Perbedaan Messi dan Ronaldo di Mata Oezil

Gelandang serang Arsenal, Mesut Oezil, pun memiliki pendapat soal Messi dan Ronaldo.

EPA-EFE/VALERIANO DI DOMENICO
Pemain Argentina Lionel Messi (Kiri) dan Cristiano Ronaldo dari Portugal, dua dari nominasi untuk penghargaan FIFA Ballon d
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Perdebatan soal siapa pesepakbola terbaik setidaknya dalam dua dekade terakhir kerap berujung pada rivalitas sengit antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Dengan semua catatan rekor dan raihan trofi yang telah dibukukan keduanya, Ronaldo dan Messi telah menorehkan tinta emas di sejarah olahraga si kulit bundar.

Baca Juga

Gelandang serang Arsenal, Mesut Oezil, pun memiliki pendapat tersendiri terkait siapa pemain yang lebih hebat diantara keduanya. Meski tidak menyebutkan secara spesifik soal pemain yang lebih baik antara Messi dan Ronaldo, mantan gelandang serang Real Madrid itu sepertinya lebih condong untuk memilih Ronaldo. 

Penilaian Oezil ini didasarkan pada kiprah Ronaldo, yang telah tampil di tiga negara berbeda, selain di negara asalnya, Portugal. Di tiga negara berbeda itu, Ronaldo pun berhasil mengantarkan semua tim yang dibelanya meraih juara liga domestik.

 

 

Berbeda dari Lionel Messi, yang baru merumput bersama Barcelona di sepanjang karier profesionalnya hingga saat ini, Ronaldo telah memperkuat empat tim berbeda. Mulai dari mengawali karier bersama Sporting Lisbon di Portugal, memperkuat Manchester United di Inggris, membela Real Madrid di Spanyol, hingga kini mengenakan seragam klub raksasa asal Italia, Juventus. 

 ''Messi telah terbukti menjadi salah satu yang terbaik di Spanyol, tapi Ronaldo menjadi pemain terbaik di setiap negara tempat dia merumput,'' tulis Oezil dalam akun miliknya saat menjawab pertanyaan salah satu pengikutnya dalam sesi Q&A di platform media sosial, Twitter, Rabu (13/1).

Oezil dan Ronaldo pernah menjadi rekan satu tim, tepatnya saat sama-sama membela Real Madrid. Sebelum Oezil resmi mengenakan seragam Los Blancos pada 2010, Ronaldo telah lebih dulu bergabung bersama tim asal Ibukota Spanyol tersebut. Namun, kerjasama keduanya berakhir saat manajemen Los Blancos memutuskan melepas Oezil ke Arsenal pada 2013.

 

Gelandang serang asal Jerman itu dilepas ke The Gunners dengan nilai transfer mencapai 42,5 juta poundsterling. Pada saat itu, Madrid dikabarkan membutuhkan dana segar untuk bisa merekrut winger asal Wales. Keputusan Madrid melepas Oezil ke Arsenal itu sempat memicu polemik dan kritik dari para penggawa Los Blancos. Bahkan, seperti dilansir AS, Ronaldo sempat marah dan kecewa dengan keputusan manajemen Madrid melepas Oezil.

''Penjualan Oezil benar-benar menjadi kabar buruk buat saya. Dia adalah pemain yang paling mengerti dan tahu pergerakan saya di depan kotak penalti. Saya marah dengan keputusan klub melepas Oezil,'' kata Ronaldo seperti dilansir AS pada 2013 silam.

Kekecewaan peraih lima gelar Ballon d'Or itu cukup beralasan. Pasalnya, sejak direkrut dari Werder Bremen, Oezil mampu tampil begitu impresif. Gelandang serang yang mengantarkan Jerman meraih titel Piala Dunia 2014 itu bahkan menempati urutan teratas dalam daftar pemberi assist terbanyak La Liga selama tiga musim beruntun, tepatnya dari 2010 hingga 2013.

 
Berita Terpopuler