Pakar: Jangan Biarkan Anak Tidur dengan Pintu Kamar Terbuka

Pakar keselamatan anak mengingatkan untuk menutup pintu saat tidur.

Tangkapan layar
Pakar keselamatan anak Dr Ness memperlihatkan perbedaan signifikan antara pintu kamar yang tertutup dengan yang terbuka saat terjadi kebakaran.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar keselamatan anak Dr Ness mengingatkan agar orang tua untuk selalu memastikan pintu kamar tidur anak tetap tertutup di malam hari. Menurut Ness, kebiasaan sederhana itu bisa membuat perbedaan besar antara hidup dan mati.

Ness membagikan alasannya via Tiktok. Dokter yang membidangi gawat darurat anak tersebut menunjukkan foto dua kamar tidur di rumah yang sama setelah terjadi kebakaran: satu masih hampir utuh dan yang lain habis terbakar.

Penyebabnya adalah karena satu ruangan yang utuh kondisi pintunya tertutup saat kebakaran, sedangkan pintu di ruangan lainnya dibiarkan terbuka. Dengan kata lain, menutup pintu kamar anak adalah demi keselamatan mereka apabila terjadi musibah yang tidak diinginkan.

"Ini adalah gambaran sempurna untuk melihat perbedaan antara menjaga pintu kamar tetap terbuka atau tertutup jika terjadi kebakaran. Anda lihat, ini adalah kebakaran di rumah yang sama untuk tujuan penelitian," ujarnya dalam video.

Baca Juga

Sambil menunjuk ke dua kamar yang sangat berbeda, dia bertanya kepada para orang tua. "Di kamar mana Anda lebih suka berada, dan kamar mana untuk anak-anak Anda, jika keluarga Anda cukup malang untuk mengalami kebakaran rumah?" tanya Ness pada audiens.

Dalam video lain, Ness memberikan penjelasan tambahan mengapa menutup pintu kamar tidur dapat membuat perbedaan besar jika terjadi kebakaran. Menjaga pintu tetap tertutup efektif mengurangi jumlah karbon monoksida yang masuk dan berpotensi terhirup.



"Itu akan mengurangi panas yang ada di dalam ruangan, meningkatkan jumlah oksigen, yang karenanya meningkatkan peluang untuk bertahan hidup dan waktu yang Anda miliki sampai penyelamatan," ungkap sang dokter.

Video Dr Ness telah disukai lebih dari 90 ribu kali. Lewat kolom komentar, para pengguna juga mengapresiasi dan berterima kasih untuk kiat langkah keamanan tersebut, dikutip dari laman The Sun, Selasa (22/6).

 
Berita Terpopuler