Banyak Cara Mencari Pahala

Dalam beberapa hadis juga, Rasulullah mengungkapkan cara bersedekah.

pixnio
Kisah Nabi Muhammad dan Sedekah Satu Butir Gandum (ilustrasi)
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa orang tengah mengadu kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam. Mereka mengeluhkan betapa sulitnya memperoleh pahala dari Allah SWT karena kemiskinan mereka.

Baca Juga

"Ya Rasulullah, orang-orang kaya telah memborong semua pahala. Mereka sholat sebagaimana kami, dan puasa sebagaimana kami, di samping itu mereka masih dapat bersedekah dengan kelebihan harta kekayaan mereka,"kata mereka.

Nabi menjawab, "Tidak, Allah telah memberikan kepadamu kesempatan untuk bersedekah. Sesungguhnya setiap bacaan itu sedekah, tiap takbir itu sedekah, tiap tahmid itu sedekah, tiap tahlil sedekah, menganjurkan kebaikan itu sedekah, dan mencengah mungkar itu sedekah, bahkan dalam bersetubuh itu juga terdapat sedekah,"

Kemudian mereka bertanya, "Ya Rasulullah, apakah seseorang yang memuaskan syahwat hawa nafsunya mendapatkan pahala."

Rasulullah balik bertanya,"Bagaimana pendapatmu, andaikan ia pergunakan pada yang haram, apakah mendapat siksa (dosa)?maka demikian sebaliknya, jika diletakan pada hal yang halal tentulah mendapat pahala."

 

Dalam beberapa hadis juga, Rasulullah mengungkapkan cara bersedekah. Dari Abu Musa dari Nabi SAW, beliau bersabda,” Wajib bagi setiap Muslim untuk bersedekah.” Para sahabat bertanya: ‘Wahai Nabi Allah, bagaimana jika ia tidak mendapatkan untuk bersedekah? Beliau menjawab: ‘Berusaha dengan tangannya, sehingga bermanfaat untuk dirinya dan bersedekah. ‘Mereka bertanya: Bagaimana jika ia tidak bisa melakukannya?’ Beliau bersabda: ‘Menolong orang yang sangat memerlukan bantuan. ‘ Mereka bertanya: Bangamana jika ia tidak bisa melakukannya? Beliau bersabda: Menyuruh untuk melakukan kebaikan dan menahan diri dari kejahatan, maka hal itu adalah sedekah baginya. (HR Al Bukhari, Muslim dan Ahmad). 

Dari Abu Hurairah Ra, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah seorang hamba memasuki waktu pagi pada setiap harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satunya memohon, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya.’ Dan satu lagi memohon: ‘Ya Allah, musnahkanlah harta si bakhil.” (HR Al Bukhari dan Muslim). 

Sumber: Buku Pahala itu Mudah

 
Berita Terpopuler