Selasa 29 Nov 2022 13:09 WIB

Pelatih Portugal tak Anggap Penting Siapa Pencetak Gol Pertama Portugal di Laga Vs Uruguay

Bagi Santos, yang penting Portugal bisa memetik poin penuh di laga tersebut.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Pelatih timnas Portugal Fernando Santos selama pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia FIFA 2022 antara Portugal dan Uruguay di Stadion Lusail di Lusail, Qatar,  Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Noushad Thekkayil
Pelatih timnas Portugal Fernando Santos selama pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia FIFA 2022 antara Portugal dan Uruguay di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAIL -- Pelatih Portugal, Fernando Santos, tidak mau ambil pusing soal polemik pencetak gol pembuka Portugal di laga kontra Uruguay, Senin (29/11/2022) dini hari WIB. Dalam laga di Stadion Lusail tersebut, Portugal sukses menundukkan Uruguay, 2-0 pada laga keempat penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 Qatar.

Portugal membuka keunggulan di laga tersebut pada menit ke-54. Namun, ada sedikit perdebatan terkait pencetak gol. Cristiano Ronaldo terlihat sempat berusaha menanduk bola hasil umpan Bruno Fernandes dari sisi kanan pertahanan Uruguay. Namun, ofisial pertandingan menilai, gol itu dicetak atas nama Fernandes.

Baca Juga

Apabila Ronaldo memang benar-benar mengenai bola, maka kemungkinan besar arah bola akan berubah. Bola memang terlihat meluncur mulus ke sisi kiri gawang Uruguay sesuai dengan arah tendangan Fernandes.

Terlepas dari perdebatan siapa pencetak gol perdana Portugal di laga itu, Santos tidak mau berkomentar lebih jauh. Hal terpenting, ujar Santos, timnya bisa memetik poin penuh di laga tersebut. Kemenangan Portugal di laga itu akhirnya dipastikan via eksekusi penalti Fernandes pada masa injury time babak kedua.

''Ronaldo mungkin bermain cukup baik di laga ini. Namun, semua pemain telah menunjukkan performa luar biasa. Saya rasa, ini adalah pertandingan besar. Kami pun telah tampil dengan begitu baik. Selain hal tersebut, hal-hal lain tidak penting buat saya,'' ujar Santos seperti dikutip Mirror, Senin (29/11/2022).

Pascalaga, Fernandes menilai, gol tersebut memang seharusnya diberikan kepada Ronaldo. Pasalnya, gelandang serang Manchester United itu melihat kepala Ronaldo sedikit mengenai bola hasil umpannya.

Selain itu, pasca-laga, Ronaldo pun terlihat sedikit kecewa. Sembari menunjukkan kepalanya, Ronaldo terlihat berusaha meyakinkan rekan-rekan setimnya bawah gol tersebut seharusnya dicatatkan atas nama dirinya.

Namun, dalam laporan pertandingan resmi keluaran FIFA, Fernandes menjadi pemilik gol tersebut usai menerima assist dari Raphael Guerreiro. Kemenangan atas Uruguay itu pun mengantarkan Portugal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Mengumpulkan enam poin di dua laga awal penyisihan Grup H, Portugal bertengger di puncak klasemen sementara dengan raihan enam poin. Koleksi poin Portugal ini pun sudah tidak bisa dikejar para pesaingnya di Grup H. Di laga pamungkas Grup H, Portugal akan berduel dengan Korea Selatan di Stadion Al Rayyan, Jumat (2/11/2022) waktu setempat.

Baca juga : Roberto Martinez Akui Timnya Kehilangan Ketenangan Saat Kalah dari Maroko

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement