Arteta Sambut Kembali Kebangkitan Xhaka

Granit Xhaka menunjukan peningkatan performa

EPA-EFE/Rui Vieira
Granit Xhaka dari Arsenal
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Granit Xhaka menunjukan peningkatan performa, setidaknya dalam enam laga terakhir The Gunners di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Terakhir, gelandang bertahan asal Swiss itu berhasil menyumbang satu assist saat Arsenal membungkam Southampton, 3-1, pada pekan ke-20 Liga Primer Inggris, Rabu (27/1) dini hari WIB.

Baca Juga

Di laga itu, gelandang berusia 28 tahun tersebut menciptakan dua peluang emas, melepaskan dua operan kunci, 45 sentuhan, dan mencatatkan akurasi operan mencapai 90 persen. Puncaknya, Xhaka melepaskan umpan terobosan kepada Nicolas Pepe, yang akhirnya diselesaikan winger timnas Pantai Gading itu dengan torehan gol pada menit kedelapan.

Ini menjadi penanda teranyar kebangkitan mantan gelandang Basel itu. Kiprah Xhaka di tim asal London Utara itu memang mengalami pasang-surut. Hubungan buruknya dengan fan Arsenal, usai membalas cemoohan supporter The Gunners di laga kontra Crystal Palace, membuat Xhaka kehilangan ban kapten Arsenal.

Pun dengan perilaku buruk Xhaka, kala diusir wasit usai mencekik salah satu pemain Burnley, pertengahan bulan lalu. Ujungnya, tampil dengan 10 pemain sejak menit ke-56, Arsenal dibekap Burnley, 0-1, di laga yang dihelat di Stadion Emirates tersebut. Namun, periode buruk ini sepertinya telah dilewati oleh Xhaka.

Pemain yang didatangkan Arsenal dari Borussia Moenchengladbach pada 2016 itu mulai kembali mendapatkan kepercayaan dari pelatih Arsenal, Mikel Arteta. Xhaka tampil secara penuh, selama 90 menit laga, di enam laga terakhir The Gunners di pentas Liga Primer Inggris.

Selama periode tersebut, Arsenal berhasil menorehkan rekor tidak pernah kalah. Duet Xhaka dengan Thomas Partey menjadi poros ganda di lini tengah The Gunners. Arteta pun mengaku puas dengan performa Xhaka dalam beberapa laga terakhir. Xhaka, dengan segala kemampuan teknik dan kualitas kepemimpinannya, memang diharapkan untuk bisa kembali memberikan dampak dan kontribusi maksimal buat The Gunners.

Xhaka, tutur Arteta, memiliki kemampuan untuk bisa memberikan stabilitas di tim utama The Gunners. Arteta pun menilai, Xhaka telah menemukan kembali performa terbaiknya. Bahkan, Arteta menyebut, Xhaka sebagai pemain yang fenomenal.

''Sejak dia kembali, dia benar-benar fenomenal. Dia telah tampil di performa terbaiknya. Usia dia terbilang masih muda dan kemampuannya masih bisa terus berkembang. Kami sangat senang, dia sudah kembali menemukan performa terbaiknya,'' tutur mantan kapten sekaligus gelandang Arsenal tersebut seperti dilansir Football London, Kamis (28/1).

 
Berita Terpopuler