Menelusuri Jejak Islam di Amerika Lewat Masjid

Komunitas Muslim sudah berkembang sejak berabad-abad lalu di benua Amerika.

About Islam
Masjid-masjid telah berdiri di Amerika Serikat sejak 1900-an.
Rep: Meiliza Laveda Red: Esthi Maharani

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Ajaran agama Islam tersebar sampai pelosok dunia. Di Amerika pun, terdapat jejak persebaran agama Islam dari empat masjid tertua. Bahkan ada yang berusia 112 tahun. Ini mencerminkan komunitas Muslim sudah berkembang sejak berabad-abad lalu di benua Amerika.

Berikut empat masjid Amerika bersejarah yang mengungkap kisah Muslim Amerika, dilansir About Islam, Selasa (15/12).

1. Masjid Muslim Brooklyn, New York City
Masjid tertua di Amerika terletak di jalan yang tenang di Washington Heights, Brooklyn, New York City. Masjid ini terdiri dari dua lantai akhir abad ke-19 yang dilapisi bilah kayu putih vertikal. Komunitas masjid didirikan pada 1907 oleh Muslim kulit putih dari negara-negara Baltik di Lituania, Polandia, dan Belarusia. Komunitas etnis Tatar berkumpul untuk membeli bekas gereja pada 1927, sebelum membuatnya terlihat seperti masjid yang mereka tinggalkan di Baltik. Yakni sebuah bangunan kayu kecil dengan menara kecil berornamen di atasnya.

“Masjid ini adalah tempat yang penting bagi Tatar yang bermigrasi ketika mereka datang ke New York,” kata Wakil Presiden Masjid, Alyssa Ratkewitch.

2. Masjid Dakota Utara, Ross
Masjid Dakota Utara terletak di tempat terpencil, tepatnya di sudut barat laut negara bagian itu dekat  dengan perbatasan Kanada. Masjid ini dibangun kembali pada 2005 sebagai monumen bagi komunitas Lebanon dan Suriah asli yang mendirikan sebuah masjid di sini pada 1929. Struktur bangunnya adalah bata persegi sederhana dengan empat menara tiruan tipis dan kubah tembaga sentral kecil. Penampakan masjid sekarang tidak terlihat seperti masjid aslinya, yang dirobohkan pada 1979 lalu.


3. Masjid Ibu, Cedar Rapids, Iowa
Masjid ini dikenal sebagai Masjid Induk Amerika dan sebagai monument Muslim Amerika awal yang bermigrasi dari Suriah Raya. Dibangun pada 1934, masjid ini dikenal sebagai Rose of Fraternity Lodge dan Moslem Temple.

Saat ini, komunitas lokal beribadah di Islamic Center of Cedar Rapids di dekatnya yang dibangun pada 1971 untuk melayani komunitas yang berkembang. Masjid Induk terutama digunakan untuk pendidikan warisan, menampung kunjungan dari sekolah, dan pejabat di seluruh AS.

4. Masjid Muhammad, Washington DC
Masjid Muhammad merupakan masjid pertama yang dibangun di ibu kota oleh keturunan Afrika-Amerika yang diperbudak dan Muslim Afrika dan berasal dari tahun 1930-an. Bangunan ini tadinya sebagai kuil Nation of Islam (NOI). Lalu dibuka pada 1960 melalui dukungan dari penggalang dana utama dan ikon Muslim Global Malcolm X.

Pada 1975, Masjid Muhammad memeluk Islam Sunni yang menjadi arus utama di bawah bimbingan almarhum Imam Warith Deen Mohammed. Dia adalah salah satu putra pemimpin awal NOI Elijah Muhammad yang membuka masjid sebagai Kuil 4.

Imam Mohammed menunjuk seorang imam Sunni dan mengubah nama kuil menjadi Masjid Washington. Dia memindahkan bangku dari aula utama sehingga shalat konvensional dapat dilakukan dan juga mengubah arah sholat ke arah kiblat yang benar.

 
Berita Terpopuler