Top 5 News: Prabowo ke AS, Cai Changpan & Bebek untuk Jokowi

Prabowo datang ke AS dan dijadwalkan bertemu petinggi Pentagon.

Republika/Prayogi
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Red: Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan, Letjen (Purn) Prabowo Subianto, menjadi newsmaker media-media Amerika Serikat, setelah larangan masuk ke Negeri Paman Sam dicabut. Prabowo yang dilarang masuk ke AS sejak lengsernya Suharto kini mendapatkan undangan Menteri Pertahanan AS Mark T Esper.

Kabar Prabowo akan tiba di Washington, dan diharapkan bertemu dengan pejabat tinggi di Pentagon menjadi berita hangat di dalam negeri. Jumlah pembaca berita ini di Republika.co.id pun masuk dalam jajaran terpopuler pada Kamis, 15 Oktober 2020.

Tak hanya Prabowo, kabar tentang pencarian Cai Changpi, narapidana asal China yang melarikan diri dari penjara juga menyita perhatian pembaca. Berikut daftar top 5 news Republika.co.id pada Kamis (15/10).

1. Latihan Kendaraan Amfibi Tewaskan Prajurit, Komandan Dipecat

KALIFORNIA - Korps Marinir Amerika Serikat (AS) memecat komandan unit yang terlibat dalam kecelakaan tragis kendaraan serbu amfibi (AAV) pada Juli lalu. Dalam sebuah pernyataan, Korps Marinir AS mengatakan kecelakaan itu menewaskan delapan marinir dan satu pelaut Angkatan Laut.

Letnan Kolonel Michael Regner yang merupakan komandan dari Batalion Tim Pendaratan Batalyon 1 Marinir keempat dengan Satuan Ekspedisi Marinir ke-15 dibebaskan dari jabatannya pada Selasa (13/10) oleh Letnan Jenderal Karsten Heckl yang memimpin Pasukan Ekspedisi Marinir I.

Dalam sebuah pernyataan, Korps Marinir AS Regner kehilangan kepercayaan dan kemampuan untuk memimpin, sebagai akibat dari kecelakaan kendaraan amfibi yang terjadi di lepas pantai Kalifornia Selatan pada 30 Juli.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Sebulan Perburuan Cai Changpan, Hasilnya?

REPUBLIKA.CO.ID,  Sudah sebulan lamanya narapidana asal China, Cai Changpan kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tangerang sejak 14 September 2020 lalu. Keberadaan terpidana mati kasus narkoba kelas kakap itu seolah memang hanya Tuhan yang tahu, meski ada banyak orang yang bersaksi melihat sosoknya atau sejumlah barang bukti yang diduga miliknya.

Cai terbilang lihai dalam menjalankan misinya melarikan diri. Tak sekedar keahliannya dalam menggali tanah hingga menembus gorong-gorong, bak aktor Tim Robbins berlaga dalam film The Shawshank Redemption. Cai juga dengan lincahnya bisa mengakali polisi dengan pergerakan menghilang yang cepat dan seakan-akan sudah terencana dengan rapi.

Cai Changpan alias Cai Ji Fan - (Tangkapan layar Youtube )

Tak hanya itu, setelah polisi beranggapan ada besar kemungkinan dia di Hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat, Cai juga disinyalir memiliki keahlian bertahan hidup di dalam hutan karena merupakan mantan tentara di China. Lengkap sudah 'kelebihan' Cai.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. KB PII: Ada Kekuatan Baru Meminggirkan Muhammadiyah dan NU

JAKARTA -- Ketua Umum Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII), Nasrullah Larada, menilai dengan melihat perkembangan situasi politik usai diketukpalunya RUU Ciptaker  oleh DPR secara tiba-tiba dan terkesan mendadak ada sesuatu hal aneh terasa. Dan tampaknya kini ada kekuatan baru yang secara nyata mengabaikan atau meminggirkan suara rakyat dan berbagai ormas, terutama ormas terbesar di negeri ini yaitu Muhammadiyah dan NU.

"Kolaborasi supra struktur dalam sistem politik Indonesia yang diwakili legislatif dan eksekutif telah membentuk oligarki politik tersendiri dengan mengabaikan suara dari kalangan infrastruktur. Bahkan tiba tiba muncul polemik ecek-ecek yang memperdebatkan jumlah halaman dalam UU Ciptaker hingga berakibat saling mengklaim dan menuduh “hoaks”’satu sama lain. Tontonan yang menjijikan ini sangat memalukan terlebih dimata dunia internasional,'' kata Nasrullah Larada, di Jakarta, Kamis (15/10).

Menurutnya, menjadi sangat bisa dimaklumi jika diberbagai daerah muncul demo besar-besaran yang menolak hadirnya bayi baru bernama UU Omnibus Law alias Cipta Kerja. Patut disesalkan jika upaya menolak hadirnya UU Ciptaker melalui aksi dan demo, ditanggapi oleh pihak pemerintah dan kepolisian dengan cara cara yang kurang simpatik.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Jokowi Berhentikan Irwandi Yusuf sebagai Gubernur Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Wakil Ketua I DPRA Dalimi mengatakan, Presiden RI Joko Widodo telah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian Irwandi Yusuf dari jabatannya sebagai Gubernur Aceh 2017-2022.

Keppres tersebut sudah diterima pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) untuk kemudian ditindaklanjuti melalui rapat paripurna mengumumkan pemberhentian serta mengangkat Nova Iriansyah menjadi Gubernur Aceh definitif.

Terdakwa Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf -(Antara/Indrianto Eko Suwarso)

"Tanggal 12 Agustus saya sudah melihat surat keputusan itu di ruang Wakil Ketua III DPRA," kata Wakil Ketua I DPRA Dalimi, di Banda Aceh, Kamis (15/10).

Namun, sejak diterimanya surat keputusan Presiden itu, DPRA belum memprosesnya, bahkan agenda paripurna belum dijadwalkan sampai hari ini. Dalimi mengaku tidak mengetahui tindak lanjut dari Keppres tersebut. Padahal, semestinya setelah Keppres diterima harus segera diumumkan dan dibacakan dalam paripurna.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Media AS Soroti Kunjungan Prabowo ke Pentagon

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Selama dua dekade, Letjen (Purn) Prabowo Subianto, adalah seorang paria (kasta terendah dalam masyarakat India) dalam urusan internasional, begitu laporan The New York Times pada Rabu (14/10).

Prabowo, yang pernah menjadi menantu Presiden ke-2 RI Suharto, yang meninggal pada 2008, disalahkan atas kekejaman yang dilakukan oleh pasukan Kopassus yang dipimpinnya. Di bawah Presiden Bill Clinton, George W Bush, dan Barack Obama, Prabowo dilarang mengunjungi Amerika Serikat (AS).

Tapi sekarang, Prabowo adalah menteri pertahanan Indonesia, dan larangan memasuki AS telah dicabut. Atas undangan Menteri Pertahanan AS Mark T Esper, Prabowo dijadwalkan tiba di Washington, dan diharapkan bertemu dengan pejabat tinggi di Pentagon pada Kamis (15/10).

Bagi Prabowo, yang akan berusia 69 tahun pada Sabtu (17/10), dalam perjalanannya ke AS, kunjungan tersebut adalah puncak dari pencariannya selama bertahun-tahun untuk mendapatkan kehormatan. Bagi Washington, Indonesia begitu penting karena merupakan sekutu AS yang berpotensi penting melawan China (dalam kasus Laut China Selatan).

Baca berita selengkapnya di sini.

BONUS 6. 'Nanti Bebek-Bebek Ini akan Dikirim ke Istana'

Aksi unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja (Ciptaker) terus berlanjut dan pada Rabu (14/10), berpusat di kawasan Monas atau Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Uniknya, massa dari Federasi Serikat Pekerja Aneka Indonesia (FSPASI) membawa tiga bebek sebagai simbol penolakan terhadap UU Ciptaker dan satire untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kenapa kami membawa tiga bebek, sebenarnya kami ingin membawa kurang lebih 13 bebek, hanya kondisi yang tidak memungkinkan maka dari tiga tersebut mewakili dari 13 poin yang sedemikian merugikan kaum buruh," kata Koordinator Lapangan FSPASI, Nurdin kepada wartawan, Rabu (14/10).

Dengan simbol bebek itu pihaknya ingin menyindir Presiden Jokowi yang lebih mementingkan meninjau peternakan bebek di Kalimantan Tengah daripada menemui masyarakat yang beramai-ramai datang ke Istana Merdeka. Nurdin heran, mengapa Jokowi jauh-jauh ke Kalimantan Tengah kalau hanya ingin melihat bebek.

"Kami anterin bebek itu. Artinya, dengan bahasa lainnya, maka kata sontoloyo yang diterapkan beliau, jadi sontoloyo itu dalam bahasa jawa artinya adalah orang angon bebek," kata dia.

Baca berita selengkapnya di sini.

 
Berita Terpopuler