Sabtu 27 Aug 2022 18:56 WIB

Adira Gandeng Pecinta Motor Gairahkan Ekonomi Desa Wisata

Kegiatan ini dilakukan di Jawa dan Bali

Rep: eric iskandarsjah z/ Red: Hiru Muhammad
Aktivitas touring yang kerap dilakukan oleh pecinta kendaraan roda dua memiliki sejumlah manfaat. Selain sebagai sarana pelepas stress bagi pengendara, aktivitas itu juga memberikan dampak positif bagi tiap wilayah destinasi touring.
Foto: istimewa
Aktivitas touring yang kerap dilakukan oleh pecinta kendaraan roda dua memiliki sejumlah manfaat. Selain sebagai sarana pelepas stress bagi pengendara, aktivitas itu juga memberikan dampak positif bagi tiap wilayah destinasi touring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Aktivitas touring yang kerap dilakukan oleh pecinta kendaraan roda dua memiliki sejumlah manfaat. Selain sebagai sarana pelepas stress bagi pengendara, aktivitas itu juga memberikan dampak positif bagi tiap wilayah destinasi touring.

Hal itu pun disadari  Adira Finance lewat penyelenggaraan kegiatan "Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara". Direktur Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi mengatakan, "Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara" merupakan kegiatan yang mengajak komunitas motor untuk melakukan touring atau berkendara ke desa wisata dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata.

Baca Juga

Sehingga nantinya sektor ekonomi, sosial, lingkungan dapat tumbuh berkembang dan menjadi salah satu destinasi liburan wisatawan lokal khususnya pengguna kendaraan bermotor. “Pandemi Covid-19 yang mulai berangsur pulih, kami melihat wisatawan ramai mengunjungi destinasi pariwisata yang tidak jauh dari domisili mereka dengan menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, kami mengajak komunitas motor untuk berpartisipasi dalam kegiatan Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara,” ungkap Swandajani Gunadi dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Sabtu (27/8/2022).

Kegiatan yang jadi bagian dari Festival Kreatif Lokal 2022 ini sendiri akan dilaksanakan di lima Desa Wisata di wilayah Jawa dan Bali. Desa Wisata yang terpilih menjadi lokasi untuk kegiatan "Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara" ini merupakan merupakan bagian dari 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sehingga, desa itu merupakan desa yang sudah memiliki komponen-komponen pendukung seperti infrastruktur berkendara, sumber daya manusia, serta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif yang representatif.

Sejumlah desa yang dipilih dalam program ini adalah Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta, Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat dan Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali.

Dalam program yang digelar pada Agustus hingga November 2022 ini, komunitas motor yang ikut dalam kegiatan "Jelajah Wisata Ramah Berkendara" ini akan mendapatkan keuntungan menikmati paket wisata yang ditawarkan di setiap lokasi Desa Wisata, serta mendapatkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah dari Adira Finance dengan mengikuti lomba membuat video kreasi tentang perjalanan mereka selama kegiatan tersebut.

“Melalui penyelenggaraan program ini, kami berharap dapat mengajak komunitas-komunitas motor yang ada di Indonesia untuk ikut meramaikan program ini sehingga dapat turut serta mendukung pertumbuhan dan kemajuan UMKM dan pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” ujarnya.

 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement