Hal yang Wajib Dilakukan Muslimah Sebelum Berangkat Haji

Muslimah tidak bisa begitu saja meninggalkan pengelolaan rumah tangga saat berhaji.

AP/Amr Nabil
Jamaah Muslim berdoa di sekitar Ka
Rep: Ali Yusuf Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Bagi seorang muslimah (istri), tidak begitu saja meninggalkan pengelolaan rumah tangga meski untuk keperluan perjalanan ibadah haji. Semua urusan itu harus didelegasikan pengelolaannya itu agar perjalanan ibadah haji bisa tenang.

Baca Juga

"Di samping urusan anak-anak perlu juga diperhatikan, siapa yang akan dimintai tolong untuk menjaga rumah, jika si anak dititipkan di rumah saudara," kata Ustadzah Honey Miftahuljannah dalam bukunya "Haji dan Umrah Bagi Musliman" 

Mungkin pengaturan, pendelagasian urus rumah ini terdengar sepele, tapi justru hal tersebut akan menjadi pengganggu pikiran seorang muslimah yang akan pergi haji ataupun umroh, jika tidak dipikirkan secara matang. 

"Maka dari itu, periksa semua urusan dengan baik sebelum meninggalkan rumah," katanya.

Jika perlu cek keadaan rumah bersama dengan orang yang akan menjaga rumah kita. Hal tersebut agar orang yang nanti berada di dalam rumah kita, tidak diberikan dengan masalah yang terjadi kelak.

 

 

"Karena telah bersama-sama dipastikan semua keadaan aman," katanya.

Selain itu yang perlu diperhatikan oleh seorang muslimah ada memperhatikan juga stok makanan bagi anak-anak, pengasuh dan orang-orang yang ikut menjaga rumah. Penuhi segala kebutuhannya, termasuk meninggalkan uang, agar mereka merasa nyaman kau masih lama ditinggal pergi oleh kita. 

"Para istri, ibu pun bisa dengan tenang melaksanakan ibadah haji atau umroh," katanya

 

Dalam hal urusan ini Nabi Muhammad SAW bersabda. "Hendaklah tiap dua orang dalam satu keluarga yang satu keluar dan yang lain menjaga keluarga yang ditinggal. Pahalanya akan dibagi dua."(HR.Muslim).

 
Berita Terpopuler