Tidur Siang Terlalu Lama tak Baik untuk Kesehatan

Tidur siang selama lebih dari satu jam sehari berisiko terhadap kesehatan.

Needpix
Tidur siang selama lebih dari satu jam sehari berisiko terhadap kesehatan.
Rep: Desy Susilawati Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada yang bisa mengalahkan istirahat tidur siang yang panjang. Sayangnya, terlalu lama tidur siang ternyata mengakibatkan konsekuensi kesehatan yang serius.

Baca Juga

Dalam penelitian yang dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology (ESC) tahun lalu, tim akademisi dari Universitas Kedokteran Guangzhou menetapkan bahwa tidur siang selama lebih dari satu jam sehari meningkatkan risiko seseorang untuk semua penyebab kematian sebesar 30 persen. Kemudian, berisiko terkena penyakit kardiovaskular sebesar 34 persen.

“Tidur siang adalah hal yang umum di seluruh dunia dan umumnya dianggap sebagai kebiasaan yang sehat,” penulis studi Dr. Zhe Pan seperti dilansir dari laman The Ladders, Ahad (28/2).

Pandangan umum yang ada di masyarakat adalah tidur siang meningkatkan kinerja dan melawan konsekuensi negatif dari 'hutang tidur'. Studi mereka menentang pendapat yang dipegang luas ini.

Meta-data baru berasal dari 313.651 partisipan yang secara independen berpartisipasi dalam 20 studi yang dilakukan sebelumnya. Tiga puluh sembilan persen sampel mengatakan mereka secara rutin tidur siang lebih dari satu jam. Secara seimbang, tidur siang setiap hari dapat meningkatkan risiko kematian dini sekitar 19 persen.

Analisis lebih lanjut tampaknya menunjukkan ini bukan tentang frekuensi tidur siang dan lebih banyak tentang apa yang dikatakan frekuensi tentang kesehatan tidur seseorang secara keseluruhan. Tidur siang sebentar di sana-sini tampaknya tidak masalah untuk mengganti tidur yang tidak cukup. 

Tetapi kondisi yang membuat tidur siang yang sehat jauh lebih spesifik daripada yang membuatnya berisiko. Karena itu, mekanisme di balik hubungan tidur siang dengan kematian dini semuanya korelatif. Selain itu, penulis mengakui sebagian besar masih belum diketahui.

 

Bisa jadi orang yang suka tidur siang lebih cenderung mengalami kondisi seperti tekanan darah tinggi. Secara rutin tidur siang terkena dampak yang lebih parah oleh efek kesehatan negatif syang disebutkan di atas.

Wanita dan peserta yang lebih tua membuktikan risiko tertinggi sehubungan dengan tidur siang. Wanita yang tidur siang menunjukkan risiko kematian 22 persen lebih tinggi. Sementara peserta yang lebih tua mengambil risiko 17 persen lebih tinggi, dibandingkan dengan peserta lain yang tidak rutin tidur siang.

“Hasilnya menunjukkan tidur siang yang lebih pendek (terutama yang kurang dari 30 hingga 45 menit) dapat meningkatkan kesehatan jantung pada orang yang kurang tidur di malam hari,” Zhe Pan menyimpulkan.

“Jika Anda ingin tidur siang, penelitian kami menunjukkan bahwa paling aman adalah kurang dari satu jam. Bagi kita yang tidak terbiasa tidur siang, tidak ada bukti yang meyakinkan untuk memulai," tambahnya.

 
Berita Terpopuler