Anggota Parlemen Jerman Mundur Usai Menang Tender Masker

Kesepakatan tender masker anggota parlemen menuai kritik di tahun politik Jerman

chaldean.org
Bendera Jerman. Seorang anggota parlemen Jerman Nikolas Loebel menyerahkan kursinya dan meninggalkan politik setelah perusahaannya mendapatkan keuntungan dari kesepakatan untuk mendapatkan masker, pada saat awal pandemi Covid-19 menyerang Jerman.
Rep: Rizky Jaramaya Red: Nur Aini

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Seorang anggota parlemen Jerman Nikolas Loebel menyerahkan kursinya dan meninggalkan politik setelah perusahaannya mendapatkan keuntungan dari kesepakatan untuk mendapatkan masker, pada saat awal pandemi Covid-19 menyerang Jerman. Hal itu menuai kritik dan kecaman di tahun politik, menjelang pemilihan umum Jerman. 

Baca Juga

Loebel adalah anggota Persatuan Demokrat Kristen (CDU) yang dipimpin oleh Kanselir Angela Merkel. Perusahaan yang dikelola oleh Loebel memperoleh komisi sebesar 250 ribu euro dari kontrak perantara untuk membeli masker. Loebel mengakui bahwa dia telah melakukan kesalahan dan menyerahkan kursinya sebagai anggota komite urusan luar negeri parlemen Jerman. 

Negara bagian asal Loebel, Baden-Wuerttemberg akan memilih legislatif regional baru pada 14 Maret. Sementara, pemilihan umum nasional untuk memilih parlemen baru dan memilih pengganti Merkel akan digelar pada 26 September mendatang. 

Loebel mengatakan, dia akan segera meninggalkan kursi parlemen pada akhir Agustus. Dia meminta maaf atas kejadian tersebut, dan memilih untuk mundur dari pemilihan umum pada tahun ini. 

"Saya bertanggung jawab atas tindakan saya," ujar Loebel. 

 

Kasus Loebel bukanlah yang pertama kali mengguncang blok kanan-tengah. Sebelumnya seorang anggota parlemen terkemuka di Christian Social Union, yang merupakan mitra CDU, George Nusslein menghadapi investigasi korupsi oleh jaksa penuntut Munich sehubungan dengan kesepakatan pengadaan masker. Nusslein menyangkal telah melakukan kesalahan. 

Pengacara Nusslein mengatakan, kliennya tidak akan kembali mencalonkan diri pada September. Dia melepaskan posisinya sebagai wakil pemimpin kelompok Christian Social Union di parlemen. 

 
Berita Terpopuler