Selasa , 29 Nov 2022, 04:01 WIB

Livescore; Bruno Fernandes Jadi Pahlawan, Portugal Amankan Tiket 16 Besar Piala Dunia 2022

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pemain Timnas Portugal merayakan gol Bruno Fernandes yang sempat diklaim oleh Cristiano Ronaldo saat melawan Uruguay dalam lanjutan penyisihan Grup H di Lusail Stadium, Lusail, Selasa (29/11/2022).
Foto EPA-EFE/JOSE SENA GOULAO

Para pemain Timnas Portugal merayakan gol Bruno Fernandes yang sempat diklaim oleh Cristiano Ronaldo saat melawan Uruguay dalam lanjutan penyisihan Grup H di Lusail Stadium, Lusail, Selasa (29/11/2022).

Gelandang andalan MU itu mencetak dua gol kemenangan Portugal atas Uruguay.

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAIL -- Portugal memetik tiga poin setelah memenangkan pertandingan melawan Uruguay pada matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB. Kemenangan 2-0 atas Uruguay telah memastikan tempat mereka di babak 16 besar.

Kedua tim bermain terbuka sejak pertandingan dimulai. Uruguay menjadi yang pertama mendaratkan tembakan, tapi percobaan Cavani di tepi kotak penalti di menit kedua masih melebar. Dua menit berselang, Carvalho melepaskan tembakan untuk Portugal dari umpan Ronaldo tapi masih melebar.

Baca Juga

Uruguay mendapatkan tendangan sudut di menit ke-12. Umpan dilepaskan oleh Olivera ke tengah kotak penalti, Gimenez, berhasil memenangkan duel udara, tapi sundulannya melambung di atas mistar gawang. Pertandingan berjalan dengan tensi tinggi di mana beberapa kali harus berhenti karena pelanggaran. 

Di menit ke-19 Ronaldo mengeksekusi bola mati dari sisi kiri. Tapi tendangannya membentur pagar betis dan menghasilkan tendangan sudut. Upaya susulan dari tendangan sudut belum cukup untuk menembus pertahanan Uruguay. 

Portugal mendominasi penguasaan bola dan mengurung pemain Uruguay di separuh lapangan mereka dalam waktu yang lama. Tapi pertahanan Uruguay yang solid telah menyulitkan Bruno Fernandes dkk untuk menciptakan peluang ke gawang.

Bukan hanya bertahan, tim Amerika Latin juga membangun serangan mereka. Di menit ke-32, Bentancur berlari sendirian dari tengah lapanhan melewati beberapa pemain belakang Portugal hingga hanya tinggal satu lawan satu dengan kiper. Tapi sontekannya masih bisa diblokir Costa yang meninggalkan posisinya sehingga dapat diamankan dengan baik.

Kemelut terjadi di kotak penalti Uruguay pada menit ke-37. Berawal dari tembakan jarak jauh Fernandes yang diblok dan memantul ke Cancelo di sebelah kanan.  Dia memotong umpan silang ke Ronaldo yang dilanjutkan ke tengah ke arah Joao Felix, tapi ia gagal mengendalikannya dengan baik. Skor kacamata hingga turun minum. 

Di babak kedua, pertandingan sempat berhenti sesaat karena ada suporter yang menyusup ke lapangan pada menit ke-52. Tak lama kemudian, Portugal mendapatkan peluang mereka saat Joao Felix menerobos di sisi kiri dan melepaskan tembakan ke tiang dekat. Tapi itu masih meleset tipis belakang tiang.

Semenit kemudian, Portugal akhirnya memecah kebuntuan. Umpan manis dari Fernandes di sisi kiri ke tengah kotak penalti disambut dengan tandukan tipis oleh Ronaldo yang melanjutkan arah bola ke tiang jauh. Namun, gol tercatat atas nama Fernandes karena bola ternyata tak mengenai kepala Ronaldo Skor sementara 1-0 untuk Portugal. 

Pasukan Diego Alonso semakin gencar untuk mengejar ketertinggalan. Di menit ke-58, Varela melakukan pergerakan bagus di sisi kanan sebelum melepaskannya ke dalam kotak. Cavani mundur untuk melepaskan diri dari Pepe dan kemudian melakukan tendangan voli tapi itu masih memantul melebar ke tiang jauh.

Lima menit berselang, Costa hampir membuat kesalahan saat ia mencoba menyapu bola kertika mendapatkan tekanan dari Valverde.  Sapuan Costa berhasil diblok oleh Valverde, dan beruntung bagi kiper, bola memantul keluar lapangan. 

Baca juga : Hamas Puji Dukungan Negara Arab untuk Palestina Selama Piala Dunia

Gomez hampir menyamakan kedudukan bagi Uruguay di menit ke-75. Berawal dari Pellistri yang menyebabkan segala macam masalah di sisi kanan, kemudian dia mengarahkannya ke Gomez di dalam kotak. Dia melakukan tembakan pertama kali, dan itu berhasil melewati Costa tetapi membentur tiang dekat.

Empat menit berselang, Uruguay kembali mengancam gawang Portugal. Berawal dari Valverde yang memberikan umpan terobosan yang indah ke De Arrascaeta. Costa kemudian bergegas meninggalkan posisinya, memaksa pemain pengganti untuk mempercepat tembakannya dan dia menembakkannya langsung ke kiper.

Portugal justru mendapat hadiah penalti di menit ke-90 karena handball Gimenez. Fernandes yang mengeksekusi tendangan titik putih berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Skor tersebut bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

Baca juga : Menpora Ungkap Stadion GBK Bisa Dikeluarkan dari Daftar Venue Piala Dunia U-20

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
timnas portugal uruguay piala dunia qatar 2022 bruno fernandes piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar world cup 2022
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya