Oase IBL 2022 di Kota Dewata

Kota Denpasar didatangi IBL ini ibarat orang haus kekeringan lalu diberi air

IBL
Logo IBL 2020
Rep: Fitriyanto Red: Muhammad Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menyatakan dukungan kepada penyelenggaraan seri Kompetisi IBL 2022 di kotanya. Hal itu disampaikan ketika menerima kunjungan Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah, Senin (1/11).

"Kami berharap hadirnya IBL nanti dapat membantu kebangkitan sektor pariwisata di Bali, khususnya Kota Denpasar," kata walikota dilansir dari laman IBL Indonesia.

"Kota Denpasar didatangi IBL ini ibarat orang haus kekeringan lalu diberi air," tambahnya.

Junas gembira dengan sambutan dan dukungan yang diberikan Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara. "Kami gembira mendapat dukungan dan bisa bermain di Denpasar. Bali adalah salah satu daerah yang memiliki animo dan talenta basket yang luar biasa" kata Junas.

Pulau Dewata yang kini memiliki klub IBL, Bali United, memang dikenal sebagai salah satu daerah pemasok pemain basket.

Sebut saja nama Cokorda Bersaudara, Triadyanaadi Lokatanaya, Riko Hantono, I Made "Lolik" Sudiadnyana, I Gde Agus Wahyudi hingga Ponsianus "Koming" Nyoman Indrawan.

Denpasar dijadwalkan menjadi tuan rumah IBL season  2022 pada pertengahan Maret 2022. Selain Denpasar, ada lima kota di tanah air yang akan menjadi penyelengaraan kompetisi basket tertinggi di tanah air.

Lima kota tersebut adalah Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya dan Jogjakarta. IBL sudah berkomunikasi dengam para Walikota tempat penyelenggaraan dan sudah mereka sudah memberikan izin pelaksanaan.

Namun itu semua masih akan melihat perkembangan terkini situasi pandami covid-19. Kalau melonjak lagi bisa saja digelar dengan sistem bubble seperti musim lalu yang hanya digelar di dua lokasi Cisarua, Bogor dan Jakarta.

IBL Musim depan rencananya akan digelar pada pertengahan Januari, sekitar 13 Januari 2022. Sebanyak 16 tim akan ambil bagian termasuk empat tim pendatang baru RANS PIK, Evos Bogor, Hawks Tangsel dan Bumi Borneo Pontianak.

Klub musim sebelumnya juara bertahan Satria Muda Pertamina Jakarta, Pelita Jaya Jakarta, Hangtuah Jakarta, Prawira Bandung, West Bandits Solo, NSH Gold Mountain Mimika, Satya Wacana Salatiga, Bima Perkasa Jogja, Dewa United Surabaya, Pacific Caesar Surabaya dan Indonesia Patriot.

Untuk musim depan IBL akan kembali menggunakan pemain asing. Setiap klub diperkuat dua pemain asing. Namun untuk memberi kesempatan pemain lokal, rencanannya hanya satu pemain asing yang boleh dimainkan di lapangan.

Seluruh peserta IBL akan melakukan pemilihan pemain asing dan juga rookie IBL pada 10 November 2022. Kehadiran pemain asing membuat peta persaingan klub sulit ditebak, biasanya pemain asing memiliki pengaruh besar terhadap kinerja klub.

 
Berita Terpopuler