Jaya Suprana: Jangan Rasis dan Sebut Manusia Sebagai Satwa

Jangan lagi ada sebutan satwa pada sesama manusia.

ANTARA FOTO
Massa yang tergabung dalam Mahasiswa Papua Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme dan Militerisme membentangkan poster saat menggelar unjuk rasa di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/8/2019). Dalam aksi tersebut mereka mengutuk pelaku pengepungan asrama kamasan Papua di Surabaya serta mendesak untuk menangkap dan mengadili aktor intelektual dibalik peristiwa tersebut. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pd.Massa yang tergabung dalam Mahasiswa Papua Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme dan Militerisme membentangkan poster saat menggelar unjuk rasa di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/8/2019). Dalam aksi tersebut mereka mengutuk pelaku pengepungan asrama kamasan Papua di Surabaya serta mendesak untuk menangkap dan mengadili aktor intelektual dibalik peristiwa tersebut. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pd. *** Local Caption ***
Red: Muhammad Subarkah

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, OLEH JAYA SUPRANA, Filsuf, Budayawan, Penggagas Rekor MURI.

Sebutan “Cina” sempat diprotes sebab dianggap menghina para warga Indonesia etnis tertentu. Demi menghapus rasialisme dari bumi Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani surat keputusan resmi melarang sebutan Cina untuk diganti menjadi Tionghoa.

Bahkan, istilah nonpribumi juga dinongratakan sebagai rasialisme.

Kasus sosio-budaya-politik keberatan atas sebutan Cina membuktikan bahwa pada hakikatnya tidak ada pihak yang membenarkan hinaan dengan sebutan beraroma rasialisme.

Sungguh memprihatinkan bahwa setelah istilah Cina dilarang, mendadak muncul sebuah kreasi sebutan beraroma rasialisme baru, kadrun, sebagai akronim nama satwa jenis tertentu, yaitu kadal gurun. 

Diskriminatif

Pada hakikatnya istilah kadrun inkonstitusional sebab melanggar undang-undang antidiskriminasi ras. Saya pribadi, sebagai sahabat Presiden Jokowi sejak beliau masih wali kota Solo, merasa kurang sreg terhadap sebutan kadrun, apalagi dikaitkan dengan keberpihakan kubu politik yang bahkan kemudian mengerucut ke siapa saja yang tidak setuju kebijakan pemerintah.

Mereka yang tega menghina sesama manusia warga Indonesia dengan sebutan satwa pada hakikatnya tidak lebih beradab ketimbang satwa yang tidak pernah melecehkan sesama satwa dengan sebutan manusia.

Maka, saya merasa kurang sreg terhadap sebutan satwa terhadap manusia yang dihinakan kepada sesama warga Indonesia yang tidak propemerintah dan/atau diarahkan ke etnis tertentu. Meski wajar apabila pengguna sebutan kadrun menyatakan bahwa dirinya sama sekali tidak berniat menghina warga etnis tertentu. 

 

 

Harapan

Namun, fakta sejarah telah nyata membuktikan bahwa disebut Cina yang bukan sebutan satwa saja sudah banyak warga yang keberatan akibat merasa terhina.

Tidak sulit membayangkan bahwa pasti banyak merasa terhina apabila disebut dengan sebutan satwa seperti kadrun.

 

Meski anjing merupakan satwa teladan kesetiaan, sebaiknya jangan hina sesama manusia dengan sebutan anjing, apalagi masih ditambah predikat geladak.

Maka, meski kadal gurun merupakan satwa paling mampu bertahan hidup di lingkungan paling tidak kondusif, sebaiknya jangan hina sesama warga Indonesia dengan sebutan kadrun.

Apalagi, sebutan beraroma kebencian dikaitkan dengan perbedaan paham politik di alam demokrasi mau pun diskriminasi latar belakang suku, ras, dan agama.

Dapat diyakini bahwa menggunakan sebutan satwa bagi sesama warga Indonesia alih-alih mempersatukan bangsa sesuai sila Persatuan Indonesia malah potensial memecah-belah bangsa sesuai politik divide et empera seperti kehendak bangsa penjajah demi lebih mudah menguasai bangsa yang dijajah.

Marilah kita bersatu padu demi maju tak gentar berjuang menghentikan angkara murka memecah-belah bangsa sendiri dengan menggunakan sebutan satwa terhadap sesama warga Indonesia.

 
Berita Terpopuler