Senin , 05 Dec 2022, 01:01 WIB

Mayoritas Fans Portugal Malah Minta Ronaldo Dicoret dari Starting Line-Up

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Andri Saubani
Cristiano Ronaldo Portugal bereaksi selama pertandingan sepak bola grup H Piala Dunia antara Korea Selatan dan Portugal, di Stadion Education City di Al Rayyan, Qatar, Jumat, 2 Desember 2022.
Foto AP/Francisco Seco

Cristiano Ronaldo Portugal bereaksi selama pertandingan sepak bola grup H Piala Dunia antara Korea Selatan dan Portugal, di Stadion Education City di Al Rayyan, Qatar, Jumat, 2 Desember 2022.

Posisi Ronaldo di timnas Portugal dinilai lebih ideal diberikan kepada Rafael Leao.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Pendukung Timnas Portugal dilaporkan berharap pelatih Fernando Santos tidak menempatkan Cristiano Ronaldo dalam starting line-up Timnas Portugal kala menghadapi Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. Ini berdasarkan hasil polling salah satu media olahraga terkemuka di Portugal, A Bola, Ahad (3/12/2022) waktu setempat.

Polling tersebut digelar secara daring via laman resmi A Bola. Dalam polling tersebut, responden hanya disodori satu pertanyaan, apakah Ronaldo layak tampil sebagai starter di laga kontra Swiss?.

Baca Juga

Hasilnya pun cukup mencengangkan, setidaknya buat Ronaldo. Alih-alih mendapatkan dukungan, pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu justru diharapkan mengawali laga dari bangku cadangan.

''Sebanyak 70 persen pendukung Portugal menginginkan Ronaldo dicoret dari daftar starting line-up Portugal di laga kontra Swiss. Sisanya, 30 persen, berharap sebaliknya,'' tulis laporan A Bola, Ahad (4/12/2022).

Dengan persentase tersebut, setidaknya dari 10 orang pendukung Timnas Portugal, tujuh orang lebih memilih melihat pemain berusia 37 tahun itu tidak lagi menjadi pilihan utama pelatih Fernando Santos atau menghuni tim inti Portugal.

Berbagai alasan melatarbelakangi pilihan tersebut, seperti yang tertera di kolom komentar di laman A Bola. Mulai dari kondisi fisik Ronaldo, yang sudah tidak lagi prima lantaran telah menginjak usia 37 tahun, hingga performa mantan bintang Manchester United itu yang dianggap mulai menurun.

Tidak hanya itu, sejumlah fan Portugal juga menilai, posisi Ronaldo sebaiknya diberikan kepada Rafael Leao, yang justru dianggap mulai menunjukan tren peningkatan performa. Winger AC Milan sempat menyumbang satu gol saat Portugal menekuk Ghana, 3-1, di laga pembuka Grup H.

Di tiga laga babak penyisihan grup H, Ronaldo memang selalu tampil sebagai starter. Namun, mantan bintang Real Madrid dan Juventus itu tidak pernah tampil penuh selama 90 menit.

Bahkan, di laga terakhir, Portugal kontra Korea Selatan, Ronaldo hanya merumput selama 65 menit. Meski masih bisa menyumbang satu gol dari tiga kesempatan merumput di penyisihan Grup H, Ronaldo tidak luput dari kritik.

Pada laga kontra Korea Selatan, Ronaldo sempat gagal memanfaatkan peluang emas pada penghujung babak pertama. Pada laga tersebut, Portugal akhirnya harus mengakui keunggulan Korea Selatan, 1-2.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
cristiano ronaldo cr7 timnas portugal portugal vs swiss piala dunia 2022 piala dunia qatar
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya