Unila Buka Seleksi Mandiri Mahasiswa tidak Mampu, Gratis Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah

Pendaftaran dibuka 1 sampai 10 Juni 2022.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Universitas Lampung (Unila) membuka Program Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan(PMPAP) bagi calon mahasiswa yang tidak mampu. Foto : unila.ac.id

Kampus—Universitas Lampung (Unila) membuka seleksi mandiri khusus bagi mahasiswa tidak mampu. Seleksi mandiri ini tidak dipungut biaya alias gratis biaya pendaftaran. Jika diterima, yang bersangkutan dibebaskan dari kewajiban membayar UKT selama delapan semester.

Program Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) Unila ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu/miskin tapi berkemampuan secara akademik. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman http://admisi.unila.ac.id mulai 1 hingga 10 Juni 2022.

Berikut adalah Prosedur Operasional Baku (POB) Seleksi Mandiri Masuk Universitas Lampung (Simanila) Pogram PMPAP yang merupakkan seleksi mandiri bagi mahasiswa tidak mampu.

Persyaratan Calon Mahasiswa

1. Berasal SMA/ MA/ SMK/ MAK/sederajat di Provinsi Lampung yang lulus tahun 2020 2021 dan 2022.

2. Bagi lulusan tahun 2020 dan 2021 telah memiliki ijazah SMA/ MA/ SMK/ MAK/sederajat.

3. Bagi lulusan tahun 2022 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan dibubuhi cap

4. Jurusan IPA boleh memilih dua prodi Saintek sedangkan Jurusan IPS dan Bahasa boleh memilih dua prodi Soshum diluar program studi di Fakultas Kedokteran.

5. Berasal dari keluarga Tidak Mampu yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari Kepala Desa/ Kepala Kampung/ Kepala Pekon/ Lurah dan surat pernyataan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan

6. Tidak pernah tinggal kelas selama menempuh pendidikan di SMA/ MA/ SMK/ MAK/sederajat.

7. Nilai mata pelajaran pada raport dari semester I sampai semester VI memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah.

8. Tidak terdaftar sebagai peserta SMMPTN, bagi yang sudah mendaftar di SMMPTN sebelum pengumuman ini dikeluarkan jika memenuhi syarat dan ingin mengikuti PMPAP agar melapor kepada Panitia Simanila PMPAP dengan membuat surat pernyataan diatas materai.

9. Tidak terdaftar sebagai peserta yang telah dinyatakan lolos pada jalur SNMPTN 2022.

10. Membuat pernyataan bersedia digugurkan apabila diterima SBMPTN 2022, bagi peserta yang juga mengikuti seleksi SBMPTN.

Next : Prosedur Pendaftaran


Prosedur Pendaftaran

1. Mendaftar secara online pada laman http://admisi.unila.ac.id. Pendaftaran dimulai tanggal 1 - 10 Juni 2022.

2. Peserta wajib mengirimkan berkas pendaftaran yang diminta menggunakan pos/ekspedisi ke sekretariat PMB lt 3. Gedung Rektorat Unila, dan bukti pengiriman diunggah di laman pendaftaran (cap pos/ekspedisi tertanggal 13 Juni 2022)

3. Tidak dipungut biaya pendaftaran dan jika diterima yang bersangkutan dibebaskan dari kewajiban membayar UKT selama 8 semester.

4. Peserta boleh memilih dua Program Studi saja di luar Program Studi yang ada di Fakultas Kedokteran (FK) Jurusan IPA boleh memilih dua prodi Saintek sedangkan Jurusan IPS dan Bahasa boleh memilih dua prodi Soshum.

5. Peserta wajib mencetak kartu peserta dan mengirimkan berkas sebagai berikut:

Berkas yang wajib dikirimkan

1. Kartu Peserta PMPAP dari aplikasi pendaftaran.

2. Foto kopi rapor semester 1 sampai dengan 6 yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Fotokopi ijazah bagi lulusan 2020 dan 2021 yang telah dilegalisir. Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan dibubuhi cap bagi lulusan 2022.

4. Surat rekomendasi yang berisi keterangan peringkat kelas semester 1 sampai dengan 6 dan bahwa yang bersangkutan benar-benar dari keluarga tidak mampu yang ditandatangani oleh kepala sekolah atau pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang ditandatangani oleh Kepala Desa / Lurah.

6. Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kedua Orang tua /Wali yang telah dilegalisir lurah/kepala desa.

7. Foto kopi Kartu Keluarga (KK/C1) yang dilegalisir lurah/kepala desa.

8. Surat Keterangan penghasilan Kedua Orang Tua/wali (yang disahkan Lurah/Kades bagi non pegawai atau Bendaharawan Gaji bagi Pegawai), dengan ketentuan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp 4.000.000 per bulan, atau jika penghasilan kotor gabungan lebih dari Rp 4.000.000 per bulan maka pendapatan kotor tersebut jika dibagi anggota keluarga yang ditanggung maksimal Rp 750.000 per orang.

9. Surat kepemilikan /status rumah/tempat tinggal orang tua yang bersangkutan dari Kepala Desa/ Kepala Pekon/ Kepala Kampung/ Lurah.

10. Foto kondisi tempat tinggal dengan menyertakan

a. Foto rumah tampak depan, belakang, samping kanan dan kiri.

b. Foto kamar tidur dan ruang belajar.

c. Foto ruang tamu, ruang keluarga dan dapur.

d. Foto keluarga lengkap di depan rumah.

11. Foto kopi struk pembayaran rekening listrik bulan terakhir.

12. Foto kopi struk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir.

13. Foto kopi kartu yang dikeluarkan oleh Pemerintah (Pusat/Daerah) yang menunjukkan yang bersangkutan berasal dari keluarga tidak mampu dan ditunjukkan aslinya pada waktu wawancara, misal: Jamkesmas, KIP, PKH. (jika ada).

14. Foto kopi sertifikat prestasi atau pengurus organisasi. (jika ada).

15. Surat pernyataan bersedia digugurkan apabila diterima SBMPTN 2022, bagi peserta yang juga mengikuti seleksi SBMPTN.

16. Seluruh dokumen diatas dimasukkan ke dalam MAP warna Biru ditempel Lembar Verifikasi Berkas sesuai format

17. Map pada poin di atas, dimasukkan ke dalam amplop coklat dan ditulis Nama peserta, Nomor Peserta, Prodi Pilihan dan alamat serta pada pojok kanan atas di tulis PMPAP. Berkas dikirimkan paling lambat cap pos/resi ekspedisi 13 Juni 2022 ke: Panitia Seleksi PMPAP Unila 2022 Universitas Lampung, Gd. Rektorat lantai 3 , Jalan Soemantri Brojonegoro No 1 Bandar Lampung 35145.

Next : Proses Seleksi


Proses Seleksi

1. Proses seleksi SIMANILA Program PMPAP dibagi atas dua tahap yakni seleksi administrasi, dan seleksi wawancara.

2. Seleksi administrasi berdasarkan kelengkapan berkas, nilai raport, prestasi, dan ekonomi orang tua.

3. Pemeringkatan peserta lolos seleksi adminstrasi diurutkan berdasarkan peringkat nilai dan pilihan program studinya, jumlah yang lolos tahap administrasi adalah 3 (tiga) kali jumlah daya tampung.

4. Peserta yang lolos seleksi adminstrasi akan dipanggil mengikuti seleksi wawancara yang diumumkan pada laman http://simanila.unila.ac.id tanggal 21 Juni 2022.

5. Seleksi wawancara berdasarkan keabsahan berkas, nilai raport, motivasi belajar dan ekonomi orang tua.

6. Peserta yang lolos seleksi wawancara dan diterima di Unila akan diumumkan pada laman http://simanila.unila.ac.id tanggal 18 Juli 2022.

Biaya Pendaftaran

Tidak dipungut biaya Pendaftaran

Baca juga :

Unand Buka Lima Jalur Mandiri SIMA, Cek Syarat dan Biaya Pendaftaran

Daftar Jalur Mandiri Universitas Udayana ? Simak Syarat Lengkapnya

Ujian Mandiri UGM Sudah Dibuka, Ini Info Lengkap, Syarat, Cara Pendaftaran, dan Materi Ujian

Ini Beasiswa S-1 Dalam dan Luar Negeri, Deadline Juni Sampai Agustus 2022, Yuk Merapat

Beasiswa Pendidikan 2022 Dibuka, Klik Link beasiswa.kemdikbud.go.id/

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

 
Berita Terpopuler