12 Cara Mengajak Anak Memakai Jilbab

Mengajarkan anak memakai jilbab bukanlah perkara mudah bagi sebagian keluarga.

Darmawan / Republika
12 Cara Mengajak Anak Memakai Jilbab
Rep: Mabruroh Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengajarkan Muslimah muda untuk menutup kepalanya dengan jilbab bukanlah perkara mudah bagi sebagian keluarga. Tetapi dengan menjadi contoh dan membiasakan jilbab dalam kehidupan sehari-hari bukan tidak mungkin hati Anak akan mulai mengikuti tanpa perlu paksaan.

Baca Juga

“Saya berdoa hampir setiap hari agar Allah SWT menjaga saya dan anak-anak saya di jalan yang lurus. Saya pikir itu cara terbaik. Tak satu pun dari kita harus berpuas diri dalam ibadah kita,” ujar seorang Muslimah Laura El Alam, dilansir dari About Islam, Rabu (2/2/2022).

Laura percaya, kasih karunia Allah SWT adalah alasan mendasar anak perempuannya mau memakai jilbab. Namun ia juga menyadari ada beberapa cara orang tua dapat mendukung dan mendorong anak perempuan mereka untuk berhijab. Berikut ini 12 langkah bagi orang tua yang ingin memberikan dukungan terbaik kepada anak remaja putrinya untuk berhijab.

1. Doa

Sesering mungkin, mintalah kepada Allah untuk selalu menjaga anak-anak dan keluarga menjalani kehidupan yang benar, termasuk semua persyaratan pakaian dan perilaku Islami.

2. Perkenalkan jilbab sejak usia sangat muda dan jaga agar tetap positif

Beritahukan kepada anak-anak bahwa pakaian dan perilaku yang sopan adalah karena Allah, untuk mencintai dan menaati-Nya dan untuk mendapatkan pahala-Nya.

3. Jangan menggunakan hijab sebagai alasan agar laki-laki tidak tergoda

Banyak orang mengatakan dengan perempuan memakai hijab artinya dia tidak akan menggoda laki-laki. Padahal dalam Islam, laki-laki dan perempuan sama- sama diperintahkan untuk bersikap sopan.

Laki-laki harus menundukkan pandangan dan berpakaian dan bertindak dengan tepat. Perempuan juga diharuskan berperilaku sopan, diwajibkan untuk menutupi tubuh dan rambut mereka. Baik laki-laki maupun perempuan harus melakukan tindakan ibadah ini untuk mematuhi dan menyenangkan Allah.

Dengan pola pikir proaktif ini, perempuan mengambil kepemilikan atas ibadahnya. Dia tidak dipaksa, diancam, atau ditakuti untuk melakukannya.

 

 

4. Jika Anda seorang ibu, bibi, atau nenek, kenakan jilbab Anda dengan bangga, penuh pengetahuan, dan optimisme

Berpakaianlah dengan tepat tetapi juga dengan perawatan diri. Seseorang bisa menjadi sederhana sambil tetap terlihat anggun dan nyaman. Karena anak perempuan akan memperhatikan hal sekecil apa pun seperti, ketika jilbab itu membuatnya terlihat kuno atau gemuk 

5. Biarkan dia menghabiskan waktu bersama teman-teman yang juga berhijab

Kebanyakan remaja dan pra-remaja sangat peduli dengan apa yang dipikirkan dan dipengaruhi oleh teman sebayanya. Pastikan orang-orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersama mereka adalah contoh yang baik. Karena memiliki sahabat muslimah yang sangat kuat akan memberikan dampak positif.

6. Adakan pesta hijab

Pesta tidak harus terlalu rumit atau mahal untuk membuat seorang gadis merasa istimewa dan dicintai. Hanya lakukan pesta yang menyenangkan, dengan dekorasi warna favoritnya, makanan ringan yang lezat, permainan dengan hadiah kecil untuk para pemenang, dan beberapa hadiah lainnya.

7. Semua hal tentang kesenangan

Tiba masanya anak-anak akan memilih mengikuti teman-teman mereka untuk bersenang-senang. Karena ketika melihat Islam, mereka memiliki aturan dan larangan yang begitu panjang. 

Jadi cobalah mencari alternatif yang menyenangkan dan tepat, maka mereka akan melihat seseorang dapat berlatih dan menyenangkan. Karena hampir semua bentuk hiburan bisa dibuat halal dengan sedikit kreativitas dan usaha.

Ini adalah cara besar orang tua dapat mendukung remaja mereka. Memang butuh waktu dan tenaga, tapi itu lebih baik daripada kehilangan anak-anak kita karena kegiatan haram.

 

8. Miliki ekspektasi tinggi yang sama terhadap anak laki-laki

Perlakukan ajaran terhadap anak laki-laki dan perempuan sama. Bila anak perempuan diajarkan sopan dan tertutup, maka ajarkan juga anak laki-laki untuk menjaga kesopanan mereka, menurunkan pandangan mereka, dan memperlakukan wanita dengan hormat. 

9. Biarkan bakatnya berkembang selama pra-pubertas dan pubertas

Bantu dia mencapai mimpinya dan mencapai potensinya. Jika dia memiliki bakat atau hasrat, peliharalah dan berinvestasi dalam persediaan yang dia butuhkan. Karena dengan kita berinvestasi di dalamnya, mereka akan merasa diberdayakan, dicintai, dan lebih bersedia mendengarkan nasihat dan terhubung dengan keluarga dan komunitas Muslim mereka.

10. Dengarkan dia

Benar-benar mendengarkan. Jika dia memiliki kekhawatiran tentang jilbab, jangan hanya memotongnya dan mengabaikan ketakutannya. Terutama jika Anda adalah seorang ayah yang tidak pernah harus menjadi seorang Muslim yang “terlihat” dalam masyarakat yang mayoritas non-Muslim, Anda tidak tahu apa yang sedang dialami oleh seorang Muslimah bercadar.

Diskusikan kemungkinan skenario dan bagaimana dia dapat merespons dengan percaya diri. Serta bicarakan tentang apa yang harus dilakukan dalam kasus bullying. Bantu dia merumuskan tanggapan yang ringkas dan benar. Yang terpenting, katakan padanya Anda akan mendapatkannya kembali apa pun yang terjadi.

11. Berpakaianlah dengan pantas

Seorang ibu akan menjadi panutan pertama putrinya. Apa yang diharapkan ada pada putri maka lakukan sejak sekarang sehingga dia dapat melihat ibunya dengan pakaian yang anggun. 

Jika Anda seorang ayah, pastikan Anda memenuhi kewajiban Islam Anda. Anak-anak dapat melihat kemunafikan dari jarak satu mil.

12. Pastikan dia tahu cinta Anda padanya tidak bergantung pada jilbabnya

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi beberapa gadis akan menggunakan jilbabnya hanya untuk mendapatkan cinta orang tua mereka atau, sebaliknya, memberontak melawan orang tua mereka dengan mengungkap. Jika Anda memiliki hubungan yang solid dan penuh kasih dengan putri Anda, dia tidak akan mengacaukan kewajiban Islamnya dengan hubungannya dengan orang tuanya.

 
Berita Terpopuler