Rektor Unila Ditangkap KPK Terkait Penerimaan Jalur Mandiri, Ini Jalur Mandiri Unila dan Biayanya

Penerimaan mahasiswa jalur mandiri Unila terdiri dari beberapa jalur.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Penerimaan mahasiswa jalur mandiri Unila terdiri dari SMMPTN-BARAT, Jalur Paralel, Jalur Prestasi Khusus, Jalur Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP), jalur penerimaan Vokasi, serta Jalur Kelas Internasional. Foto : unila

Kampus—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di dua lokasi yakni Bandung dan Lampung, Sabtu (20/8/2022) dinihari. Diduga salah seorang yang ditangkap itu adalah Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Karomani..

"Pihak yang ditangkap di antaranya rektor sebuah perguruan tinggi negeri di Lampung," kata Plt Juru Bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (20/08/22) seperti dikutip dari republika.co,id.

Ali menyebut ada tujuh orang yang diamankan. Penangkapan itu, jelasnya, terkait dugaan suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di Unila.

"(Diamankan) Terkait dugaan korupsi suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di universitas negeri Lampung tersebut," ungkap Ali.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila selama ini dikelola oleh Panitia ad-hoc berdasarkan Surat Keputusan Rektor. Namun, sejak tanggal 30 maret 2017 Unila telah memiliki Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BP PMB) yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unila No 472/UN.26/KL/2017. Tugas utama BPPMB ialah menyusun perencanaan dan melaksanaan proses seleksi untuk menghasilkan calon mahasiswa baru Universitas Lampung yang unggul dan berkualitas.

Dikutip dari laman simanila.unila.ac.id, jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di Unila terdiri dari jalur Nasional yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dikoordinasi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sedangkan jalur kedua yakni jalur Mandiri yang terdiri dari beberapa jalur yakni Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-BARAT), Jalur Paralel, Jalur Prestasi Khusus, Jalur Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP), jalur penerimaan Vokasi, serta Jalur Kelas Internasional

Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru Unila

1. Seleksi Mandiri Masuk PTN-Barat 2022

SMM PTN–Barat 2022 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS–PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN–Barat. Unila termasuk PTN yang ikut tergabung dalam SMM PTN-Barat 2022.

2. Jalur Prestasi Khusus

Jalur Prestasi Khusus, merupakan penerimaan mahasiswa baru yang memberikan kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan sederajat yang memiliki prestasi khusus bidang akademik, olah raga, seni dan keagamaan.

3. Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP)

PMPAP adalah salah satu program penerimaan mahasiswa baru pada Seleksi Mandiri Masuk Universitas Lampung (Simanila) yang dikhususkan bagi calon mahasiswa dari kondisi perekonomian tidak mampu.

4. Jalur Vokasi

Jalur Vokasi diselenggarakan dalam rangka menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dan kompetensi keahlian khusus. Program studi yang membuka pendaftaran pada Simanila Vokasi (D3) adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

5. Kelas Internasional

Program kelas Internasional merupakan program kelas global yang dimiliki oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (FEB Unila). Kelas ini menggunakan bahasa inggris dalam proses belajar mengajar. Perbedaan lain adalah pada muatan global yaitu pertukaran mahasiswa ke universitas mitra yang berada di luar negeri (Jepang, Malaysia, Inggris, Amerika Serikat dan Eropa).

Biaya Kuliah Jalur Mandiri Unila

Biaya kuliah jalur mandiri Unila terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI). Berikut adalah rincian biaya jalur mandiri Unila berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Lampung, Nomor 1951/UN26/KU/2021.

Baca juga :

Unila Buka Seleksi Mandiri Mahasiswa tidak Mampu, Gratis Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah

PPATK Telusuri Rekening Irjen Ferdy Sambo, Apa Itu PPATK ? Apa Tugasnya dan Fungsinya ?

Naskah Lengkap Pidato Presiden RI Pada Sidang Tahunan MPR/DPR RI dalam Rangka HUT ke-77 Proklamasi

Kongres Kebudayaan 2022 Dilaunching di Padang

Unhas Kukuhkan Guru Besar Antropologi Budaya dan Ilmu Elektronika

Apa itu NISN, Apa Gunanya, dan Bagaimana Cara Mengeceknya

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

 
Berita Terpopuler