Kamis 10 Nov 2022 17:13 WIB

Sadio Mane Diklaim Gagal Perkuat Senegal di Piala Dunia 2022

Mane merupakan salah satu penggawa andalan timnas Senegal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Bayern Muenchen dan timnas Senegal, Sadio Mane.
Foto: AP/Themba Hadebe
Striker Bayern Muenchen dan timnas Senegal, Sadio Mane.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Penyerang Bayern Muenchen, Sadio Mane, dilaporkan membutuhkan waktu beberapa pekan untuk bisa pulih dari cedera fibula yang dialaminya, akhir pekan lalu. Alhasil, penyerang berusia 30 tahun itu diklaim bakal absen memperkuat Senegal di pentas Piala Dunia 2022 Qatar.

Klaim ini dilontarkan media asal Prancis, L'Equipe. Dalam laporannya tersebut, L'Equipe menyebut, Mane mesti beristirahat setidaknya selama beberapa pekan untuk bisa pulih dari cedera tersebut.

Baca Juga

Rentang waktu ini dinilai tidak cukup buat Mane untuk bisa tampil di Piala Dunia 2022. Pasalnya, partai pembuka Piala Dunia 2022 itu sudah digelar kurang dari dua pekan lalu.

Timnas Senegal dijadwalkan melakoni laga pembuka Grup A, kontra Belanda, 21 November 2022 mendatang.

''Mane butuh waktu beberapa pekan untuk bisa pulih. Alhasil, pemain itu tidak bisa berpartisipasi di Piala Dunia 2022,'' tulis laporan L'Equippe, Kamis (10/11/2022).

Mane terpaksa ditarik keluar pada menit ke-20 saat Die Bayern membungkam Werder Bremen, 6-1, di laga lanjutan Bundesliga Jerman, akhir pekan lalu. Pascalaga, asisten pelatih Muenchen, Dino Toppmoeller, mengungkapkan, eks penyerang Liverpool itu mengalami cedera usai ditendang salah satu pemain lawan.

Namun, Toppmoeller menilai, cedera itu tidak terlalu serius. Mane pun diperkirakan masih bisa tampil di Piala Dunia 2022.

''Sadio Mane terkena tekel di bagian kaki, yang membuatnya merasa kesakitan. Namun, tidak ada yang serius. Partisipasinya di Piala Dunia seharusnya tidak terancam (akibat cedera ini),'' ujar Toppmoeller seperti dilansir Reuters, Rabu (9/11/2022).

Bayern Muenchen pun sempat mengeluarkan pernyataan resmi terkait kondisi Mane. Peraih gelar pemain terbaik Afrika 2022 itu dipastikan mengalami cedera fibula.

Mane bakal absen saat Muenchen menghadapi Schalke 04 di laga terakhir jelang jeda Piala Dunia, akhir pekan ini. Selain itu, Muenchen juga terus berkoordinasi dengan tim medis Senegal terkait proses pemulihan cedera Mane.

''Pemeriksaan lebih jauh akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang. FC Bayern akan terus berkomunikasi dengan tim medis dari Federasi Sepak Bola Senegal,'' tulis pernyataan resmi Bayern Muenchen.

Potensi absennya Mane ini tentu menjadi pukulan berat buat Senegal dalam partisipasi di Piala Dunia 2022. Pasalnya, Mane merupakan salah satu penggawa andalan Senegal.

Selain mengantarkan Senegal meraih titel Piala Afrika 2021, Mane juga terpilih sebagai pemain terbaik turnamen tersebut. Rencananya, pelatih timnas Senegal, Aliou Cisse, akan mengumumkan skuad final Senegal di Piala Dunia 2022 pada Jumat (11/11/2022) waktu setempat.

Sejak mulai melakoni debut bersama timnas Senegal pada 2012, Mane tercatat telah tampil di 92 laga di semua ajang dan menyumbangkan 33 gol dan 20 asssit. Pada musim ini, pemain yang diboyong dari Liverpool itu juga terbilang masih mampu tampil produktif dengan raihan 11 gol dan empat assist dari 23 partai di semua ajang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement