Selasa 13 Dec 2022 23:28 WIB

Menanti Rekor Olivier Giroud Saat Prancis Ladeni Maroko

Giroud sudah mencetak empat gol di Qatar sejauh ini.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
 Olivier Giroud dari Prancis
Foto: EPA-EFE/Tolga Bozoglu
Olivier Giroud dari Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Striker Prancis Olivier Giroud akan keluar untuk memecahkan rekor Piala Dunia saat Les Bleus bertemu Maroko di semifinal Qatar 2022 pada Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. Terlepas dari usianya yang semakin lanjut, penyerang AC Milan ini tetap menjadi pilihan nomor sembilan tak terbantahkan pelatih Didier Deschamps. Sejauh ini, dia telah mencetak empat gol di Qatar.

Giroud mencetak dua gol dalam kemenangan pembukaan Prancis 4-1 atas Australia, yang membuatnya sejajar dengan Thierry Henry di puncak daftar pencetak gol terbanyak timnas Prancis sepanjang masa. Pemain berusia 36 tahun itu kemudian mengungguli seniornya di Arsenal dengan gol ke-52 bersama tim Ayam Jantan melawan Polandia, dan dia keluar sebagai penentu kemenangan Prancis di perempat final atas Inggris.

Baca Juga

Giroud diharapkan menjadi starter di semifinal melawan wakil Afrika Maroko. Les Bleus menargetkan untuk menjadi juara bertahan pertama sejak Brasil pada 1998 yang mencapai final Piala Dunia.

Jika mantan striker Arsenal dan Chelsea itu mencetak gol lagi, dia akan mencetak rekor baru sebagai pemain tertua yang mencetak lima gol dalam satu Piala Dunia. 

Giroud hanya mencetak satu gol dalam 12 penampilan Piala Dunia sebelumnya sebelum Qatar 2022. Ia mencetak gol pertamanya dalam kemenangan 5-2 di fase grup atas Swiss pada 2014.

Penyerang veteran itu gagal mencetak gol dalam salah satu dari tujuh pertandingan Les Bleus selama perjalanan mereka ke final pada 2018, meskipun ia menghasilkan dua assist melawan Peru dan Argentina.

Namun, Giroud harus melanjutkannya hingga Piala Dunia 2030 jika ingin memecahkan rekor pencetak gol tertua di turnamen tersebut, yang saat ini dipegang oleh Roger Milla setelah ia mencetak gol pada usia 42 tahun pada 1994.

Giroud telah membentuk kuartet penyerang yang efektif dengan Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, dan Kylian Mbappe. Nama terakhir telah mencetak lima gol di Qatar.

Oleh karena itu, Prancis juga dapat menyamai prestasi berusia 20 tahun jika Giroud mencetak gol pada Kamis dini hari WIB. Sebab tidak ada tim yang memiliki lebih dari satu pemain yang mencetak setidaknya lima gol dalam satu Piala Dunia sejak Ronaldo dan Rivaldo melakukannya untuk Brasil pada 2002.

Untuk melakukannya, Mbappe dan Giroud harus menembus pertahanan Maroko yang tidak pernah kebobolan oleh pemain lawan di seluruh kompetisi, dengan satu-satunya gol yang dikirimkan oleh tim asuhan Walid Reragui datang melalui gol bunuh diri Nayef Aguerd.

Pasukan Deschamps menghadapi tim Maroko yang telah mengukir sejarah sebagai negara Afrika pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia, sementara Prancis bersaing di empat besar untuk ketujuh kalinya.

Tiga penampilan terakhir Les Bleus di semifinal membuat mereka melaju ke final pada 1998, 2006, dan 2018, tetapi sebelumnya mereka kalah tiga kali berturut-turut pada 1958, 1982, dan 1986.

Prancis menghadapi beberapa masalah kebugaran karena Aurelien Tchouameni dan Dayot Upamecano melewatkan latihan karena cedera betis dan sakit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement