Ronaldo Masih Lapar Cetak Rekor Gol Terbanyak Internasional

Ronaldo paling terkesan saat jadi pencetak gol terbanyak di pentas internasional.

EPA-EFE/ANTONIO COTRIM
Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah mencetak gol pada pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022, Grup A Zona Eropa, antara Portugal dan Irlandia yang diadakan di Stadion Algarve di Faro, Portugal, Kamis (2/9) WIB.
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, ALGERVE -- Cristiano Ronaldo resmi menjadi pencetak gol terbanyak di pentas sepak bola internasional. Torehan dua gol ke gawang Republika Irlandia pada lanjutan Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Kamis (2/9) dini hari WIB, membawa Ronaldo meninggalkan catatan gol milik eks striker Iran, Ali Daei.

Dengan tambahan dua gol tersebut, Ronaldo telah mengemas 111 gol dari 180 pertandingan bersama Portugal di panggung sepak bola internasional. Pemain berusia 36 tahun itu membutuhkan waktu 18 tahun, terhitung sejak melakoni debut bersama tim senior Portugal untuk bisa memecahkan rekor tersebut.

Dalam catatan rekor anyarnya tersebut, Ronaldo meninggalkan torehan gol sejumlah nama besar dan legenda di pentas sepak bola internasional. Mulai dari penyerang legendaris timnas Hungaria, Ferenc Puskas, legenda timnas Brasil, Pele, hingga bintang Argentina, Lionel Messi.

Torehan ini sekaligus memperjanjang catatan rekor yang telah ditorehkan oleh pengoleksi lima gelar Ballon d'Or tersebut. Hingga saat ini, Ronaldo masih tercatat sebagai top skorer sepanjang masa Liga Champions dengan torehan 134 gol, top skorer sepanjang masa Real Madrid (451 gol), dan pencetak gol terbanyak di kancah kompetisi sepak bola Eropa (14 gol).

Baca Juga

Namun, dari semua deretan rekor ini, Ronaldo mengakui, keberhasilannya menggeser Ali Daei sebagai pesepak bola paling produktif pentas sepak bola internasional merupakan rekor yang paling berkesan.

''Buat saya, rekor ini sangat spesial dan tentu saja ini merupakan rekor yang membuat saya begitu bangga,'' tulis Ronaldo di akun Instagramnya seperti dikutip Sky Sports, Selasa (2/8).

Ada sejumlah alasan yang menjadikan rekor ini begitu istimewa buat Ronaldo. Selain karena rekor ini dipecahkan saat memperkuat timnas Portugal, Ronaldo menyebut, setiap 111 gol yang dicetaknya bersama timnas Portugal mampu memberikan kebahagian buat pecinta sepak bola, terutama buat publik Portugal.

Kendati begitu, pemain usia 36 tahun itu tidak mau berhenti sampai di situ. Seraya mengucapkan terima kasih kepada semua rekan setimnya dan lawan yang pernah dihadapinya, eks bintang Real Madrid dan Juventus itu belum mau berhenti menambahkan catatan gol dalam rekor terbarunya tersebut.

''Terima kasih Portugal, terima kasih rekan-rekan setim dan semua lawan yang pernah saya hadapi karena membuat perjalanan ini tidak terlupakan. Mari kembali bertemu di lapangan pada tahun-tahun mendatang. Saya belum menghentikan hitungan gol ini,'' jelas Ronaldo.

Daftar Pencetak Gol Terbanyak di Pentas Sepak Bola Internasional:

110 gol (180 laga)  --  Cristiano Ronaldo (Portugal)
109 gol (149 laga)  --  Ali Daei (Iran)
89 gol (142 laga)    --  Mokhtar Dahari (Malaysia)
84 gol (85 laga)     --   Ferenc Puskas (Hungaria)
79 gol (111 laga)   --   Godfrey Chitalu (Zambia)
78 gol (137 laga)   --   Hussein Saeed (Irak)
77 gol (92 laga)     --   Pele (Brasil)
76 gol (151 laga)   --   Lionel Messi (Argentina)

 
Berita Terpopuler