Masjid di Blackburn Bantu Badan Amal untuk Penderita Kanker

Masjid di Blackburn membantu mengumpulkan dana untuk amal kanker.

Lancashire Telegraph
Pengelola Masjid Al Momineen di Blackburn, Inggris akan membangun pagar setelah masjid kerap jadi sasaran perusakan dan pencurian.
Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, BLACKBURN --  Masjid e Sajideen di Plane Tree Road, Blackburn bekerja sama dengan lembaga nirlaba Macmillan Cancer Support untuk membantu mengatasi ketabuan seputar kanker di masyarakat sekitar.

Baca Juga

Dilansir di lancashiretelegrap.co.uk, Kamis (30/9), keduanya berharap dengan adanya kerja sama ini akan meningkatkan kesadaran pentingnya deteksi dini, serta bantuan dan dukungan yang tersedia ketika seseorang menerima diagnosis kanker.

Sebagai bagian dari proyek jangka panjang, masjid Masjid e Sajideen akan mengadakan kegiatan yang disebut Macmillan Cancer Support Breakfast Mornings. Kegiatan ini juga untuk membantu mengumpulkan dana untuk amal kanker.

Selama acara, staf East Lancashire Hospital Trust akan siap sedia untuk menunjukkan dukungan emosional, finansial, dan praktik yang tersedia secara lokal.

Ketua Masjid E Sajedeen, Anggota Dewan Salim Sidat MBE, mengatakan banyak orang di komunitas ini yang terkena kanker.  Mereka ingin bekerja dengan Macmillan untuk menyampaikan pesan bahwa keterlibatan masjid di sini untuk mereka, mereka tidak sendirian dan dia ingin mereka berbicara dengan anggota pengurus masjid.  

Masjid ingin mencoba dan mendobrak hambatan di komunitas Asia dan memberi tahu orang-orang bahwa mereka tidak perlu takut dan bahwa dukungan ada untuk mereka.

“Kanker tidak akan hilang, dan kita juga tidak.  Seseorang, di suatu tempat di komunitas lokal kami membutuhkan dukungan ini.  Banyak orang tidak ingin berbicara tentang diagnosis kanker, tetapi ini adalah abad ke-21 dan kita perlu melakukan sesuatu secara berbeda.  Kami akan membantu semampu kami.  Kami mungkin tidak dapat menghilangkan kanker, tetapi kami akan membantu mendukung anda, dan keluarga anda, selama perjalanan perawatan kanker anda,"ujar dia.

 

 

Ini adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan dan, jika berhasil, tak hanya masjid ini sama, tetapi lembaga juga akan bekerja sama dengan masjid lain dan komunitas yang lebih luas untuk mencoba dan membantu mendukung sebanyak mungkin orang yang hidup dengan kanker.

Acara ini akan dimulai Ahad (3/10), hanya untuk wanita dan untuk pria yang akan diadakan di kemudian hari.  Setiap orang dipersilakan untuk hadir dari komunitas lokal, dan dari agama apa pun, mulai pukul 10.30 hingga 13.00.

Jika berhasil, rencananya adalah meluncurkan model ‘Breaking Down Barriers’ dan bekerja sama dengan masjid lain dan masyarakat luas. Manajer Penggalangan Dana Hubungan Macmillan untuk East Lancashire, Louise Osgood, menambahkan satu dari dua orang akan menderitq beberapa bentuk kanker dalam hidup mereka.

Didiagnosis menderita kanker itu menakutkan. Saat ini, kami tahu itu mungkin terasa lebih menakutkan dari sebelumnya. Tapi kami di sini untuk memastikan orang mendapatkan bantuan yang tepat di setiap langkah, apakah itu masalah fisik, perasaan anda,  kekhawatiran uang, atau sesuatu yang berbeda sama sekali.

 

“Itulah mengapa kami bekerja bersama Masjid E Sajedeen karena kanker adalah hal yang pribadi bagi kami seperti halnya anda, dan kami melakukan apa pun untuk memastikan anda mendapatkan dukungan yang anda butuhkan. Di mana pun anda berada, siapa pun anda, Macmillan ada di sini untuk anda. Anda dapat mengandalkan kami untuk melakukan apa pun yang diperlukan,"ujar Osgood.

 
Berita Terpopuler