaragoza

4. Drosmartoiphobia

Ada pula drosmartoiphobia, yaitu ketakutan berlebih pada kemungkinan HP terjatuh ke dalam lubang WC. Orang-orang dengan fobia ini biasanya akan menggenggam HP mereka erat-erat saat harus membawa HP ke toilet.

5. Selfiephobia

Beda dengan mereka yang gemar swafoto orang-orang dengan selfiephobia ini punya ketakutan berlebih terhadap aktivitas selfie atau foto sendiri. Ada berbagai kemungkinan, kenapa phobia ini bisa terjadi.

Bisa karena merasa kurang percaya diri, kurang suka melihat wajahnya, atau berbagai alasan lainnya. Orang yang punya fobia ini akan menghindari foto bersama, bahkan ada yang sama sekali tak mau difoto.

 
Berita Terpopuler