Ansu Fati Diragukan Bisa Tampil pada Laga Kontra PSG

Pemulihan cedera Ansu Fati berjalan lambat.

EPA-EFE/Alejandro Garcia
Ansu Fati
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Winger Barcelona, Ansu Fati, kemungkinan besar belum bisa memperkuat Blaugrana kala menjamu Paris Saint Germain (PSG) pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Selasa (16/2) waktu setempat. Proses pemulihan cedera lutut kiri winger berusia 18 tahun itu diketahui berjalan lambat dan tidak menunjukan peningkatan secara signifikan dalam tiga bulan terakhir. Bahkan, kemungkinan terburuk, Fati harus kembali masuk ke ruang operasi untuk bisa mencari penyebab lambatnya proses pemulihan cedera tersebut. 

Baca Juga

Sebelumnya, Fati mengalami cedera pada lutut kirinya saat tampil di laga kontra Real Betis, awal November silam. Setelah menjalani operasi lutut, jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, itu mulai memasuki tahap pemulihan. 

Barcelona, lewat pernyataan di laman resmi klub, sempat memprediksi, Fati bakal absen di tim utama Barca selama empat bulan. Alhasil, Fati digadang-gadang sudah bisa merumput saat Blaugrana menghadapi PSG, pertengahan bulan ini. 

Namun, proses pemulihan cedera Fati ternyata berjalan sangat lambat. Biasanya, luka bedah biasanya bakal pulih beberapa pekan setelah operasi. Setelah itu, Fati secara perlahan mulai meningkatkan intensitas latihan, sebelum akhirnya bisa kembali berlatih bersama rekan-rekan setimnya. 

"Namun, saat Fati mulai meningkatkan intensitas latihan, lutut kirinya tidak berhenti mengalami pembengkakan. Alhasil, Fati harus kembali menurunkan intensitas latihan. Situasi ini akhirnya memperlambat proses pemulihan cedera Fati secara keseluruhan. Apalagi untuk mengembalikan kondisi kebugaran Fati seperti sebelum diterjang cedera lutut," tulis laporan Diario AS, Selasa (2/2). 

Saat ini, tim medis Barcelona...

.

Saat ini, tim medis Barcelona dan Ramon Cugat, dokter yang memimpin operasi terhadap lutut Fati, tengah melakukan evaluasi terkait situasi tersebut. Cugat bahkan dikabarkan datang ke kompleks latihan Barcelona tiap seminggu sekali untuk berkonsultasi dan memeriksa langsung perkembangan kondisi lutut Fati.

"Hingga saat ini, Cugat, tim dokter Barcelona, dan Fati tidak bisa memberikan tanggal pasti kapan winger timnas Spanyol itu bisa kembali merumput. Bahkan, bukan tidak mungkin, Fati bisa kembali menjalani operasi untuk menemukan penyebab dan solusi dari kurangnya respon dalam proses pemulihan cedera lutut Fati tersebut," lanjut laporan AS

Barcelona pun sepertinya tidak mau memaksakan Fati untuk bisa cepat pulih dari cedera lutut ini. Saat ini, prioritas utama klub asal Katalan tersebut adalah menunggu Fati untuk bisa pulih sepenuhnya dari cedera tersebut. Apalagi, Fati baru menginjak usia 18 tahun. Barca tentu tidak mau mengambil risiko kehilangan salah satu pemain muda terbaiknya, yang telah mencetak 13 gol dan lima assist dari 43 penampilan di semua ajang sejak dipromosikan ke tim utama Barca pada musim lalu. 

 
Berita Terpopuler