8 Langkah Perawatan untuk Bantu Pemulihan Anak Positif Covid-19

Bantu anak memulihkan diri dari Covid-19.

www.freepik.com.
Anak sakit (ilustrasi). Anak positif Covid-19 yang memiliki kondisi cukup baik bisa menjalani isoman di rumah.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagaimana orang dewasa, anak juga bisa terkena Covid-19. Bila kondisi anak cukup baik dan memungkinkan untuk isolasi mandiri (isoman) di rumah, ada delapan hal yang bisa membantu proses pemulihan.

Selama gelombang pertama dan kedua pandemi Covid-19, anak merupakan kelompok usia yang paling tidak begitu terdampak. Akan tetapi, kasus Covid-19 pada anak tampak mengalami peningkatan yang signifikan pada gelombang ketiga saat ini.

Anak positif Covid-19 yang memiliki kondisi cukup baik bisa menjalani isoman di rumah. Dalam kondisi seperti ini, dr Nikita Kohli dari India mengungkapkan bahwa ada delapan hal yang bisa membantu proses pemulihan anak selama menjalani isoman di rumah.

"Kabar baiknya adalah sebagian besar orang dengan Covid-19 memiliki gejala ringan dan pulih dengan sendirinya," ungkap dr Kohli.

Makanan bergizi
Salah satu hal yang dapat menunjang proses pemulihan adalah asupan makanan bergizi. Dr Kohli menganjurkan untuk menghindangkan makanan buatan rumah yang ringan dan dapat membantu menjaga hidrasi anak.

Kompres
Salah satu gejala yang mungkin dialami oleh anak saat terkena Covid-19 adalah demam. Gejala ini dapat diringankan dengan cara memberi kompres hangat pada anak yang demam.

Baca Juga

Gejala Covid-19 paling umum pada anak. - (Republika)

Jaga kebersihan
Meski sedang sakit, kebersihan tubuh anak tetap harus diperhatikan dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mencuci tangan dengan air dan sabun secara teratur.

Sedia Oximeter dan termometer
Saturasi oksigen dan suhu tubuh bisa mengalami fluktuasi ketika anak terkena Covid-19. Sediakan oximeter dan termometer di rumah agar saturasi oksigen dan suhu tubuh anak bisa terpantau. Lakukan pengukuran saturasi oksigen dan suhu tubuh setiap enam jam.

Pisahkan anak
Menjalani isoman di rumah bukan berarti anak bebas bergabung dengan anggota keluarga yang lain. Anak dengan Covid-19 perlu ditempatkan di ruang atau kamar yang terpisah untuk mencegah terjadinya penularan infeksi.

Merawat Demam Anak di Masa Pandemi Covid-19 - (Republika)

Gunakan masker
Saat isoman di rumah, penggunaan masker tetap penting untuk dilakukan. Bukan hanya anak dengan Covid-19 yang perlu melakukannya, tetapi orang tua atau anggota keluarga lain juga perlu menggunakan masker. Ganti masker setelah delapan jam penggunaan atau ketika sudah basah maupun kotor.

Upaya pencegahan
Walaupun hanya di rumah, tetap patuhi anjuran protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini penting dilakukan untuk kebaikan anak yang terkena Covid-19 dan juga anggota keluarga di sekitarnya.

Konsultasi dokter
Orang tua disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai obat dan vitamin yang bisa diberikan kepada anak selama isoman. Hubungi dokter juga bila gejala tampak memburuk.

 
Berita Terpopuler