Lirik Lagunya Dinilai Lecehkan Islam, Jay Park Minta Maaf

Jay mengaku tidak bermaksud menyinggung penggemar Muslim.

IG Jay Park
Lirik Lagunya Dinilai Lecehkan Islam, Jay Park Minta Maaf. Jay Park
Rep: Imas Damayanti Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Penyanyi K-Pop Jay Park mendapat kecaman setelah penggemar Muslim menunjukkan lirik lagunya yang berjudul "Mukbang (remix)" menyinggung hati umat Muslim. Atas hal itu, Jay pun mengaku bersalah dan meminta maaf.

Baca Juga

Dilansir di Koreaboo, Kamis (27/5), lagu yang dirilis pada Desember lalu itu menyebutkan tentang Allah, yang oleh banyak penggemarnya dianggap tidak menghormati agama. Jay Park telah mengeluarkan permintaan maaf, dia pun mencicit di Twitter membahas situasi tersebut dan menjelaskan liriknya.

Lirik yang dimaksud adalah:

"Worship me like Allah, get it done like wallah (Sembah aku seperti Allah, selesaikan seperti wallah/bersumpah atas nama Allah)".

Salah satu pengguna Twitter pun mengomentari cicitannya: “Kapan para seniman ini akan berhenti menggunakan hal-hal Islami untuk estetika mereka dan memiliki kesopanan dasar untuk agama kita?"

Jay meminta maaf...

Yang lain menulis: “Ini tentang agama saya (Islam), jika Anda masih mendukung Jay Park, silakan berhenti mengikuti saya. Itu sangat tidak sopan!"

Menyusul reaksi terhadap liriknya, Jay Park mengeluarkan permintaan maaf dan membahas situasinya. Jay berkata: “Lirik lagu itu tidak pernah dimaksudkan menyinggung atau tidak sopan. Bagi siapa pun yang merasa tersinggung, saya minta maaf. Anda akan keluar dari komentar 'dia menyeret agama' atau 'rasialis'. Berhenti dengan narasi palsu omong kosong itu. Bagi saya itu hanya lirik, sesederhana itu.”

Dia melanjutkan dengan mengatakan: “Jadi, bagi orang-orang yang merasa semacam itu. Saya tidak tahu, jadi itu salah saya. Sekarang saya akan kembali memberi pengaruh pada kehidupan orang-orang dengan cara yang positif. Semoga kalian melakukan hal yang sama. Damai dan cinta untuk semua orang,”.

Jay Park menanggapi beberapa tweet, dan membalas salah satunya dengan mengatakan: “Tidak semua orang bisa tahu segalanya dan jika kesalahpahaman membuatmu membenciku, silakan. Hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah meminta maaf kepada mereka yang saya sakiti dan terus maju.”

Tweet permintaan maaf dihapus...

Terbaru, Jay menghapus penjelasannya tersebut. Dia memperbarui permintaan maafnya. "Saya dengan tulus meminta maaf," katanya. Tweet tersebut disertai dengan catatan permintaan maafnya.

"Dalam lagu yang disebut 'Mukbang' remix. Saya menggunakan kalimat 'sembah aku seperti Allah' yang membuat banyak orang tersinggung. Pada awalnya saya tidak melihat masalahnya, tetapi ketika saya membaca komentar (bukan yang penuh kebencian, tetapi yang benar-benar mencoba mendidik mengapa itu ofensif) Saya melihat saya menggunakan sebuah kata di mana beberapa orang rela mati demi itu dan itu bukan tempat saya untuk menggunakan sesuatu yang sangat berarti bagi orang-orang Muslim dalam lirik rap saya dengan bebas. Saya minta maaf kepada semua penggemar Muslim saya. Tujuannya bukan tidak pernah tidak menghormati atau menyinggung perasaan dan saya akan lebih berhati-hati ke depan. Saya mencintai dan menghormati semua orang dari semua budaya, etnis, dan agama yang berbeda. Cinta dan perdamaian," katanya.

 

 
Berita Terpopuler