Rahmat Allah SWT di Dunia 1 Persen, Sisanya untuk Siapa?

Allah SWT memberikan rahmat-Nya untuk segenap makhluk

Republika
Allah SWT memberikan rahmat-Nya untuk segenap makhluk Berdoa (Ilustrasi)
Rep: Ratna Ajeng Tejomukti Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Rasulullah SAW memberikan gambaran cukup jelas. Apabila seluruh rahmat yang Allah berikan di dunia ini kepada makhluk dikumpulkan, mulai dari Nabi Adam hingga kiamat datang maka itu baru satu persen dari keseluruhan rahmat yang Allah miliki. 

Baca Juga

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال رسول الله عليه الصّلاة والسّلام: إن لله مائة رحمة، واحدة بين الجن والإنس والبهائم والهوام، فبها يتعاطفون، وبها يتراحمون، وبها يتعاطف الوحوش على أولادها، وأخَّر تسعاً وتسعين رحمة يرحم بها عباده يوم القيامة

“Sesungguhnya Allah memiliki 100 rahmat. Salah satu di antaranya diturunkannya kepada kaum jin, manusia, hewan, dan tetumbuhan. Dengan rahmat itulah mereka saling berbelas kasih dan menyayangi. Dengannya pula binatang liar mengasihi anaknya. Dan Allah mengakhirkan 99 rahmat untuk Dia curahkan kepada hamba-hamba-Nya pada hari kiamat.”(muttafaq ‘alaih, dalam Shahih Bukhari no 6104 dan Shahih Muslim no 2725, lafal hadits ini dari Abu Hurairah RA)

Sekadar untuk memudahkan manusia menggambarkan nikmat Allah SWT yang tidak terbatas itu, Rasulullah Saw menjelaskan bahwa Allah Swt menciptakan 100 rahmat. Satu persen diberikan Allah kepada seluruh makhluk yang ada di bumi, yang dahulu, yang kini dan yang akan datang. 

عن أَبَي هُرَيْرَةَ، قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏ "‏ جَعَلَ اللَّهُ الرَّحْمَةَ مِائَةَ جُزْءٍ، فَأَمْسَكَ عِنْدَهُ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ جُزْءًا، وَأَنْزَلَ فِي الأَرْضِ جُزْءًا وَاحِدًا، فَمِنْ ذَلِكَ الْجُزْءِ يَتَرَاحَمُ الْخَلْقُ، حَتَّى تَرْفَعَ الْفَرَسُ حَافِرَهَا عَنْ وَلَدِهَا خَشْيَةَ أَنْ تُصِيبَهُ

“Allah telah menciptakan rahmat yang terbagi atas 100 bagian. Di akhirat ada 99 dan Allah menahannya hingga hari akhir.  Sedangkan satu bagian Allah turunkan di dunia. Maka dengan satu bagian di dunia setiap makhluk seluruh alam semesta berkasih sayang saling mencintai. Sehingga seekor kuda pun atas rahmat Allah seketikamengangkat kakinya karena khawatir dirinya menginjak sang anak kuda ketika berada di bawahnya.” (HR Bukhari dari Abu Hurairah RA)  

 

Nabi SAW sengaja memberikan contoh yang sangat ringan dan sederhana. Yaitu bagaimana induk kuda yang dengan rarhmat-Nya mengangkat kaki agar sang anak yang masih kecil tidak terinjak kakinya. Itulah salah satu dari rahmat Allah yang turun di dunia. Kita pun bisa merasakan sendiri berbagai macam rahmat Allah yang selama ini kita terima.     

Rahmat satu persen itu pun sungguh banyak , tidak mungkin terhitung oleh manusia. Dengannya manusia mendapat kasih sayang yang lengkap. Termasuk ibu menyayangi anak anaknya , suami menyayangi istrinya, manusia satu dengan yang lain saling bela dan sayang. 

Demikian pula binatang binatang dan tumbuh tumbuhan serta seluruh makhluk lainnya berkasih sayang hanya dengan satu persen kasih sayang Allah SWT itu. Siapakah yang memperoleh rahmat atau kasih sayang Allah yang 99 persen itu?

 

Mereka adalah orang orang yang dicintai Allah di dunia ini. Yaitu mereka yang mencintai Allah dan hidup dalam cinta dengan Allah dan orang orang yang dicintai Allah SWT.    

 
Berita Terpopuler