3 Resep Menu Buka Puasa Sehat dan Simpel untuk Anak Kost

Chicken katsu, dory fish finger, pokcoy garlic sauce simpel untuk dimasak anak kost.

Reiny Dwinanda/Republika
Dory fish finger disajikan dengan spageti dan mayones. Dory fish finger termasuk menu yang simpel untuk dibuat oleh anak indekos untuk hidangan berbuka puasa.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasak sajian buka puasa yang sehat sangatlah penting, termasuk bagi anak kost. Dengan begitu, tubuh tidak gampang sakit dan ibadah puasa bisa dilakukan dengan lancar selama satu bulan penuh.

Executive Chef Hotel Mercure Jakarta Batavia, Tessa, membagikan tiga menu buka puasa yang sangat simpel, namun tetap sehat, yaitu chicken katsu, dory fish finger, dan pakcoy garlic sauce. Menurut Tessa, ketiga menu ini bahkan bisa dengan mudah dilakukan oleh anak indekos.

Untuk menyiapkan chicken katsu, yang diperlukan hanya dada ayam, telur dan tepung terigu dan tepung roti atau panir. Cara membuatnya, pertama dada ayam dimasukkan ke dalam telur yang sudah di kocok, kemudian dilapisi tepung terigu, baluri tepung roti, dan di goreng sampai warnanya kuning keemasan.

“Jangan lupa juga dikasih seasoning di awal. Merica, garam, supaya lebih terasa lezat," kata chef Tessa, saat diwawancara Republika.co.id di Mercure Jakarta Batavia, dikutip Senin (11/4/2022).

Baca Juga

Memasak dory fish finger juga tak berbeda jauh dari chicken katsu. Yang perlu disiapkan ialah ikan fillet yang kemudian dipotong kecil-kecil, tepung terigu, dan tepung roti.

Cara membuatnya mudah saja. Balurkan ikan dengan bumbu sesuai selera, misalnya garam dan lada. Setelah itu, masukkan ikan ke adonan tepung terigu lalu baluri tepung roti.

"Untuk saus cocolannya bisa pakai mayones," kata chef Tessa.

Sementara itu, untuk membuat pakcoy garlic sauce, yang perlu disiapkan sudah tentu pokcoy. Adapun bumbunya ialah bawang putih, saus tiram, minyak wijen, garam , dan merica.

Cara membuatnya, rebus pakcoy  terlebih dahulu. Cukup sekitar lima menit lalu tiriskan.

Berikutnya, siapkan wajan untuk menumis. Masukkan minyak wijen dan bawang putih yang sudah dicincang halus. Lalu, masukkan pakcoy, tambah garam, dan merica secukupnya. Terakhir, Anda bisa menambahkan sedikit saus tiram untuk memperkaya rasa.

 
Berita Terpopuler