Ketauhidan dan Nilai Kemanusiaan dalam Ibadah Qurban

Dasar pertama dan utama seorang pemimpin adalah ketauhidan.

ANTARA/Subur Atmamiharja
Umat Islam melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ahad (10/7/2022). Masjid Al-Azhar menggelar Shalat Idul Adha 1443 H dengan tema Manusiakan Manusia serta Menjaga Kemaslahatan dan Kesepakatan Bersama. Ketauhidan dan Nilai Kemanusiaan dalam Ibadah Qurban
Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Immawan Wahyudi, Dosen Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (FH UAD) Yogyakarta

Baca Juga

* اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ * اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ * اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ * وَللهِ الْحَمْدُ * اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاَ. لاَ اِلَهَ إِلاَّّ اللهُ وَحْدَهُ, صَدَقَ وَعْدَهُ, وَنَصَرَ عَبْدَهُ, وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ الله ُ وَحْدَهُ َلا شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَالتَّابِعِينَ وَتَابِعِى التَّابِعِينَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ, فَيَا عِبَادَ الله! إِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Jama’ah ’Ied rahimakumullah, marilah kita senantiasa menyegarkan kesaksian kita bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad Saw adalah penutup dari para Nabi dan utusan Allah. Sungguh hanya dengan syahadah yang senantiasa kita segarkan dan selalu bersyukur, insya Allah kita semua dapat menjadi Hamba Allah yang muttaqin.

Pada hari ini, ummat Islam sedunia sedang bersama-sama merunut kembali sejarah perjuangan Nabiyullah Ibrahim ‘alaihis salaam dan putra tercintanya Nabiyullah Isma’il ‘alaihissalaam dalam berjuang menegakkan aqidah dan syari’ah Islam. Dalam ikhtiar ini, sebagian dari kita ada yang diberi kenikmatan dari Allah untuk dapat menunaikan ibadah haji. Kepada mereka kita do’akan agar sepulang para hujjaj dari tanah Suci Makkah al-Mukarramah benar-benar menjadi haji yang mabrur, sehingga dengan kemabruran haji mereka menjadikan tambahan kekuatan dalam menciptakan ‘izzul Islam wa al-muslimiin (kejayaan Islam dan kejayaan bagi Ummat Islam) dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur (negara yang indah dan damai dan penuh dengan ampunan Allah). Rasulullah Saw sendiri yang bersabda; artinya; “Dan haji yang mabrur itu, tidak ada balasannya kecuali surga (H. R. Bukhari – Muslim)

Sebagian diantara ummat Islam ada yang hanya mampu melaksanakan ibadah qurban, sebagai ikhtiar mewujudkan ketaatan dan kedekatan kepada Allah, sekaligus sebagai ujud dari kesediaan dalam membina hubungan dengan sesama manusia sesuai dengan tuntunan syari’ah Islam.

Dalam surat al-Hajj ayat 37 Allah berfirman :

لَنْ يَّنَالَ اللّٰهَ لُحُوْمُهَا وَلَا دِمَاۤؤُهَا وَلٰكِنْ يَّنَالُهُ التَّقْوٰى مِنْكُمْۗ كَذٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya : “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Dalam firman-Nya yang lain Allah bahkan menegaskan bahwa sejak awal sejarah manusia, tradisi qurban sudah dilaksanakan yakni ketika diperintahkan qurban itu kepada Qabil dan Habil. Allah berfirman,

 وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَاَ ابْنَيْ اٰدَمَ بِالْحَقِّۘ اِذْ قَرَّبَا قُرْبَانًا فَتُقُبِّلَ مِنْ اَحَدِهِمَا وَلَمْ يُتَقَبَّلْ مِنَ الْاٰخَرِۗ قَالَ لَاَقْتُلَنَّكَ ۗ قَالَ اِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللّٰهُ مِنَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya; “Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, Maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). ia berkata (Qabil) “Aku pasti membunuhmu” Habil berkata: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa”. (QS-Al-Maidah : 27)

 

Demikian penting makna berqurban maka Rasulullah Saw. bersabda; yang artinya; “Tidak ada satu senpun dari uang yang 4 diinfakkan yang keutamaannya melebihi uang yang dipergunakan untuk infaq berqurban pada hari (Raya ’id al Adha) ini.”

Sebagian besar diantara ummat Islam belum mampu melakukan ibadah qurban apalagi ibadah haji. Namun itu semua tidak akan menghalangi kita untuk meraih cita-cita menjadi orang yang muttaqin, sepanjang tetap bersabar dalam meyakini kebenaran agama Allah, yakni sabar dalam menjalankan segala ketaatan kepada Allah.

Dalam segala keadaan tersebut di atas, janganlah kita lupa bahwa sebagian dari Saudara-saudara kita, yang jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu sedang mengalami musibah bencana, musibah peperangan, dan mencari suaka di negeri orang, penuh dengan penderitaan. Saudara-saudara kita yang masuk kategori ini bahkan untuk memenuhi kehidupan normal sehari-hari pun mereka tidak mampu. Kita doakan mereka tetap iklhas dalam menerima musibah, dan tetap berserah diri kepada Allah, ada jaminan kepada orang yang tetap bersabar sebagaimana firman-Nya dalam surat an-Nahl 41-42 :

وَالَّذِيْنَ هَاجَرُوْا فِى اللّٰهِ مِنْۢ بَعْدِ مَا ظُلِمُوْا لَنُبَوِّئَنَّهُمْ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً ۗوَلَاَجْرُ الْاٰخِرَةِ اَكْبَرُۘ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَۙ

الَّذِيْنَ صَبَرُوْا وَعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَ

Yang artinya : “Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya pahala di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui. (Yaitu) orang-orang yang sabar dan hanya kepada Tuhan Allah saja mereka bertawakkal.”

 

Jama’ah ‘Ied al-Adha rahimakumullah, pada hari mulia ini, mari kita hayati apa hakikat yang terkandung dalam sejarah para Rasul dan Nabi. Diantaranya dapat kita baca dalam surat Huud ayat 120 :

وَكُلًّا نَّقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ اَنْۢبَاۤءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهٖ فُؤَادَكَ وَجَاۤءَكَ فِيْ هٰذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَّذِكْرٰى لِلْمُؤْمِنِيْنَ

Yang artinya; “Dan semua kisah dari Rasul-rasul kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu, dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.”

Dengan mendasarkan pada ayat tersebut, memahami dan menyelami sejarah para Nabi dan Rasul mengandung tiga hikmah yakni : 1) bertambah kuatnya iman dan taqwa kita kepada Allah, 2) bertambahnya keteguhan hati kita untuk menjadikan al-Qur’an dan asSunnah sebagai sumber inspirasi dan sumber motivasi hidup 3) menempatkan peri kehidupan para Rasulullah dan para Nabiyullah sebagai suri tauladan dalam kehidupan.

Dalam surat ash-Shaaffaat ayat 100 – 111, Allah Swt. berfirman;”

100. Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang Termasuk orang-orang yang saleh.

101. Maka Kami beri Dia khabar gembira dengan seorang anak yang Amat sabar.

102. Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku Termasuk orang-orang yang sabar”.

103. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ).

104. dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim,

105. Sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu. Sesungguhnya Demikianlah Kami memberi Balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

106. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.

107. dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar..

108. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang Kemudian,

109. (yaitu)”Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim”.

110. Demikianlah Kami memberi Balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

111. Sesungguhnya ia Termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.

 

Falsafah hidup yang dapat kita petik dari ayat diatas antara lain adalah bahwa dasar pertama dan utama seorang pemimpin termasuk pemimpin dalam rumah tangga agar ditaati adalah kuat dan bersihnya ketauhidan. Pertama, meskipun Ibrahim ’alaihis salam demikian cintanya kepada Isma’il ’alaihis salam yang digambarkan demikian gagah, ganteng dan mempesona namun demikian, atas dasar kecintaan Ibrahim terhadap Allah melebihi cintanya kepada siapapun dan apapun maka perintah itupun ia sampaikan dan ia laksanakan dengan baik.

Kedua, yang disampaikan Nabi Ibrahim adalah perintah dari Allah, namun karena menyangkut hak hidup seseorang, maka Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam memberikan kesempatan putranya untuk memahami dengan dialog secara demokratis dan penuh kedamaian serta kesejukan berkomunikasi. Ketiga, demikian juga Nabi Isma’il yang mendapat kabar sangat mengejutkan itu, tetap menomorsatukan ketaatannya kepada Allah, dan tidak ragu sedikitpun untuk menerima dan melaksanakan perintah dalam wahyu itu.

Alangkah indahnya keluarga yang dibangun Nabi Ibrahim. Sekiranya kehidupan keluarga ummat Islam dewasa ini dapat meneladani kehidupan keluarga semacam ini, niscaya kekerasan, kejahatan, fitnah, caci maki dan kerusuhan tidak akan lahir dalam lingkungan kehidupan kita. Perilaku agama akan diujudkan dalam kenyataan: yang tua sangat memikirkan, mencintai kepada yang lebih muda. Sebaliknya yang muda menghormati dan meneladani yang tua.

Allahu Akbar – Allahu Akbar – Walillaahilhamdu

Berkaca dari aspek kemanusiaan dalam kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Isma’il AS, tepat jikapada kesempatan ini kita sampaikan kepada para pembuat peraturan dan kebijakan agar benar-benar memperhatikan aspek kemanusiaan dalam peraturan atau kebijakan. Bahkan inti dan maksud dari peraturan dan kebijakan seharusnya adalah aspek keamanusiaan itu. sendiri. Ekonomi, politik, hukum, pendidikan dan lain-lain aspek dalam berbangsa dan bernegara hendaknya memberi manfaat dan maslahat bagi nilai-nilai kemanusiaan. Hal ini untuk memuliakan firman Allah Swt  dalam surat al-Isra’ ayat 70;

Yang artinya; “Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rizki dari yang baik-baik, dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.”

Dalam kaitan ini Ali Ibn Abi Thalib ra, tatkala menduduki singgahsana sebagai Khalifah memberikan tugas harian kepada salah satu Gubernurnya yakni Gubernur Malik Asytar. Dalam perinta harian yang panjang itu Khalifah Ali ra mengatakan; ”Saudaramu ada yakni saudara sesama muslim saudara sesama manusia. Dua-duanya memiliki hak yang harus engkau penuhi…..”.

Allahu Akbar – Allahu Akbar – Walillahilhamdu.

 

Jama’ah ‘Ied rahimakumullah marilah kita bermunajah dengan khusyu’, percaya bahwa Tuhan itu ada, dan Tuhan itu satu yakni Allah semata, hanya Allah yang dapat mengabulkan segala permohonan kita.

ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

اللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ الاَحْيِاءِ مِنْهُمْ وَالاَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ فيَا قَاضِيَ الحَاجَاتِ

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

اللَّهُمَّ أَعِزَّالْإِسْلَامَا وَالْمُسلِمِين

وَجْمَعْ كَلِمَةَ الْمُسْلِمِينَ عَلَى الْحَقِّ يَا رَبَّ الْعَلَمِينَ

اَللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِنَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ الْمُهَاجِرِينَ وَاْلأَنْصَارِ

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا… وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ, رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ  وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Khutbah ‘Id al-Adha 1443 H / 09-07-2022, diselenggarakan oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Nitikan di Halaman Jogja Fish Market – Nitikan Jogjarakarta.

 

Link artikel asli

 
Berita Terpopuler