Harkitnas Tingkatkan Nasionalisme Generasi Muda

Harkitnas harus dimaksimalkan untuk peningkatan kualitas SDM.

Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi upacara hari kebangkitan nasional.
Red: Erdy Nasrul

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Pelaksana harian Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) Meidie Tasik, di Manado, Senin, mengatakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 mampu meningkatkan nasionalisme generasi muda di daerah tersebut.

Baca Juga

Harkitnas yang jatuh pada 20 Mei, memiliki tujuan untuk mengenang dan merayakan momentum kebangkitan semangat nasionalisme, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia.

Hal ini untuk mengingat berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908, yang menjadi salah satu tonggak dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Tema hari Kebangkitan Nasional tahun ini yaitu “Bangkit Untuk Indonesia Emas.” 

"Tujuan peringatan ini yakni untuk meningkatkan semangat nasionalisme adalah kita diingatkan kembali pentingnya semangat cinta tanah air dan nasionalisme di kalangan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda," jelas Meidie.

Pada upacara hari kebangkitan nasional 2024 ini, katanya, besarnya pengaruh Budi Utomo pada Indonesia membuat pemerintahan Indonesia mengakui pengaruh organisasi ini. 

"Peran penting dari Budi Utomo pun menjadi dasar bagi pemerintah untuk melahirkan Hari Kebangkitan Nasional," jelasnya.

Upacara Harkitnas dipimpin oleh Plh Kakanwil Meidie Tasik dan dihadiri oleh Pejabat Administrator serta seluruh ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Sulut.

 
Berita Terpopuler