Fasilitas PON Bisa Dimanfaatkan untuk Pembinaan Talenta Muda

Anak muda Papua punya bakat dan potensi olahraga yang harus tersalurkan dengan baik.

Antara/Abriawan Abhe
Menko PMK Muhadjir Effendy (ketiga kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), Menpora Zainuddin Amali (kanan), dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas (kiri) menerima baju tim basket Papua usai menyaksikan pertandingan bola basket di GOR Mimika Sport Centre, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (4/10/2021).
Rep: Dian Fath Risalah Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, berpesan agar fasilitas-fasilitas megah yang telah tersedia bisa dimanfaatkan dengan baik pasca-Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Terutama untuk menemukan bibit-bibit muda olahraga di Indonesia khususnya di Papua.

"Yang penting bagaimana supaya fasilitas ini dimanfaatkan betul pasca-PON, terutama untuk melakukan rekrutmen dan pembinaan atlet-atlet bertalenta yang ada di Papua," kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Selasa (5/10). "Sehingga anak-anak muda Papua yang memang secara alamiah memiliki semacam bakat dan potensi bidang olahraga betul-betul tersalurkan dengan baik."

Salah satunya, lanjut Muhadjir, arena basket di Kabupaten Mimika yang dibangun dengan sangat megah dan telah berstandar internasional. Ia juga sempat menyaksikan pertandingan basket putri antara tim Papua dan tim Jakarta di Arena Basket Mimika Sport Complex, Kabupaten Mimika, bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menpora Zainudin Amali.

Dengan diadakannya PON di Bumi Cendrawasih, lanjut Muhadjir, menjadi ajang untuk menunjukkan persatuan dan kesatuan Indonesia di mata dunia internasional.

"Karena ini sebagai suatu upaya pemerintah untuk meyakinkan kepada dunia internasional bahwa tanah Papua adalah merupakan bagian tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegas Muhadjir.

Baca juga : Menteri Erick Menikmati Laga Sepak Bola PON Papua

Muhadjir juga menyebutkan seiring dengan kesuksesan pelaksanaan PON, maka pemerintah akan menjadikan Provinsi Papua sebagai sentra olahraga nasional. "Bapak Presiden Insya Allah akan merestui untuk Provinsi Papua ini menjadi provinsi olahraga nasional. Salah satu titik sentral yang akan menjadi pusat perhatian adalah di Kabupaten Mimika," jelasnya.

PON Papua berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang dibagi pelaksanaannya di empat daerah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

 
Berita Terpopuler