China Tes Satu Juta Orang di Klaster Kota Pelabuhan

Kasus Covid-19 di Kota Pelabuhan Dalia bertambah menjadi 12.

EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Rep: Lintar Satria Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pihak berwenang China melakukan tes Covid-19 ke jutaan orang di Kota Pelabuhan Dalian. Pemeriksaan massal ini digelar setelah kota itu melaporkan tujuh kasus baru infeksi virus Corona dalam 24 jam terakhir.

Klaster yang muncul dalam beberapa hari terakhir kini bertambah menjadi 12 kasus. Di kota yang terbagi lima pemukiman itu pihak berwenang menutup sekolah dan ruang-ruang publik.

Pada Jumat (25/12) pemerintah melarang siapa pun selain pekerja esensial untuk meninggalkan kompleks perumahan mereka. Sejak ada laporan dua kasus tanpa gejala, Kamis (24/12) lalu, Pemerintah China meningkatkan kewaspadaan hingga level tertinggi.

Kota Dalian mulai menggelar pemeriksaan di pemukiman tempat tinggal dan tempat kerja. Mereka mendeteksi satu kasus tanpa gejala yang terjadi pada seorang pekerja restoran yang menangani bahan makanan dingin.

Baca Juga

Sementara itu Presiden Brasil Jair Bolsonaro menggunakan pidato Hari Raya Natal untuk menekan kepercayaan terhadap vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan China, Sinovac. "Efisiensi vaksin Sao Paulo tampaknya sangat rendah," kata Bolsonaro tanpa menjabarkan maksudnya.

Pihak berwenang Sao Paulo belum mengeluarkan hasil uji coba vaksin tersebut. Satu pekan setelah mengumumkan uji coba tahap ketiga menunjukkan keefektifan vaksin.

 
Berita Terpopuler