Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

Jangan sampai kamu ga tahu istilah dalam dunia lari.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Peserta berlari di tengah kabut dalam lomba maraton Kejuaraan Dunia IAAF Beijing 2015 di National Stadium alias Bird's Nest, di Beijing, China, 30 Agustus 2015. EPA

MAGENTA -- Lari tentu bukan olahraga yang asing bagi sebagian kita. Lari dikenal sebagai olahraga yang murah meriah dan mudah.

Meski begitu, manfaat dari olahraga lari tidak bisa diremehkan. Olahraga lari membantu meningkatkan kesehatan mental, menekan stres, menjernihkan pikiran, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan sistem imun, hingga menurunkan berat badan.

Kalian sadar ga sih, di masa pandemi ini, lari menjadi olahraga yang kembali digemari masyarakat selain bersepeda. Jangan sampai kamu ga tahu istilah dalam dunia lari. Berikut ini, saya rangkum macam-macam istilah lari dari berbagai sumber. Kita simak yuk.

Istilah dalam dunia lari

Pace

Pace biasanya didefinisikan sebagai jumlah menit yang diperlukan untuk menempuh satu mil atau kilometer. Sederhananya, pace adalah seberapa cepat kita berlari. Misalnya, seorang pelari memiliki pace 7:33, berarti dia menempuh satu kilometer dalam waktu tujuh menit 33 detik.

Pacer

Pacer adalah orang yang memandu kita untuk berlari sesuai dengan kecepatan yang ditentukan sehingga pelari bisa selesai berlari dalam waktu yang ditargetkan. Pacer biasanya adalah seorang pelari berpengalaman. Pacer biasanya memandu dalam lari jarak menengah dan jauh.

Personal Best (PB)

PB adalah catatan waktu pribadi terbaik yang bisa dicapai masing-masing pelari.

Interval Run

Interval run atau lari interval menggabungkan lari intensitas tinggi dengan lari intensitas rendah, berjalan kaki aau istirahat. Siklus ini memungkinkan intensitas yang lebih besar dalam latihan tetapi mengurangi total waktu pelatihan secara keseluruhan.

Tempo Run

Tempo run adalah lari berkelanjutan yang membangun kemampuan tubuh berlari lebih cepat untuk jangka waktu yang lebih lama. Tempo running adalah jenis latihan kecepatan.

Easy Run

Easy run adalah berlari dalam intensitas rendah dengan durasi pendek hingga sedang. Melakukan long run (lari jarak jauh), bahkan dengan kecepatan santai, tidak dianggap easy run karena, terlepas dari kecepatannya, ada titik di mana durasi meningkatkan intensitas keseluruhan.

Long Run

Sesuai namanya, long run adalah lari jarak jauh yang bertujuan meningkatkan stamina, daya tahan, dan kekuatan pelari. Umumnya, jarak yang dianggap jauh antara delapan hingga 40 kilometer.

Half Marathon (HM)

HM adalah berlari dalam jarak 21 kilometer.

Full Marathon (FM)

FM adalah berlari dalam jarak 42 kilometer.

Virtual Run

Lari virtual bisa dilakukan dimana saja, dalam pace apa pun, di dalam ruangan dengan treadmill atau di luar ruangan. Hal yang membedakan adalah pelari harus menyerahkan hasil larinya dan disertai dengan bukti telah melakukannya. Selama pandemi, karena tidak disarankan menggelar kompetisi lari, umumnya penyelenggara beralih ke kompetisi lari virtual.

Heart Rate (HR)

HR adalah detak jantung. Kita disarankan menghitung detak jantung aman ketika berlari.

Vo2 Max

Vo2 max adalah ukuran jumlah oksigen maksimum yang dapat digunakan tubuh Anda selama berolahraga. Ini juga disebut pengambilan oksigen maksimal atau kapasitas aerobik maksimal. Vo2 max dianggap sebagai standar emas untuk mengukur kebugaran kardiovaskular. Semakin tinggi Vo2 max seseorang,

Side Stitch

Side stitch adalah rasa nyeri yang dirasakan di salah satu sisi perut (abdomen) ketika berlari.

BIB Number

BIB number adalah nomor dada yang dikenakan seorang pelari.

Cut Off Time (COT)

COT adalah batas waktu bagi pelari untuk sampai di garis akhir.

Did Not Start (DNS)

DNS adalah pelari yang telah mendaftar dalam kompetisi, namun tidak memulai larinya.

Did Not Finish (DNF)

DNF adalah istilah untuk menyebut pelari yang tidak bisa menyelesaikan larinya. Penyebabnya bisa karena sakit, cedera atau faktor lain.

Warganet Kecam Caption Instagram Vogue Prancis Terkait Jilbab

 
Berita Terpopuler