Mualaf Nate Nader: Saya Yakin Allah SWT akan Beri Jalan

Nate Nader menemukan Islam saat membaca Alquran.

Onislam.net
Mualaf (ilustrasi).
Rep: Umar Mukhtar Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JACKSON -- Nate Nader (57 tahun) adalah salah satu dari sekitar 100 Muslim yang mengikuti Ramadhan di Jackson Islamic Center, di Kota Jackson, Mississippi, AS. Nader dengan cemas menunggu matahari terbenam untuk berbuka puasa pada Rabu, 5 Mei 2021.

Baca Juga

"Matahari terbenam akan datang, sudah waktunya, saya tidak sabar," kata Nader, dilansir dari laman Jackson Sun, Kamis (17/6). Dalam beberapa tahun terakhir, Islamic Center of Jackson telah membawa lebih dari 100 Muslim dari kota-kota sekitarnya untuk berbuka puasa dan shalat sebagai sebuah komunitas.

Nader mengingat keramaian orang-orang yang muncul di tengah tepat sebelum matahari terbenam dengan jus, kue kering, dan hidangan berbeda untuk dibagikan satu sama lain.

"Semua orang masuk, dan Anda mencium semua makanan ini, dan Anda lapar. Kami memiliki orang India, Pakistan, Afrika, Yunani, Inggris dan Prancis, setiap orang Muslim dari kebiasaan mereka sendiri membawa makanan mereka sendiri," kata dia mengenang.

Namun, tahun lalu, karena pandemi Covid-19, Islamic Center ditutup, dan para anggota terpaksa di rumah mereka sendiri. Karena lockdown, bulan Ramadhan terasa lebih panjang. Tahun ini, mengikuti pedoman dari kota Jackson, Islamic Center buka selama beberapa jam.

 

 

Itu memberikan tempat bagi komunitas Muslim untuk melaksanakan shalat mereka. Mereka masih belum bisa berbuka puasa bersama dan berbagi makanan. "Karena Covid, mereka tidak ingin orang berkumpul tanpa masker, karena saat makan tidak memakai masker," kata Nader.

Meski hanya bisa berkumpul untuk sholat, masyarakat lebih merasakan kegembiraan dan menyambutnya sebagai berkah. Nader telah menjadi anggota Islamic Center of Jackson sejak 2001 dan saat ini tinggal di sebuah rumah yang dibayar oleh komunitas Muslim Jackson.

Dia awalnya lahir dari kepercayaan Yahudi di Palestina yang dikelilingi oleh berbagai agama seperti Yudaisme, Kristen dan Islam. Tumbuh di Timur Tengah ia berbicara bahasa termasuk Aram, Arab dan Ibrani. Dia sering menemukan anggota keluarga yang berbicara buruk tentang Islam.

Sepanjang masa mudanya, dia mengunjungi keluarganya di Amerika Serikat dan pada usia 20 tahun, dia pindah ke Chicago, Illinois, untuk menerjemahkan berbagai gereja di seluruh kota. Setelah bekerja sebagai penerjemah selama beberapa tahun, ia pindah ke Texas untuk bekerja sebagai agen perjalanan.

"Saya mulai berkeliling Amerika Serikat, dan saya menyukainya, dan saya ingin melihat lebih banyak negara dan lebih banyak tempat. Menjadi agen perjalanan adalah cara termurah untuk bepergian," ujarnya.

 

 

Selain menjadi penerjemah dan wiraniaga, ia juga bekerja di bisnis restoran. Pekerjaan restoran pertamanya di Texas adalah di sebuah restoran Italia.

"Saya masuk sebagai juru masak, dan karena perhatian dan kebersihan saya, saya dipromosikan menjadi manajer dapur dalam waktu satu tahun. Saya adalah manajer umum untuk restoran selama empat tahun. Saat itulah saya mendapatkan DUI saya," kata Nader. 

Nader bekerja di bisnis restoran, bergaul dengan juru masak, bartender, dan menjalani kehidupan dengan minum dan berpesta. Setelah didakwa mengemudi di bawah pengaruh (DUI), dia ditahan di sebuah fasilitas. Setelah tujuh hari, dia dibebaskan dan tidak didakwa karena pengadilan tidak dapat membuktikan bahwa dia telah minum.

Selama waktu ini, dia ditempatkan dalam satu unit dengan Muslim lainnya, dan menyadari minuman beralkohol tidak lagi baik untuknya. "Saya baru saja melihat cinta, Anda merasakan sesuatu," kata Nader.

Setelah itu, Nader menjalani proses enam tahun membaca Alquran dan masuk Islam. Agama telah memicu minatnya sebelumnya, tetapi dia tidak menjadi religius sampai setelah dia mulai belajar lebih banyak tentangnya.

"Saya ingin melihat bukti studi saya sendiri, pengalaman saya sendiri tentang siapa yang berhak diikuti, atau siapa yang layak," kata Nader.

 

 

Nader pun terus bekerja di bisnis restoran dan dipindahkan ke Little Rock, Arkansas. Antara menyeimbangkan belajar agama Islam dan bekerja di bisnis restoran, tiga tahun setelah tiba di Arkansas, dia menyadari bahwa gaya hidup bukanlah yang dia inginkan. Nader memutuskan untuk pindah ke Tennessee, karena komunitas Muslim di Arkansas terlalu kecil.

"Ada banyak hal yang mendorong saya untuk itu (Islam). Saya tidak bisa benar-benar menunjukkan satu hal yang membuat saya masuk Islam, hanya banyak kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Pada Desember 2016, setelah menjadi anggota Komunitas Islam Jackson selama 15 tahun, ia menjadi sukarelawan untuk Masyarakat Islam Winchester.

Saat itulah Nader mengalami serangan jantung dan bahkan tidak menyadari itu terjadi. Dia pingsan. Lalu ambulans datang untuk menjemputnya. Dia dibawa langsung ke operasi di mana mereka melakukan operasi jantung bypass tiga kali.

"Dia memanggil ambulans dan (mereka) datang menjemput saya dari sana, untuk dioperasi. Saya tidak ingat apa-apa, mereka baru saja memasukkan saya ke sana, membuka hati saya dan mulai. Saya menjalani operasi jantung, dan saya akan mencoba merawatnya dan tidak meninggalkannya, tidak menjadi gila, tidak minum alkohol, tidak merokok," kata Nader.

 

 

Selama empat bulan, Nader berada di panti jompo. "Saya dibawah dari rumah sakit ke panti jompo dan di panti jompo orang-orang akan merawat saya. Saya tidak bisa bergerak. Saya hanya duduk di sana di atas mesin," ungkapnya.

Setelah berbulan-bulan, akhirnya Nader bisa pulih kembali dan menemui komunitas Muslim di Virginia karena dia tidak punya uang untuk membayar semua tagihan medisnya. "Jika bukan karena komunitas Muslim di Virginia, saya tidak akan berhasil," kata Nader.

Komunitas Muslim di Virginia tidak hanya membantunya secara finansial dan fisik, tetapi mereka juga membantunya dipindahkan kembali ke Jackson. Sekarang Nader menerima Jaminan Sosial Disabilitas Asuransi (SSDI), namun tidak cukup untuk menutupi biaya bulanan.

Kemudian komunitas Muslim membantunya dengan menutupi sisa biaya sewa, utilitas dan transportasi. Tahun ini, karena Nader membutuhkan nebulizer untuk menerima oksigen, ia berbuka puasa sendirian dan menghabiskan sebagian besar waktunya memasak dan menyiapkan makanan untuk berbuka puasa.

"Jika bukan karena saya seorang Muslim, saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan. Tapi saya yakin, Allah akan memberikan jalan," imbuhnya. 

 
Berita Terpopuler