Selasa 29 Nov 2022 22:11 WIB

Hanya Mampu Menang Tipis atas Swiss, Silva Sebut Brasil Butuhkan Neymar

Thiago Silva menilai Neymar sosok penting dan tak tergantikan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
 Neymar dari Brasil
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Neymar dari Brasil

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Brasil harus menunggu hingga menit ke-84 untuk bisa merobek gawang Swiss pada laga keempat penyisihan Grup G Piala Dunia 2022, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB. Sepakan Casemiro dari dalam kotak penalti menjadi penentu kemenangan Brasil atas Swiss. 

Performa Selecao pada laga ini dinilai kurang menyakinkan dibanding saat membungkam Serbia 2-0 dalam laga pembuka Grup G, pekan lalu. Bek tengah Brasil, Thiago Silva, sepertinya memiliki pandangan serupa. Menurut kapten Brasil di Piala Dunia 2022 ini, kondisi ini tidak terlepas dari absennya Neymar. 

Baca Juga

"Kami merasakan dampak dari absennya Neymar di tim ini. Bahkan, secara kolektif, dia masih dirindukan oleh semua pemain di tim ini. Dia merupakan pemain yang penting dan sepertinya tidak bisa digantikan di tim ini," kata Silva seusai laga seperti dilansir Mirror, Selasa (29/11/2022). 

Neymar telah dipastikan absen pada laga ini lantaran mengalami cedera engkel dalam laga kontra Serbia. Tidak hanya menghadapi Swiss, pemain termahal sejagat itu juga kemungkinan besar masih absen saat Brasil berduel dengan Kamerun dalam laga pamungkas Grup G, Jumat (2/12/2022) waktu setempat. Bintang Paris Saint Germain (PSG) itu diharapkan sudah bisa pulih dan merumput kala Brasil tampil di babak 16 besar Piala Dunia 2022. 

Kemenangan atas Swiss memang telah mengantarkan Brasil memastikan satu tiket ke babak 16 besar Piala Dunia. Mengumpulkan enam poin dari tiga partai, Brasil memimpin klasemen sementara Grup G dengan keunggulan tiga poin. Dari segi pemilihan pemain dan formasi permainan, pelatih Brasil Tite membuat sejumlah perubahan menyusul absennya Neymar.

Berbeda saat menghadapi Serbia, yang menggunakan formasi 4-2-3-1, Tite menurunkan formasi 4-3-3 dalam laga kontra Swiss. Pada partai menghadapi Serbia, Neymar diketahui ditempatkan di belakang striker utama, Richarlison. Eks bintang Barcelona itu ditempatkan secara sejajar dengan Vinicius Junior dan Raphinha, yang diplot sebagai winger di sisi kanan dan sisi kiri. 

Sedangkan dalam laga kontra Swiss, Tite memilih menempatkan Vinicius Junior dan Raphinha sejajar dengan Richarlison. Sedangan di lapangan tengah, Tite menurunkan trio Fred, Lucas Paqueta, dan Casemiro. Fred menjadi pemain yang dipercaya tampil sebagai starter dalam laga ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement