Jumlah Muslim di Negara Afrika Tumbuh Pesat, Ini Rinciannya

Jumlah umat Islam di negara-negara Afrika berkembang pesat

EPA/MIKE NELSON
Jumlah umat Islam di negara-negara Afrika berkembang pesat . Ilustrasi Muslim Afrika
Rep: Fuji E Permana Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Afrika merupakan salah satu wilayah Islamisasi sejak Rasulullah Muhammad SAW berdakwah. Selama berabad-abad hingga kini, populasi umat Islam di benua tersebut terus meningkat.  

Baca Juga

Menurut Laporan Kebebasan Beragama Internasional tahun 2013, jumlah atau persentase Muslim di negara-negara Afrika adalah sebagai berikut, sebagaimana dilansir dari laman Muslim in Africa pada Ahad (14/2):  

Aljazair, populasi Muslim lebih dari 99 persen dari keseluruhan populasi. Di negara Angola ini diperkirakan populasi Muslim mencapai 80 ribu hingga 90 ribu orang. Benin, jumlah Muslim mencapai 24 persen dari keseluruhan populasi di negara tersebut menurut sensus 2002. 

Botswana, menurut studi 2011 oleh Pew Research Center, ada sekitar 8.000 Muslim. Banyak di antaranya berasal dari Asia Selatan. Burkina Faso, jumlah Muslim sekitar 61 persen dari keseluruhan populasi. 

Burundi, umat Muslim diperkirakan jumlah Muslim antara 2 persen hingga 5 persen dari keseluruhan populasi. Kamerun, jumlah Muslim sekitar 21 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus 2005. 

Tanjung Verde, jumlah Muslim sekitar 2 persen dari keseluruhan populasi menurut Institut Statistik Nasional negara itu. Republik Afrika Tengah, jumlah Muslim sekitar 10 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus 2003.

Chad, jumlah Muslim sekitar 58 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus 2009. Komoro, lebih dari 99 persen penduduknya beragama Islam dari keseluruhan populasi. 

Pantai Gading, sekitar 35 persen hingga 40 persen penduduknya Muslim dari keseluruhan populasi. Republik Demokratik Kongo, jumlah Muslim hanya 5 persen dari keseluruhan populasi. 

Djibouti, jumlah Muslim mencapai 94 persen dari keseluruhan populasi. Mesir, sekitar 90 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim Sunni. Sementara Muslim Syiah berjumlah kurang dari 1 persen dari keseluruhan populasi.

Guinea Ekuatorial, jumlah Muslim kurang dari 1 persen dari keseluruhan populasi. Eritrea, jumlah Muslim sekitar 50 persen dari keseluruhan populasi menurut pemerintah Eritrea dan 36 persen dari keseluruhan populasi menurut perkiraan Pew Charitable Trust pada 2010.

Ethiopia, jumlah Muslim sekitar 34 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus 2007. Gabon, jumlah Muslim sekitar 5 persen sampai 10 persen dari keseluruhan populasi.

Gambia, lebih dari 90 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. Ghana, hanya 18 persen dari keseluruhan populasi. Guinea, sekitar 85 persen dari keseluruhan populasi. Guinea-Bissau, jumlah Muslim sekitar 40 persen dari keseluruhan populasi. 

Kenya, jumlah Muslim sekitar 10 persen dari keseluruhan populasi. Lesotho, diperkirakan ada 4.000 keluarga Muslim menurut Laporan Kebebasan Beragama Internasional 2011. Menurut Laporan Kebebasan Beragama Internasional tahun 2013, jumlah Muslim menurun karena migrasi ke Afrika Selatan. 

Liberia, jumlah Muslim sekitar 12,2 persen... 

 

Liberia, jumlah Muslim sekitar 12,2 persen dari keseluruhan populasi menurut Sensus Penduduk dan Perumahan Nasional 2008. Laporan dan survei tidak resmi memperkirakan jumlah Muslim antara 10 persen sampai 20 persen dari populasi.

Libya, jumlah Muslim mencapai 97 persen dari keseluruhan populasi. Madagaskar, jumlah Muslim sekitar 10 persen sampai 15 persen dari keseluruhan populasi. Malawi, jumlah Muslim sekitar 13 persen dari keseluruhan populasi.

Mali, jumlah Muslim mencapai 95 persen dari keseluruhan populasi. Mauritania, hampir seluruh penduduk menjalankan ajaran Islam. Mauritius, jumlah Muslim sekitar 17 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus tahun 2000.

Maroko, lebih dari 99 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. Mozambik, sekitar 18 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim menurut sensus Institut Statistik Nasional 2007.

Namibia, komunitas kecil beragama Islam tapi jumlah atau persentase tidak disebutkan. Niger, lebih dari 98 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. 

Nigeria, diperkirakan Muslim mencapai 50 persen dari keseluruhan populasi. Republik Kongo, jumlah Muslim hanya sekitar 2 persen dari keseluruhan populasi. 

Rwanda, sekitar 4,6 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus 2002. Sao Tome dan Principe, jumlah Muslim kurang dari 2 persen dari keseluruhan populasi.

Senegal, sekitar 94 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. Seychelles, jumlah Muslim sedikit sehingga tidak disebutkan jumlah atau persentase. Tapi menurut CIA Factbook 2012 jumlahnya 1,1 persen.

Sierra Leone, diperkirakan 77 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. Somalia, sebagian besar penduduknya adalah Muslim Sunni tapi tidak disebutkan jumlah atau persentase. 

Afrika Selatan, jumlah Muslim diakumulasi dengan Hindu, Yahudi, Budha, dan penganut kepercayaan tradisional Afrika bersama-sama merupakan kurang dari 5 persen dari keseluruhan populasi (tidak disebutkan jumlah atau persentase). Persisnya 1,5 persen dari keseluruhan populasi menurut CIA Factbook 2012.

Sudan Selatan, studi dari 1980-an...

 

Sudan Selatan, studi dari 1980-an dan awal 2000-an memperkirakan Muslim merupakan antara 18 dan 35 persen populasi, tetapi jumlah Muslim mungkin menurun melalui migrasi ke Sudan setelah kemerdekaan Sudan Selatan pada 2011. 

Sudan, sekitar 97 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim, menurut Kementerian Kebudayaan dan Informasi (MCI). Swaziland, hanya ada sekitar 2 persen Muslim dari keseluruhan populasi.

Tanzania, diperkirakan sekitar 35 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim, menurut survei Pew Forum yang dilakukan pada tahun 2010, sedangkan menurut laporan lain jumlah Muslim sekitar 50 persen dari keseluruhan populasi. 

Togo, diperkirakan 14 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim, menurut penelitian yang dilakukan pada 2004 oleh Unit Penelitian Demografi Universitas Lome. 

Tunisia, sekitar 99 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. Uganda, sekitar 12 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim menurut angka pemerintah.  

Zambia, kurang dari 1 persen penduduk adalah Muslim dari keseluruhan populasi menurut sensus tahun 2000. Ada sekitar 140 ribu Muslim. Komunitas Muslim terutama terkonsentrasi di Lusaka dan di provinsi Timur dan Copperbelt. Banyak dari mereka adalah imigran dari Asia Selatan, Somalia, dan Timur Tengah yang telah memperoleh kewarganegaraan Zambia. 

Imigrasi Somalia telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Komunitas Somalia diperkirakan berjumlah sekitar 20 ribu, dengan mayoritas tinggal di Ndola dan Lusaka. Sebagian kecil penduduk asli juga Muslim. Zimbabwe, jumlah Muslim sekitar 3 persen dari keseluruhan populasi.  

 

 

 
Berita Terpopuler