Billie Eilish Olok-Olok Orang Asia?

Beredar video yang memperlihatkan Billie Eilish seperti mengolok aksen Asia.

EPA
Penyanyi Billie Eilish diduga mengolok aksen orang keturunan China dalam sebuah video yang diunggah pengguna TikTok.
Rep: Rahma Sulistya Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Billie Eilish sedang menghadapi reaksi keras karena diduga mengolok-olok orang Asia dalam video yang diunggah oleh seorang penggemar ke Tik Tok. Pemilik akum @lcxvy mem-posting video yang memperlihatkan penyanyi "Bad Guy" itu diduga mengolok-olok aksen Asia.

Baca Juga

Dalam klip lain, Eilish tampaknya mengatakan cercaan yang mengacu pada orang keturunan China. Tidak jelas kapan dan di mana video tersebut pertama kali diunggah dan apa konteksnya, tapi diduga itu merupakan video lama.

Perwakilan Eilish tidak segera membalas permintaan komentar dari Fox News. Video di TikTok itu telah dilihat lebih dari 180 ribu kali. 

Video tersebut menghasilkan ribuan komentar dari pengguna Tik Tok, dengan banyak yang mengatakan bahwa mereka sedih dan kecewa melihat Eilish terlibat dalam dugaan perilaku tersebut. Lewat salah satu tagar yang kini menjadi ramai, warganet pun meminta Eilish untuk menarik omongannya itu. 

  1. Di lain sisi, yang lain ada juga yang membela pemenang Grammy tersebut. Mereka meminta warganet memberi Eilish waktu untuk mengatasi kontroversi itu. Sejumlah orang mengklaim Eilish baru berusia 14 tahun pada saat klip itu direkam.

Beberapa orang meyakini ucapan itu sampai terlontar karena ada pengaruh dari Sindrom Tourette yang diderita Eilish, gangguan neurologis yang menyebabkan tics fisik dan verbal yang tidak disengaja. Eilish pernah membahas diagnosis sindromnya pada 2018. Akan tetapi, ia mengaku memiliki tics fisik, bukan verbal. 

Eilish memang belum berbicara tentang kontroversi tersebut. Tetapi pada Rabu, dia men-tweet wawancara terbaru Rolling Stone dengannya.

Eilish menjadi model sampul terbaru majalah tersebut. Di artikelnya, musisi itu berbicara tentang perasaannya ketika susah untuk pergi keluar rumah, setelah bertahun-tahun diburu oleh fotografer dan penggemar yang terobsesi.

"Saya masih kecil dan saya ingin melakukan hal-hal yang biasa dilakukan anak-anak. Saya tidak mau sampai tidak bisa pergi ke toko atau mal. Saya sangat marah dan tidak bersyukur tentang itu," kata dia.

Eilish juga mengungkapkan bahwa dia jadi paham mengapa para penggemarnya sangat ingin melihat dan bertemu dengannya.

"Menyedihkan, karena saya tidak bisa memberikan semua yang para penggemarku inginkan. Semakin dewasa, saya semakin mengerti mengapa (selebritas favorit saya) tidak bisa melakukan semua hal yang ingin mereka lakukan," tutur penyanyi yang akan merilis album keduanya Happier Than Ever pada 30 Juli.

 
Berita Terpopuler