Apakah Dajjal Cuma Mitos?

Apakah Dajjal itu hanya mitos atau berdasarkan dalil Alquran dan hadist?

conmedisys.com
Dajjal/ilustrasi
Rep: Umar Mukhtar Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Fatwa Darul Ifta Mesir Syekh Dr Mahmud Syalabi mendapat pertanyaan soal apakah Dajjal itu hanya mitos atau memang berdasarkan dalil dalam Islam berupa Alquran dan Hadits.

Baca Juga

Syekh Syalabi menekankan, Dajjal bukan mitos. Dalam Islam, Dajjal memang ada dan disebutkan dalam hadits. Artinya, Dajjal bukan sesuatu yang dibuat-buat.

Selain itu, Mantan Mufti Mesir yang juga anggota Dewan Ulama Senior Al-Azhar Mesir, Syekh Dr Ali Jum'ah, menyampaikan Nabi Muhammad SAW telah memperingatkan soal fitnah Dajjal yang akan muncul di akhir zaman.

"Dajjal akan keluar untuk menggoda manusia. Dan Nabi SAW mengajarkan melalui doa-doanya untuk memohon perlindungan dari fitnah dan kejahatan Dajjal, dan beliau SAW memerintahkan umatnya untuk melakukan itu," tutur dia dilansir dari laman Elbalad, Rabu (15/12).

Syekh Jum'ah juga menjelaskan, hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas mengajarkan tentang doa yang dipanjatkan Nabi SAW untuk berlindung dari Dajjal. Rasulullah biasa mengajari doa ini ketika beliau SAW mengajari para Sahabat tentang sebuah surat Alquran.

 

Bacaannya sebagai berikut:

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

"Allahumma inni audzubika min ‘adzabi jahannama wa min adzabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamati, wa min syarri fitnatil masihid dajjal."

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari siksa jahannam, dari fitnah kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari fitnah al-masikh ad-Dajjal.

Selain doa tersebut, sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari jalur Abu Darda, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada orang-orang beriman agar mendapat perlindungan dari fitnah Dajjal. Nabi SAW bersabda, "Siapa saja yang menghafal 10 ayat pada awal surat Al-Kahfi maka akan mendapat perlindungan dari Dajjal.

 
Berita Terpopuler