Sabtu 04 Nov 2023 17:10 WIB

Persikabo 1973 Akhirnya Raih Kemenangan di Bawah Komando Aji Santoso, Bekuk RANS 2-1

Dua gol kemenangan Persikabo dicetak pada babak kedua.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persikabo 1973 akhirnya memetik kemenangan pertamanya di bawah polesan pelatih Aji Santoso. Persikabo menang comeback 2-1 saat menjamu RANS Nusantara FC di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Sabtu (4/11/2023) petang. Ini sekaligus menjadi kemenangan perdana Persikabo dalam 12 laga terakhir. 

Hasil ini tak membuat Persikabo meninggalkan zona degradasi. Laskar Pajajaran berada di posisi kedua terbawah dengan nilai 14 dari 18 laga. Persikabo terpaut empat poin dari batas akhir zona aman. Sementara RANS tertahan di posisi enam dengan nilai 30.

Baca Juga

Persikabo mendominasi penguasaan bola di paruh pertama. Tuan rumah mengurung RANS di area pertahanan sendiri.

Peluang emas pertama tercipta untuk Persikabo saat Yandi Sofyan yang tanpa penjagaan menyambut umpan silang Lasinari dengan tendangan langsung. Sayang, bola sepakannya hanya membentur tiang gawang, padahal Yandi dalam posisi tak terjaga dan punya sudut tendangan yang baik.

Roni Sugeng gagal memanfaatkan peluang emas pada menit ke-28 saat ia lolos dari jebakan offside dan menerima umpan di tengah kotak penalti. Ia hanya tinggal berhadapan dengan kiper RANS Hilmansyah. Namun penyelesaian akhirnya masih dapat ditepis Hilmansyah dan bola rebound disapu oleh bek RANS sebelum bisa disambar Roni.

RANS justru mencuri keunggulan lebih dulu pada menit ke-33 dari situasi tendangan bebas. Tavinho berhasil menyambut umpan tendangan bebas Kenshiro Daniels dengan tandukannya karena kiper Syahrul membuat blunder. Syahrul keluar dari gawangnya untuk menyambut bola kiriman Kenshiro ke kotak penalti, tapi ia tak dapat menjangkaunya. Bola yang disundul Tavinho dari tiang jauh pun dengan mudah menembus gawang yang kosong.

RANS sebenarnya menambah satu gol lagi pada injury time tapi dianulir oleh wasit yang menganggap ada pelanggaran sebelum bola menggetarkan gawang Persikabo. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Aji memasukkan dua pemain. Yandi dan Sahrul Ramadhan ditarik, digantikan Keven Aleman dan Lucky Oktaviano. Pergantian ini ternyata efektif. Persikabo dengan cepat menyamakan kedudukan. Gol tercipta dari tendangan keras spektakuler jauh dari luar kotak penalti yang dilepaskan oleh Keven Aleman. Skor imbang 1-1 untuk kedua tim pada menit ke-50.

Aleman kembali menunjukkan skillnya saat ia mengancam gawang RANS pada menit ke-66. Ia menerima umpan di sisi kanan serangan dan mencoba menyelesaikannya sendiri dari luar kotak penalti dengan tendangan placing ke tiang jauh. Namun bola masih meleset tipis dari sasaran. 

Peluang emas dimiliki Persikabo melalui pergerakan Dimas Drajad di menit ke-78 saat ia menerima umpan terobosan di kotak penalti. Ia memberikan umpan tarik kepada Pedrinho, tapi tembakannya dapat diblokir di area pertahanan RANS. 

Persikabo akhirnya membalikkan keadaan pada menit ke-81, lagi-lagi melalui pergerakan Dimas dengan skema yang sama. Kali ini Manahati berhasil menyelesaikannya ke gawang. Skor 2-1 untuk Persikabo. 

Tiga menit berselang, Aleman hampir memperlebar kedudukan saat ia menerima umpan dari Dimas. Namun sontekannya ke tiang jauh masih meleset tipis dari sasaran. Keunggulan Persikabo pun bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement