Senin , 05 Dec 2022, 00:35 WIB

Kalahkan Polandia 3-1, Prancis ke Perempat Final

Rep: Rahmat Fajar / Red: Andri Saubani
 Para pemain tim Prancis merayakan setelah pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Prancis dan Polandia, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Ahad, 4 Desember 2022.
Foto AP/Ricardo Mazalan

Para pemain tim Prancis merayakan setelah pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Prancis dan Polandia, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Ahad, 4 Desember 2022.

Di perempat final, Prancis akan melawan Inggris atau Senegal.

REPUBLIKA.CO.ID, AL THUMAMA -- Prancis lolos ke babak perempat final Piala Dunia Qatar 2022 setelah mengalahkan Polandia 3-1 pada babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022, di Stadion Al Thumama, Ahad (4/12/2022) malam WIB. Olivier Giroud dan Kylian Mbappe menjadi pahlawan kemenangan Prancis.

Prancis mendapatkan peluang dari skema tendangan bebas ketika pertandingan berjalan satu menit. Namun, umpan Griezmann ke tiang dekat tak disambut oleh rekannya sehingga keluar lapangan.

Baca Juga

Pertandingan berlangsung dalam tempo cepat. Prancis menekan dengan tensi tinggi yang menyebabkan pertahanan Polandia terancam pada lima menit pertama. 

Kecepatan Mbappe menjadi ancaman pertahanan Polandia. Striker Paris Saint-Germain (PSG) itu beberapa lolos dari kawalan pemain lawan dan berhasil menusuk ke area penalti serta sekaligus memberikan umpan ke rekannya. Pada menit ke-10 assistnya yang disambut oleh Dembele nyaris berbuah gol jika tembakannya tak diblok.

Dembele bergerak ke kotak 16 pada menit ke-17. Ia menemukan ruang tembak namun terlalu lemah. Lewandowski yang kesulitan menusuk ke pertahanan Prancis menemukan ruang tembak pada menit ke-21.

Namun tembakannya melebar tipis di sisi kiri gawang Prancis. Ayam Jantan terus menekan Polandia. Mereka mencari celah dari berbagai sisi.

Dembele dari sisi kiri pertahanan Polandia memberikan umpan ke tiang jauh Polandia. Tetapi Giroud gagal menyodorkan bola secara sempurna hasil dari assist Dembele pada menit ke-29.

Pada menit ke-39, LIoris harus berjuang menyelematkan gawangnya ketika tembakan keras Zielinski mengarah ke gawang. Pemain Belakang Prancis juga harus menyelamatkan bola masuk ke gawang hasil tembakan pemain Polandia memanfaatkan bola rebound.

Pada menit ke-44, Giroud memecah kebuntuan. Ia mencetak gol setelah mendapatkan umpan sodoran dari Mbappe. Gol tersebut membawa Prancis unggul 1-0 pada babak pertama. 

Prancis langsung menekan sejak babak kedua dimulai. Griezmann mendapatkan peluang emas pada menit ke-48 lewat tendangan bebas. Tembakannya diblok oleh kiper Polandia.

Mbappe juga mempunyai peluang mencetak gol pada menit ke-56. Ia berhasil menusuk ke area penalti dari sisi kanan namun tembakannya diblok bek Polandia sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Polandia benar-benar kesulitan menemukan peluang karena intensitas tekanan Prancis sangat tinggi. Mereka hanya memanfaatkan serangan balik dan bola mati.

Mbappe membawa Prancis unggul 2-0 pada menit ke-74. Melalui skema serangan balik, Mbappe yang mendapat umpan dari rekannya dengan tenang melakukan tembakan keras yang menjebol gawang Polandia.

Prancis menambah keunggulan 3-0 berkat gol kedua Mbappe di laga ini pada menit ke-90+1. Tendangan penalti Robert Lewandowski sebelum laga berakhir menutup laga dengan skor 3-1 untuk kemenangan Prancis.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
prancis vs polandia piala dunia 2022 piala dunia qatar
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya