Austria Jaga Peluang Lolos ke 16 Besar Euro 2024 Usai Bekuk Polandia 3-1

Polandia di ujung tanduk tersingkir dari Piala Eropa 2024 setelah telan dua kekalahan

AP Photo/Sunday Alamba
Penyerang Austria Marco Arnautovic merayakan golnya ke gawang Polandia pada laga Grup D Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Sabtu (22/6/2024) dini hari WIB.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Austria mengamankan kemenangan 3-1 atas Polandia dalam pertandingan Grup D Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Sabtu (22/6/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini memperbaharui harapan finis di posisi dua besar dan satu tempat di babak gugur.
Di sisi lain, nasib Polandia di ujung tanduk. Dengan kemungkinan poin maksimal tiga, sulit untuk bersaing menjadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik yang lolos ke 16 besar. Hanya keajaiban yang bisa membantu Robert Lewandowski dkk.
Bahkan untuk finis kedua atau ketiga Grup D saja Polandia butuh dua kali bantuan Belanda. Pertama, Oranje harus mengalahkan Prancis pada laga yang akan kick-off sebentar lagi, Sabtu pukul 02.00 dini hari WIB. Setelah itu, Polandia wajib menang dengan skor besar atas Prancis sambil berharap Belanda mengalahkan Austria pada pertandingan terakhir Grup D.
Jika skenario ini terwujud, Polandia, Austria, dan Prancis akan finis dengan masing-masing nilai tiga, Ketiga tim akan berhitung head to head untuk menentukan tim yang berhak mendampingi Belanda sebagai runner-up grup. Namun, skenario rumit ini tampaknya sulit terealisasi.
Dalam sebuah awal yang gemilang, Austria melakukan tekanan pada awal pertandingan dan hal tersebut membuahkan hasil pada menit kesembilan melalui sundulan keras Gernot Trauner ke arah tiang dekat.
Polandia menyamakan kedudukan melalui tendangan kedua Krzysztof Piatek di dalam kotak penalti setelah tendangan pertamanya diblok pada menit ke-60.
Sang penyerang Polandia yang telah kembali fit, Robert Lewandowski, masuk ke dalam lapangan di menit ke-60. Namun, justru Austria yang mencetak dua gol lagi, pertama melalui sebuah pergerakan yang mengalir dan penyelesaian Christoph Baumgartner di dalam kotak penalti pada menit ke-66, serta tendangan penalti dari Marco Arnautovic, 12 menit kemudian.

Baca Juga

 
Berita Terpopuler