Wapres: Investor Global Jangan Ragu Investasi di KIH

Investasi industri halal di Indonesia, sangat menjanjikan.

Dok Republika
Di Paritrana Award, Wapres Jelaskan Jaminan Kehilangan Kerja
Rep: Fauziah Mursid Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak para investor global berinvestasi di kawasan industri halal (KIH) yang ada di beberapa lokasi di Indonesia. Wapres menegaskan, industri halal di Indonesia memiliki potensi besar dan diakui oleh global.

Baca Juga

 

Pernyataan itu disampaikan Wapres terkait potensi industri syariah Indonesia menjelang pelaksanaan Dubai Expo 2020 yang dibuka 1 Oktober mendatang.

 

"Saya minta pertama, investor global jangan ragu-ragu karena kita memiliki potensi yang besar, dan kita mampu untuk menjadi produsen halal terbesar di dunia," ujar Wapres saat meninjau Kawasan Industri Halal Safe and Lock di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (30/9).

 

Wapres mengatakan, investasi industri halal di Indonesia, sangat menjanjikan. Hal ini karena beragam faktor, mulai dari sertifikasi halal Indonesia yang juga diakui di seluruh dunia. Karenanya, ia menjamin kualitas produk halal di Indonesia terjaga ditambah dukungan fasilitas yang memadai.

 

Wapres pun berharap, potensi ini dapat dilihat para investor global.  "Berinvestasi di Indonesia saya kira sesuatu yang sangat menjanjikan untuk investor dari mana pun," kata Wapres.

 

 

 

 

Ia mengatakan, saat ini sudah ada beberapa investor yang membidik investasi industri halal Indonesia.

"Saya dengar mereka ada dari China, Brasil, Timur Tengah itu mereka sudah mulai mengincar, yang selama ini memang mereka belum mengetahui, tapi melalui menteri-menteri kita, mereka mempromosikan apa yang sedang kita lakukan dalam rangka pengembangan ekonomi kita, ini sudah mulai mereka mengetahui," ujarnya.

Dalam kunjungan kerja ke Jawa Timur, Wapres meninjau pembangunan Kawasan Industri Halal Sidoarjo atau Safe and Lock Halal Industrial Park di Jawa Timur. Wapres menilai, Indonesia memiliki potensi besar dan kemampuan dalam mengembangkan industri halal, salah satunya dengan dibangunnya kawasan-kawasan industri halal (KIH). 

Wapres mengatakan, ada berbagai fasilitas yang tersedia di tiap KIH, dan pengurusan yang terpadu dalam satu atap, mulai dari terintegrasi dengan kawasan industri, pengurusan izin, pengurusan sertfifikasi halal, permodalan dan packaging sesuai dengan standar internasional.

"Karena itu kita punya kemampuan, punya potensi besar untuk mengembangkan industri halal ini," kata Kiai Ma'ruf.

 

Ia melanjutkan, selain di Sidoarjo, ada dua daerah KIH lain yang sudah dibangun, yakni Modern Cikande Industrial Estate di Cikande, Banten dan Bintan Inti Hilal Hub di Bintan, Kepulauan Riau.  

Selain itu, Pemerintah juga sedang mempersiapkan pembangunan KIH di Kawasan Industri Batamindo di Batam, Kawasan Industri Pulogadung di Jakarta serta Kawasan Industri Surya Borneo di Kalimantan Tengah.Wapres juga sebelumnya, mengatakan Pemerintah sedang bersiap membangun dua kawasan industri halal di Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

 

 

 
Berita Terpopuler