Selasa 08 Nov 2022 17:07 WIB

Christian Eriksen Masuk Skuad Awal Timnas Denmark untuk Piala Dunia 2022

Eriksen tampil mengesankan sebagai jenderal lapangan tengah MU.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang timnas Denmark, Christian Eriksen.
Foto: Liselotte Sabroe/Ritzau Scanpix via AP
Gelandang timnas Denmark, Christian Eriksen.

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Gelandang Manchester United (MU) Christian Eriksen masuk ke dalam skuad awal Denmark untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Denmark telah menunjuk 21 pemain dari 26 pemain yang bisa didaftarkan.

Skuad final harus diserahkan ke FIFA pada 13 November mendatang sebelum turnamen dimulai pada 20 November 2022. Denmark akan melawan Tunisia di laga pertama 22 November.

Baca Juga

Eriksen mengalami gagal jantung yang membuatnya pingsan di pertandingan Euro 2020 melawan Finlandia tahun lalu. Nyawanya nyaris tak tertolong andai penolongan pertama di dalam lapangan tak dilakukan dengan cepat. Ia kemudian memasang perangkat defibrillator cardioverter (ICD) impnas atau alat sejenis pemacu jantung.

Kejadian ini membuat kariernya di sepak bola mulai dipertanyakan mengingat kondisi kesehatannya yang sudah bermasalah. Inter Milan memutus kontraknya yang kala itu sebagai pemilik sang pemain karena pemain yang memakai alat ICD tidak diizinkan bermain di Serie A Liga Italia. Namun Eriksen tetap bertekad melanjutkan kariernya dan bermimpi bermain di Piala Dunia tahun 2022.

Eriksen kemudian bergabung dengan Brentford dengan kontrak enam bulan pada awal tahun setelah setuju untuk mengakhir kontraknya di Inter Milan. Dia kembali bermain dengan Denmark Maret lalu melawan Belanda sebelum pindah ke MU musim panas sebagai bebas transfer.

Bersama Iblis Merah, Eriksen tampil mengesankan sebagai jenderal lapangan tengah. Performanya tampak tak seperti pemain yang baru saja mengalami gagal jantung.

Pelatih Denmark Kasper Hjulmand menjelaskan banyak hal bisa terjadi sebelum skuad final. Ia mengatakan, masih ada dua pertandingan tersisa di liga yang akan dipantaunya sehingga dapat mengubah banyak komposisi.

"Ada 10 atau 12 pemain yang masih bersaing untuk lima tempat terakhir,” kata Hjulmand dikutip dari BBC, Selasa (8/11/2022).

Berikut skuad awal timnas Denmark untuk Piala Dunia 2022:

Penjaga gawang:

Kasper Schmeichel (Bagus), Oliver Christensen (Hertha Berlin).

Bek:

Simon Kjaer (AC Milan), Joachim Andersen (Crystal Palace), Joakim Maehle (Atalanta), Andreas Christensen (Barcelona), Rasmus Kristensen (Leeds United), Jens Stryger Larsen (Trabzonspor), Victor Nelsson (Galatasaray), Daniel Wass (Brondby).

Gelandang:

Thomas Delaney (Sevilla), Mathias Jensen (Brentford), Christian Eriksen (Manchester United), Pierre-Emile Hojbjerg (Tottenham).

Penyerang:

Andreas Skov Olsen (Club Bruges), Jesper Lindstrom (Eintracht Frankfurt), Andreas Cornelius (Kopenhagen), Martin Braithwaite (Espanyol), Kasper Dolberg (Sevilla), Mikkel Damsgaard (Brentford), Jonas Wind (VfL Wolfsburg).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement