Senin 09 Jan 2023 14:54 WIB

Kampus Digital Bisnis UNM Sukses Gelar Sosialisasi PMMB dan MSIB untuk Mahasiswa

Di program bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja

 Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses kembali gelar Sosialisai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan uraian program di antaranya Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) serta Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses kembali gelar Sosialisai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan uraian program di antaranya Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) serta Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses kembali gelar Sosialisai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan uraian program di antaranya Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) serta Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Kegiatan ini digelar melalui media zoom meeting, pukul 19.30-21.30 WIB pada Jumat (23/12/2022) silam.

Arief Hidayat selaku wakil rektor II bidang non akademik UNM menyampaikan bahwa MSIB merupakan bagian dari program kampus merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan pada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktifitas diluar kelas perkuliahan.

Baca Juga

“Di program bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri atau dunia profesi nyata selama 1 hingga 2 semester. Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hardskill maupun soft skill yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantap untuk memasuki dunia kerja dan kariernya,” ungkapnya dalam rilis yang diterima, Senin (9/1/2023).

Ia pun berpesan pada mahasiswa calon peserta program kampus merdeka agar manfaatkan kegiatan sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya dan dari kegiatan PMMB ini sebelumnya, sudah ada beberapa mahasiswa UNM yang berhasil dan sukses mengikuti program ini.

Sementara itu, Ummu Radiyah selaku Kepala Unit Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) yang juga narasumber menjelaskan program MSIB merupakan sebuah pembelajaran di kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra/industri.

“Hal ini akan bermanfaat bagi mahasiswa peserta MSIB untuk mendapatkan pengalaman dalam mengetahui dunia profesi demi menciptakan tenaga kerja yang profesional,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Muhammad Faisal selaku Kepala Unit Nusa Mandiri Career Center (NCC) menjelaskan tentang PMMB dimana merupakan program yang dapat memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan pada mahasiswa untuk mempersiapkan SDM Indonesia yang unggul.

“Dengan SDM unggul ini diharapkan nantinya mampu menghadapi persaingan global melalui link and match antara industri dan perguruan tinggi serta siap menjawab tantangan yang ada,” jelasnya.

Di sisi lain, hadir pula alumni Kampus Digital Bisnis yang kini bekerja sebagai staff di Lazada Indonesia, Alwi Nur Hafizh. Alwi sapaan akrabnya menceritakan pengalamannya di saat melaksanakan program magang di MSIB. Ia menyampaikan keseruan ikut program magang di PT Lazada Indonesia.

“Banyak ilmu yang bermanfaat dan berkah dari mengikuti program magang di MSIB, hingga saya mendapatkan kesempatan menjadi karyawan Lazada Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, ada Ayu Sundari, alumni UNM yang juga menceritakan pengalamannya magang di PT. Bank Negara Indonesia, Tbk dan akhirnya mendapat kesempatan menjadi karyawan di Bank Negara Indonesia.

“Meskipun magang full time, saya tetap semangat menyelesaikan studi di UNM. Atas kerja keras ini akhirnya berbuah hasil dan berkesempatan menjadi karyawan di PT Bank Negara Indonesia, Tbk hingga sekarang,” ceritanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement