Erick Thohir Minta Pemain Timnas U-16 tidak Berpuas Diri Selepas Kalahkan Singapura U-16

Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Singapura U-16 3-0 pada Piala AFF U-16.

republika
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir
Rep: Muhammad Noor Alfian Choir Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Timnas Indonesia berhasil mencetak kemenangan dalam laga pembuka Grup A ASEAN U-16 Boys Championship atau Piala AFF U-16. Menghadapi Singapura di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam, tim asuhan Nova Arianto menang 3-0 atas Singapura.

Baca Juga

Menanggapi hasil tersebut, Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta para pemain agar tak berpuas diri lantaran menang pada laga perdana. Sebab, kata dia, target pertama timnas U-16 adalah lolos fase grup Piala AFF U-16 terlebih dahulu.

"Memang tadi menang 3-0 tapi jangan berpuas diri kita targetnya lolos grup Laos juga menang 3-0. Belum lagi di grup lain Thailand, Australia saya belum liat mainnya tapi karena kita pernah juara AFF ya kita fokus juara grup. Baru nanti semifinal seperti apa," kata Erick ketika ditemui di Hotel Alila Solo selepas laga.

Erick menilai Garuda Asia telah menunjukkan progres yang baik. Padahal tim asuhan Nova Arianto tersebut baru dibentuk dua bulan belakangan.

"Tadi saya coba samperin tempat hotel mereka menginap, saya tanya 'Bisa tidur tidak?' Memang usia dini mereka ada hal yang terbebani," kata Erick.

Ia mengatakan, selama 10 sampai 15 menit pertama, timnas U-16 masih mencari bentuk. Sebab, ini pertandingan internasional pertama mereka setelah bersama selama kurang lebih dua bulan. "Kita lihat ada progres fisik mereka sangat bagus," katanya.

Erick juga menilai skil individu skuad asuhan Nova Arianto tersebut baik. Namun, secara kerja sama tim perlu diasah lagi.

"Kalau kita lihat mereka hari ini skill individu ada, tapi kekompakan masih perlu waktu," katanya.

 

Di sisi lain, Nova mengatakan ada beberapa catatan di laga perdana tersebut. Salah satunya adalah banyak peluang yang belum bisa dimanfaatkan Garuda Asia pada laga awal.

"Tadi memang banyak kesempatan yang harusnya bisa menjadi gol, dan itu menjadi catatan kami selama ini, termasuk saat uji coba. Saya pikir, semua pemain sudah tampil secara maksimal," kata Nova.

 
Berita Terpopuler