Jumat 11 Nov 2022 14:11 WIB

Dayot Upamecano Tembok Kokoh Timnas Prancis di Piala Dunia 2022

Performa Upamecano sebagai seorang pemain bertahan semakin matang.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Bek Bayern Muenchen dan timnas Prancis, Dayot Upamecano.
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Bek Bayern Muenchen dan timnas Prancis, Dayot Upamecano.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Bek tengah Bayern Muenchen, Dayot Upamecano, mengutarakan rasa bahagianya setelah resmi dipanggil masuk ke dalam skuad timnas Prancis untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Upamecano menyatakan, berada dalam skuad Les Bleus merupakan mimpi yang jadi kenyataan.

"Sejujurnya menjadi mimpi untuk berada di Piala Dunia. Berkostum timnas (Prancis) menjadi impian pesepak bola sejak masa kecil," kata pesepak bola berusia 24 tahun dikutip Bavarian Football, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga

Perjalanan Dayot Upamecano untuk masuk pun tergabung dalam 'tugas negara' timnas Prancis di Piala Dunia tak semudah membalikkan punggung tangan.

Pemain yang lahir di Kota Evreux, Prancis, itu tampil mengilap bersama RB Leipzig dan secara langsung digaet raksasa Bundesliga Jerman Bayern Muenchen musim 2021/2022 kemarin. Kini, performa Upamecano sebagai seorang pemain bertahan semakin matang yang berujung pada pemanggilannya ke skuad asuhan Didier Deschamps.

Kecakapannya dalam berduel dengan para penyerang lawan mendapat pujian dari juru taktik Bayern Muenchen, Julian Nagelsmann. Sang pelatih mengeklaim, Upamecano dapat menjadi seorang bek kelas dunia.

"Nagelsmann mengatakan bahwa saya telah bermain di level kelas dunia. Saya tidak tahu apakah saya akan mengatakan itu, tapi yang pasti saya telah berkembang di banyak bidang," jelas Upamecano.

Sebelumnya Didier Deschamps telah mengumumkan skuad timnas Prancis untuk turnamen Piala Dunia edisi ke-22 di Qatar. Bek Manchester United (MU) Raphael Varane, yang sempat diragukan bakal bergabung kini dipastikan masuk dalam tim Les Bleus.

Akan tetapi, dengan kondisi Varane yang belum sepenuhnya fit, praktis Upamecano dimaksud dapat mengantisipasi kekosongan sektor tersebut ketika turnamen bergulir.

Pada level timnas, Dayot Upamecano sudah mencuri perhatian Deschamps dan akhirnya melakoni debutnya pada 5 September 2020 lalu. Bersama Prancis, ia telah tampil sebanyak tujuh kali dan berhasil melesatkan satu gol di segala ajang.

Di sisi lain, Upamecano juga menjadi sosok sentral di lini belakang Bayern Muenchen. Ia telah mencatatkan 60 pertandingan serta mencetak 1 gol dan 6 assist.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement