14 Nama Besar di Hollywood Ini tak Pernah Menang Oscar

14 aktor dan aktris ini hanya jadi 'langganan' masuk nominasi Oscar.

cbc.ca
14 aktor dan aktris ini hanya jadi 'langganan' masuk nominasi Oscar.
Rep: Puti Almas Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oscar menjadi ajang penghargaan film paling bergengsi dalam industri film di dunia. Ada berbagai kategori pemenang sejak acara ini pertama kali diselenggarakan pada 1929 di Hotel Hollywood Roosevelt, Amerika Serikat (AS). 

Baca Juga

Tak hanya kategori film terbaik, semua yang terkait dengan industri perfilman masuk dalam berbagai nominasi, termasuk aktor dan aktris yang menjadi bagian utama film. Namun, tidak semua bintang bisa dengan mudah mendapatkan piala Oscar.

Dilansir Too Fab, Senin (26/4), ada sejumlah aktor dan aktris yang selama ini dikenal dengan kemampuan akting yang mengagumkan, bahkan kerap masuk dalam nominasi Oscar, namun mereka tidak pernah sekalipun meraih satu pun piala. Berikut beberapa artis peran paling populer tersebut :

 

1. Amy Adams

Aktris Amy Adams telah lima kali dinominasikan sebagai Aktris Pendukung Terbaik selama karirnya di Hollywood. Namun, ia tidak pernah membawa pulang piala Oscar, termasuk untuk perannya yang dinilai sangat memukau dalam film American Hustle. 

Meskipun belum pernah memenangkan Oscar, Amy mengatakan senang bisa bekerja di industri hiburan dan diakui atas penampilannya. Ia mengungkapkan sangat bersyukur dan diberkati bisa bekerjasama dengan orang-orang yang hebat selama ini. 

“Saya selalu bersyukur untuk itu tetapi itu tidak mendefinisikan saya,” ujar Amy mengenai penghargaan Oscar yang belum pernah diterimanya dalam sebuah wawancara.

 

2. Robert Downey Jr.

Robert Downey Jr. telah dinominasikan sebagai Aktor Terbaik untuk perannya dalam film Chaplin dan Tropic Thunder. Namun, ia belum persah membawa pulang piala Oscar. 

Bahkan, banyak penggemar Downey Jr yang kesal karena dirinya tidak pernah menerima penghargaan itu, termasuk tuntuk perannya sebagai Iron Man dalam film Avengers: Endgame. Dalam sebuah kesempatan, ia  memberi tahu bahwa sebenarnya menolak kesempatan untuk berkampanye agar film superhero tersebut dipertimbangkan di Oscar.

 

3. Johny Deep 

Johnny Depp telah berada di banyak film berkualitas di sepanjang karirnya. Meski demikian, ia tidak pernah memenangkan satu pun dari tiga Oscar yang selama ini pernah menempatkannya sebagai nominasi. 

Meski memenangkan Oscar dianggap sebagai sebuah kehormatan besar, Johnny mengaku bahwa sebenarnya tidak ingin memenangkannya. 

“Saya tidak ingin memenangkan salah satu dari hal-hal itu. Saya tidak ingin harus berbicara,” kata Johny. 

 

4. Tom Cruise

Tom Cruise telah menerima tiga penghargaan Oscar selama karirnya - dua untuk Aktor Terbaik dan satu untuk Aktor Pendukung Terbaik. Meskipun dia secara pribadi belum membawa pulang Oscar, dia telah tampil di banyak film yang telah diakui dengan penghargaan tersebut termasuk "Rain Man," yang membawa pulang Film Terbaik.

 

5. Michelle Pfeiffer

Michelle Pfeiffer telah dinominasikan selama tiga kali ajang Oscar, namun belum memenangkan penghargaan tersebut. Ia pertama kali mendapat nominasi dalam kategori Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya dalam  film Dangerous Liaisons, tetapi kalah dari Geena Davis.

Michelle kemudian mendapatkan dua penghargaan Aktris Terbaik untuk penampilannya di film The Fabulous Baker Boys dan Love Field.

 

6. Bradley Cooper

Bradley Cooper telah meraih empat nominasi Oscar dalam karirnya sejauh ini, termasuk penghargaan sebagai Aktor Terbaik pada tiga kesempatan terpisah. Meskipun belum pernah menang, ia baru-baru ini menjelaskan bagaimana memiliki perasaan campur aduk tentang ajang penghargaan tersebut.

Menurut Bradley, hal menjelang ajang penghargaan itu adalah ujian nyata. Ini diatur untuk menumbuhkan mentalitas (individualistis) dan adalah bukan mengapa Anda mengorbankan segalanya untuk menciptakan seni, namun, menurutnya, ini adalah tentang Anda menghabiskan begitu banyak waktu jika cukup beruntung menjadi bagian darinya.

“Itu pada akhirnya adalah hal yang hebat karena itu benar-benar membuat Anda menghadapi ego, kesombongan, dan ketidakamanan. Ini sangat menarik dan sama sekali tidak berarti,” ujar Bradley. 

 

7. Michelle Williams

Michelle Williams telah dinominasikan meraih Oscar dalam empat kesempatanm tetapi belum pernah membawa pulang satu pun. Ia menerima nominasi dalam kategori Aktris Terbaik untuk perannya dalam Blue Valentine dan My Week With Marilyn serta nominasi untuk Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya dalam Brokeback Mountain dan Manchester By The Sea.

 

8. Kirk Douglas

Selama masa hidupnya, Kirk Douglas dinominasikan seabagai Aktor Terbaik tiga kali untuk perannya dalam film Lust For Life, Champion, dan The Bad and the Beautiful. Meskipun tidak pernah membawa pulang penghargaan tersebut, ia dianugerahi Oscar Kehormatan pada 1996 untuk mengakui pencapaian unik dari seluruh karir dan kontribusinya seumur hidup pada seni film.

 

9. Jake Gyllenhaal

Meskipun karir filmnya sangat sukses, Jake Gyllenhaal hanya pernah mendapat satu nominasi Oscar untuk perannya dalam Brokeback Mountain. Ia pun tidak membawa pulang penghargaan untuk Aktor Pendukung Terbaik pada tahun itu dan sebaliknya, penghargaan diberikan kepada George Clooney untuk penampilannya di film Syriana.

 

10. Glenn Close

Glenn Close telah dinominasikan untuk delapan Oscar yang mengesankan selama karirnya, tetapi belum membawa pulang satupun piala. Meskipun belum pernah menang, ia mengatakan bahwa dia bersyukur atas nominasi yang telah didapatkan dan tidak keberatan dipertimbangkan sebagai peraih ‘penghargaan pencapaian’ seumur hidup.

"Aku hanya harus terus melakukan apa yang baik. Kamu dipenuhi oleh pekerjaanmu, dan itulah prosesnya bagiku,” jelas Glenn.

Close dinominasikan sebagai Aktris Pendukung Terbaik di Academy Awards 2021 untuk perannya dalam Hillbilly Elegy.

 

11. Mark Ruffalo

Mark Ruffalo telah mendapat nominasi Oscar sebagai Aktor Pendukung Terbaik selama tiga kali, tetapi tidak pernah memenangkannya. Meskipun tidak membawa pulang piala tersebut saat dinominasikan terakhir kali pada 2016, ia mengatakan bahwa ia menyiapkan pidato yang membahas keadilan sosial.

"Saya ingin berbicara tentang jenis keadilan dan tanggung jawab serta kekuasaan Hollywood di dunia saat ini. Masalah iklim, keadilan sosial, ketidaksetaraan pendapatan, iyu berlaku secara luas dan semua adalah masalah yang saling terkait,” jelas Mark.

 

12. Annette Bening

Annette Bening telah empat kali dinominasikan untuk Oscar, tetapi belum memenangkan salah satu penghargaan itu. Ia menjadi nominasi untuk Aktris Terbaik pada tiga kesempatan dan pernah menerima nominasi

 

13. Will Smith

Will Smith telah dinominasikan senahai Aktor Terbaik dua kali selama karirnya untuk perannya dalam film Ali dan The Pursuit of Happyness. Pada kedua kesempatan tersebut, dia kalah dari aktor kulit hitam lainnya , yaitu Denzel Washington dan Forest Whitaker. 

Tapi bertahun-tahun kemudian, Will memutuskan untuk memboikot acara tersebut. Ia menilai bahwa The Academy telah ‘pergi ke arah yang salah’ ketika ada 20 nominasi penghargaan yang semuanya hanya menyertakan aktor atau aktris berkulit putih.

 

14. Bill Murray

Bill Murray secara mengejutkan hanya dinominasikan untuk satu Oscar selama karirnya. Ia menerima nominasi sebagai Aktor Terbaik untuk perannya dalam film Lost in Translation tetapi kalah dari Sean Penn. 

Bill pernah menjelaskan bahwa dirinya tidak tertarik untuk mengkampanyekan atau memenangkan penghargaan tersebut. Menurutnya, ia tidak pernah melakukan itu karena jika Anda sangat menginginkan penghargaan, itu seperti virus yang kemudian menjadi penyakit. 

"Enam bulan setelah mendapat nominasi, saya menyadari bahwa saya telah terkena virus dan terinfeksi. Orang-orang mendapat pukulan balik pasca Oscar dan mulai berpikir, saya tidak dapat bermain dalam film, kecuali film itu layak Oscar. Sepertinya orang mengalami kesulitan membuat pilihan yang tepat setelah itu,” jelas Murray.

 
Berita Terpopuler