Menelaah kembali Problematika Generasi Penerus Bangsa

Menelaah kembali Problematika Generasi Penerus Bangsa

Menelaah kembali Problematika Generasi Penerus Bangsa
Rep: Rival Laosa Red: Retizen

Kualitas sebuah bangsa terletak pada generasi penerusnya di masa depan.

Pendidikan adalah dasar dari kokohnya suatu bangsa dimasa depan, alangkah baiknya jika Pendidikan di suatu negara berkuliatas. Untuk pernyataan yang tepat adalahApakah negara kita negara kesatuan republik Indonesia yang punya dasar ideologiPancasila dan Undang undang Dasar 1945 sudah terlaksana dengan baik atas Silake lima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan juga Sesuaidengan salah satu tujuan negara Indonesia untuk Mencerdaskan kehidupan yangtertera di Pembukaan UUD 1945 Alinea ke-4?

Sebelumkita menyatakan telah terlaksananya dua unsur bangsa ini kita perlu menelaah kembalipermasalahan yang ada untuk penerus bangsa di masa depan nanti, penerus bangsaberarti merupakan generasi muda yang sedang menjalani proses perkembangan danpembelajaran dalam kehidupannya.

Ya generasi milenial tidak terlepas dari hal ini yang dimana situasi sekarangmasih penuh dengan problematika maka dengan coba kita melihat kasus belum lamaini tentang polemik kamus sejarah Indonesia yang dimana Tokoh sejarah tidakdimasukan dan Jelas ini berpengaruh kedepannya untuk generasi penerus jikadibiarkan yang dimana mereka generasi di masa depan tidak mengetahui Sejarahyang besar dalam perkembangan bangsa ini.

Terlepas dari hal itu kita juga masih banyak mendapati permasalahan dilingkup Pendidikansemisalnya biaya yang mahal, fasilitas yang kurang memadai, guru yang tidakterlatih, kurangnya bahan belajar dan jelas kurangnya perhatian pemerintah soalPendidikan, semua ini bukan hanya sekedar opini tanpa realita tapi ini sudahterbukti dengan masalahpendidikanyang makin rumitseperti yang disebutkan tadi dan juga Kualitas siswa yang masih rendah, danbahkan aturan UUpendidikankacau.

Denganprobematika ini mari kita telaah satu persatu dari biaya yang mahal padahalkeadilan sosial dan mencerdaskan anak bangsa adalah suatu hal yang sudahditetapkan oleh Pancasila dan UUD 1945, hal ini semakin menjadi jadi denganbanyaknya sekolah-sekolah yang memasang harga mahal untuk biaya masuk kesekolah tersebut, sedangkan Kualitas siswa bukan dilihat dari sanggupnyamembiayai sekolahnya dan banyak kita lihat anak anak yang berprestasi berhentisekolah karena masalah biaya.

Selepasdari biaya yang mahal kita masih saja mendapatkan masalah yaitu denganfasilitas yang memadai, hal ini juga yang harus menjadi perhatian pemerintahkarena masih ada saja sekolah sekolah yang fasilitasnya sudah tidak layakataupun belum terpenuhi. Bisa kita lihat sekolah sekolah yang ada diluar ibukotaserta diluar jangkauan perkotaan yang dimana masih banyak sekolah sekolah yangmempunyai masalah dengan fasilitas, jika kita mengalihkan pandangan kita darihal ini maka jelas akan berpengaruh dengan kualitas negara ini dimasa depan.

Biayadan Fasilitas bukan hanya masalah yang ada dinegara ini dalam lingkupPendidikan karena masalah dua ini hanyalah Sebagian dari banyaknya problem yangada. Selepas dari itu kita bisa melihat permasalahan dengan adanya guru yangkurang terlatih, jika guru atau seorang pengajar melakukan aktifitaspembelajaran maka guru itu harus terlatih tapi bayangkan jika yang menjadi pengajar anak anak penerus bangsa ini tidak terlatih maka akan seperti apapenerus bangsa ini dimasa depan nanti?

Ya ini menjadi tugas penting pemerintahuntuk memaksimalkan kualitas pengajar dinegeri ini dan juga jadi tugas kitasebagai warga Negara Indonesia agar melakukan yang terbaik untuk negara inikhususnya untuk penerus bangsa dimasa depan.

Problematika yang dijelaskan diatas bukan sekedar masalah dan tupoksi sebagian orang tapiini juga tanggunng jawab kita semua untuk mari kita sadarkan hal ini kepadasemua orang dinegara ini, selepas dari tugas kita bersama ini juga menjaditugas dan tanggung jawab pemerintah dalam menanggapi dan menyelesaikanpermasalahan ini agar tidak berpengaruh buruk untuk kualitas penerus bangsananti.

Sekarangkita melihat dari sudut pandang pemerintah yang seakan terlihat belum meratakanpenyelesaian ini ke seluruh bagian negeri ini sampai ke pelosok negeri palingujung, problematika ini terdapat juga unsur yang dimana bahan pembelajaranmasih kurang dan juga tidak merata efektifitasnya, sekolah yang berkualitashanya menerima anak anak yang berkualitas dalam segi materi dan teori.

Pertanyaanyang tepat sekarang kenapa hanya anak anak yang sudah berkualitas baru bisamasuk ke sekolah yang bagus? Padahal masih banyak anak anak yang perlu kitacerdaskan dibangsa ini melalui sekolah sekolah yang memadai dan juga fasilitasyang mumpuni. Apa ini suatu sistem yang kapitalis dimana yang berada saja yangbisa berkembang? Artiannya apakah yang pintar makin pintar dan yang bodoh makinbodoh.

Pernyataandan pertanyaan ini yang harus kita tuntaskan agar problematika yang ada initidak mengganggu perkembangan penerus bangsa, masalah ini harus dipahami apapenyebabnya dan akibatnya dimasa yang akan datang dan harus diselesaikansecepatnya karena saat ini kita berlomba dengan perkembangan zaman yang penuhdengan teknologi, dimana zaman yang akan datang pasti akan lebih berat untukdihadapi oleh penerus bangsa saat ini yang kualitas masih belum terjamin secaramerata.

Dengan pekembangan zaman ini selaindengan problematika yang ada sejak dahulu ada juga masalah yang baru dimanaetika anak muda yang sebenarnya masih dalam semangat pejuang tapi sekarang sudahlentur bagaikan pinggang penari. Hal-hal ini bukan masalah sepele untuk negeriini maka dari itu kita perlu menelaah kembali semua masalah ini agar kita taudan sadar bahwa generasi penerus bangsa ini sangat berpengaruh dimasa depan nanti, dan jelas setiap bangsa pasti menginginkan penerus bangsa yang berkualitas.

Maka dari itu marilah kita bersama sama menyelesaikan masalah ini terutama soal Pendidikan dinegeri ini dan kita juga pelu mencari sertamelaksanakan semua tanggung jawab kita sebagai warga negara republik Indonesiauntuk masa depan nanti agar sesuai dengan Pancasila serta Undang-undang Dasar1945.

RivalLaosa

MahasiswaIlmu politik FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kader IMM FISIP UMJ

 
Berita Terpopuler