Diselidiki, Penyusupan ke Pangkalan Udara Air Force One

Seseorang yang tidak memiliki izin mengakses Joint Base Andrews.

Wikipedia
Air Force One. Ilustrasi
Rep: Lintar Satria Red: Agus Yulianto

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menyelidiki penyusupan ke Pangkalan Udara Joint Base Andrews. Fasilitas militer di Prince George's County, Negara Bagian Maryland adalah tempat yang digunakan menyimpan pesawat kepresidenan AS, Air Force One.

Baca Juga

"Seseorang yang tidak memiliki izin mengakses Joint Base Andrews, insiden ini sedang diselidiki," kata juru bicara Joint Base Andrews pada ABC News, Jumat (5/2).

"Kantor Penyidik Khusus Air Force (OSI) memimpin penyelidikan ini, setiap permintaan informasi yang berkaitan dengan insiden itu dapat merujuk ke OSI," tambahnya.

OSI belum menanggapi permintaan komentar atau memberikan lebih jauh mengenai insiden tersebut. Belum diketahui kapan tepatnya penyusupan itu terjadi atau apakah individu yang menyusup berhasil mencapai landasan pacu.

 

Joint Base Andrews terletak sekitar 14 mil dari Washington D.C. Berdasarkan jadwal yang dirilis Gedung Putih, Presiden AS Joe Biden memiliki rencana lepas landas dari  Joint Base Andrews untuk terbang ke Wilmington, Delaware.

"Secara teknis, Air Force One merujuk pada setiap pesawat Angkatan Udara yang digunakan untuk membawa Presiden, tapi kini praktik standarnya istilah itu digunakan untuk pesawat yang dilengkapi peralatan tertentu untuk membawa Komandan Tertinggi," kata Gedung Putih dalam situsnya.

 

"Hari ini istilah tersebut digunakan untuk merujuk salah satu dari dua pesawat Boeing 747-200B yang telah dimodifikasi, yang memiliki kode urut 28000 dan 29000, istilah Angkatan Udara untuk pesawat itu adalah VC-25A," tambah Gedung Putih.

 
Berita Terpopuler